7 Cara Mengobati Gusi Bengkak Dengan Cara Alami Yang Efektif

0
Cara Mengobati Gusi Bengkak

Apakah anda mengalami kondisi gusi bengkak dan meradang? jangan kuatir sebab kali ini kami akan membagikan cara mengobati gusi bengkak dengan cara alami yang efektif.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama dimana gusi yang bengkak dapat menimpa siapa saja dan dapat menjadi sumber ketidaknyamanan dan bahkan rasa sakit bagi banyak orang. Bahkan tidak bisa jadi bau mulut yang anda rasakan bisa disebabkan oleh gusi yang bengkak.

Untuk mengatasi gusi bengkak sebenarnya bisa dilakukan secara alami yang mana umum biasanya dilakukan dengan kompres dingin, seperti kompres es atau kantung teh hijau yang dibekukan. Akan tetapi selain itu, ada beberapa cara alami lainnya yang cukup efektif dilakukan untuk mengurangi dan menghilangkan gusi bengkak.

Dan sesuai dengan judul diatas, maka kali ini kami akan membagikan cara mengobati gusi bengkak dengan cara alami yang efektif untuk anda simak sebagai berikut.

Cara Mengobati Gusi Bengkak

Cara Mengobati Gusi Bengkak

Berkumur Menggunakan Air Garam

Pertama, cara alami mengobati gusi bengkak adalah dengan berkumur menggunakan air garam. Tidak hanya sebagai obat radang tenggorokan alami, berkumur menggunakan air garam diketahui mampu meredakan rasa nyeri yang timbul ketika gusi membengkak.

Seperti yang sudah sempat dibahas sebelumnya, air garam ini mengandung senyawa anti radang yang dapat meredakan pembengkakan pada gusi. Selain itu, air garam juga memiliki kandungan antiseptik sehingga mampu mencegah terjadinya pertumbuhan bakteri penyebab infeksi dari gusi bengkak.

Baca juga  7+ Cara Menjaga Kesehatan bagi Pekerja Shift Malam Biar Tetap Fit dan Bugar

Untuk melakukannya, anda dapat menyiapkan satu sendok teh garam yang kemudian dilarutkan dalam segelas air hangat. Setelah itu, berkumurlah menggunakan larutan air garam tersebut selama 30 detik. Anda bisa berkumur dengan air garam ini sebanyak 3 kali dalam sehari.

Kompres Dingin Gusi yang Meradang

Kompres dingin menggunakan es batu yang diselimuti oleh handuk juga bisa anda lakukan sebagai cara mengatasi gusi bengkak. Kompres dingin ini diketahui dapat meredakan rasa nyeri yang timbul saat gusi membengkak lantaran akan memicu terjadinya penyempitan pembuluh darah. Dengan begitu, aliran darah ke gusi yang bengkak jadi lebih lambat sehingga mengurangi rasa nyerinya.

Menyikat Gigi Secara Teratur Setiap Hari

Menyikat gigi secara teratur dua kali dalam sehari adalah cara alami mengobati gusi bengkak lainnya. Ya, cara ini dilakukan untuk mencegah terjadinya infeksi yang timbul karena menumpuknya bakteri. Karena itu, penting untuk menjaga kebersihan mulut agar gusi bengkak dapat mereda dengan cepat.

Mengoleskan Bubuk Kunyit pada Gusi yang Bengkak

Selain berkumur menggunakan air garam, Anda juga dapat mengoleskan bubuk kunyit di area gusi yang membengkak untuk mengatasinya. Kunyit merupakan salah satu jenis rempah yang bersifat antiinflamasi, sehingga pembengkakkan pada gusi bisa mereda menggunakan bahan tersebut.

Anda dapat melarutkan bubuk kunyit tersebut menggunakan air hangat terlebih dahulu. Agar lebih optimal, Anda sebaiknya melarutkan bubuk kunyit hanya sampai menjadi pasta/adonan kental. Setelah itu, adonan bubuk kunyit tersebut dapat dioleskan pada area gusi bengkak dan diamkan selama kurang lebih 10 menit.

Berkumur Menggunakan Sari Daun Jambu Biji

Berkumur menggunakan sari daun jambu biji juga menjadi cara alami mengobati gusi bengkak berikutnya. Sari daun jambu biji ini memiliki senyawa antimikroba sehingga mampu membunuh bakteri yang memicu terjadinya infeksi pada gusi bengkak.

Baca juga  8 Penyebab Sakit Punggung Sebelah Kiri, Bisa Tanda Serangan Jantung

Sari daun jambu biji ini bisa Anda dapatkan dengan merebus 6 sampai 7 lembar daun jambu biji pada air yang didihkan pada api kecil selama 10 menit. Setelah itu, Anda dapat menuangkan sari daun jambu biji tersebut ke dalam gelas dan tunggu hingga larutan menjadi dingin.

Apabila sudah dingin, berkumurlah menggunakan sari daun jambu biji tersebut selama 30 detik. Anda dapat melakukannya sebanyak 3 kali dalam sehari.

Berkumur Menggunakan Minyak Kelapa

Berkumur menggunakan minyak kelapa atau biasa dikenal dengan istilah oil pulling juga menjadi cara alami mengobati gusi bengkak selanjutnya. Lantaran, minyak kelapa ini memiliki kandungan bernama asam laurat yang bersifat antibakteri dan antiinflamasi.

Kompres Gusi Menggunakan Kantong Teh

Dan terakhir, untuk meredakan rasa nyeri dari gusi bengkak, anda juga dapat mengompresnya dengan kantong teh dimana kantong teh ini didapati mengandung zat aktif tanin yang bersifat antiinflamasi. Caranya, kantong teh tersebut perlu diseduh terlebih dahulu pada air panas. Kemudian, kompreskan kantong teh tersebut pada gusi yang membengkak selama 5 menit.

Demikian informasi mengenai cara mengobati gusi bengkak dengan cara alami yang efektif untuk anda terapkan dirumah. Jika gusi bengkak tidak kunjung membaik, maka sebaiknya anda segera memeriksakan ke dokter gigi untuk mendapatkan penanganan medis dari ahlinya. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *