Cara Menghitung Bunga Kartu Kredit yang Perlu Anda Ketahui

0
Cara Menghitung Bunga Kartu Kredit

Sesuai dengan namanya, kartu kredit adalah kartu yang menawarkan fasilitas kredit dengan bunga yang harus dibayarkan. Lalu bagaimana cara menghitung bunga kartu kredit?

Bagi anda pemegang kartu kredit atau baru berencana mengajukan kartu kredit maka penting untuk mengetahui perhitungan bunga kartu kredit sehingga anda pun bisa lebih bijak dalam menggunakan kartu kredit. Kebablasan atau pemakaian yang over dalam menggunakan kredit hanyalah akan membawa masalah keuangan anda nantinya, apalagi bagi anda dengan keuangan bulanan yang pas-pasan, dimana sejatinya kartu kredit untuk membantu anda, malah yang ada justru akan memberatkan keuangan anda nantinya.

Mengapa anda harus mengetahui hitungan bunga kartu kredit? bagi anda pemegang kartu kredit, dengan mengetahui perhitungan bunga kartu kredit maka anda bisa merencanakan pengeluaran anda untuk anggaran nominal kartu kredit yang anda gunakan sehingg anda pun bisa mempertimbangkan menggunakan kartu kredit secara “sembarangan” sebab ada beban bunga yang harus anda bayarkan.

Sementara bagi anda yang belum memiliki kartu kredit, maka dengan mengetahui perhitungan kartu kredit akan membantu anda membedakan layanan kartu kredit mana yang akan anda gunakan berdasarkan bunga terendah.

Istilah Cicilan Kartu Kredit

Cara Menghitung Bunga Kartu Kredit

Tenor

Umumnya anda akan menemukan istilah cicilan nol persen (0%) tenor tiga bulan, enam bulan, setahun, dan seterusnya pada saat menggunakan kartu kredit untuk transaksi. Tenor sendiri artinya jangka untuk masa cicilan kartu anda. Maksud dari tenor 6 bulan yaitu jangka waktunya mencicil kreditan yang harus anda lakukan adalah selama 6 bulan.

Adapun tenor nanti akan berpengaruh pada besarnya bunga kredit yang akan anda bayarkan, dimana semakin lama anda mengambil tenor maka akan semakin tinggi pula bunga yang harus dibayar dan begitu pula sebaliknya.

Baca juga  Begini Contoh Surat Lamaran di Kerja Pabrik Yang Benar dan Tepat

Installment

Installment adalah istilah asing dari cicilan. Jadi apabila anda menemukan sebuah barang dengan deskripsi installment, hal itu berarti barang tersebut bisa anda beli dengan mencicil.

Installment (0%, 1,5%, 1,9%, dan seterusnya)

Kartu kredit memberikan pemiliknya kemudahan membayar dengan sistem sesuai dengan limit kartu kredit. Dengan kartu kredit, anda bisa melakukan kredit tanpa jaminan sehingga tidak mengherankan apabila bunga yang dibebankan relative besar.

Adapun bunga yang diberikan bank cukup beragam mulai dari 0%, 1,5%, 1,9%, dan seterusnya. Jadi kesimpulannya, istilah installment 0% artinya anda bisa melakukan cicilan tanpa bunga.

Cara Perhitungan Bunga Kartu Kredit

Apabila anda telah memahami istilah dalam cicilan kartu kredit, berikut kami berikan simulasi cara perhitungan bunga kartu kredit berdasarkan bunga yang diterapkan bank kepada para nasabah kartu kreditnya.

Contohnya, dimana anda membeli HP dengan harga Rp.12.000.000 (12 juta) dengan mengambil tenor selama 6 bulan dengan bunga yang dikenakan sebesar 1,5%, maka anda bisa menghitung bunga yang harus anda bayarkan sebagai berikut.

Bunga yang harus dibayarkan dari total harga ponsel itu yakni Rp12.000.000 x 1,5% = Rp180.000.

Sedangkan cicilan perbulan yang harus dibayarkan adalah (Rp12.000.000/6) + besar bunga = Rp2.000.000 + Rp180.000 = Rp2.180.000

Jadi nantinya anda harus membayar Rp2.180.000 setiap bulannya selama 6 bulan.

Sebagai catatan, perlu anda ingat bahwa setiap bank mungkin memiliki tingkat suku bunga kartu kredit yang berbeda. Jadi anda bisa mengecek bunga kartu kredit yang ingin anda gunakan.

Sekian informasi yang harus anda ketahui mengenai cara perhitungan bunga kartu kredit. Semoga berguna dan bermanfaat dalam mempertimbangkan dengan matang menggunakan kartu kredit untuk berbelanja hal yang mungkin tidak anda perlukan, dan akan membuat tagihan kartu kredit anda membengkak.

Baca juga  Apa Itu Usaha Warmindo? Begini Tips Cara Memulai Usaha Warmindo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *