Begini Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita Berdasarkan Tinggi dan Usia

0
Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita

Apakah anda mencari berapa berat badan yang ideal dari wanita berdasarkan tinggi dan usia. Maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini kami akan membagikan cara menghitung berat badan wanita dengan beberapa pertimbangan seperti usia dan tinggi.

Memiliki berat badan ideal tentunya menjadi impian dari banyak orang, khususnya para wanita yang sangat perduli akan berat badannya. Sebab dengan memiliki berat badan yang ideal, akan dapat membuat penampilan pun akan makin percaya diri dan juga kesehatan makin terjaga.

Berat badan ideal tentunya berbeda antara individu satu dan individu lainnya dimana tnggi dan usia memiliki peran penting dalam menentukan berat badan ideal.

Dengan mengetahui berat badan yang ideal maka tentunya akan mempermudah dalam memilih baju atau busana hingga seragam untuk kerja, maupun sekolah.

Dan pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan cara menghitung berat badan wanita berdasarkan tinggi dan usia yang bisa anda simak sebagai berikut.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita Berdasarkan Tinggi dan Usia

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita

Apabila anda penasaran mengetahui apakah berat badan anda sudah ideal atau tidak, maka anda bisa menyimak panduan cara hitung berat badan ideal untuk wanita sebagai berikut.

Hitung Berat Badan Ideal dengan Rumus BMI

Pertama, anda bisa menggunakan cara menghitung dengan menggunakan rumus BMI atau Body Mass Index dimana BMI adalah cara yang digunakan untuk menentukan berat badan. Nantinya dari perhitungan rumus BMI, anda dapat melihat kategori tubuh anda apakah masuk ke dalam gemuk, kurus, atau normal. Simak panduan cara menghitung berat badan ideal menggunakan rumus BMI.

Baca juga  8 Ketahui Penyebab Sakit Kaki saat Berdiri, Bisa Jadi dari Pembuluh Darah

Rumus BMI: BB (kg) / (TB (m) x TB (m))

Keterangan:

BB: Berat Badan
TB: Tinggi Badan

Keterangan hasil:

Kategori Normal, jika angka BMI menunjukkan 18,5 sampai 25.
Kategori BB lebih, jika angka BMI menunjukkan > 25.
Kategori BB kurang, jika angka BMI menunjukkan < 25.

Cara Hitung BB Ideal Wanita dengan Rumus Broca

Cara selanjutnya, anda juga bisa menghitung menggunakan rumus broca yang ditemukan oleh Paul Broca. Begini Panduannya.

BB Ideal (kg) = (TB (cm) – 100) – TB (cm) -100 x 15%)

Contoh perhitungannya:

Apabila anda memiliki tinggi badan 158 cm maka berat badan idealnya yakni (158-100) – (158-100) x 15%) = 49,3. Sehingga, berat badan ideal seharusnya adalah 49,3 kg.

Sebagai catatan dimana perhitungan di atas hanya kisaran yang disesuaikan di ilmu kesehatan. Selain itu BB ideal wanita juga dapat dilihat dari komposisi tubuh, apalagi jika wanita tengah hamil.

BB Wanita Ideal sesuai usia

Sebagaimana yang kami paparkan diatas dimana usia dapat memengaruhi berat badan (BB) ideal wanita karena disebabkan adanya perubahan hormon dan metabolism di dalam tubuh wanita. Berikut kami bagikan berat badan ideal wanita sesuai usia dari Ditjen Kesehatan Masyarakat Kemenkes RI.

  • BB ideal wanita untuk usia 18 tahun-25 tahun sekitar 45-65 kg.
  • BB ideal wanita untuk usia 26 tahun-35 tahun sekitar 50-70 kg.
  • BB ideal wanita untuk usia 36 tahun-45 tahun sekitar 55-75 kg.
  • BB ideal wanita untuk usia 46 tahun-65 tahun sekitar 60-80 kg.
  • BB ideal wanita lebih dari usia 55 tahun sekitar 60-85 kg.

Sekian informasi tentang cara menghitung berat bada ideal wanita yang proporsional berdasarkan dengan tinggi dan usia yang bisa menjadi referensi anda. Semoga berguna dan bermanfaat.

Baca juga  9+ Ide Outfit Gym Wanita Trendy Namun Tetap Nyaman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *