5 Cara Menghilangkan Milia dari Wajah Secara Efektif

Date:

Share post:

Apakah kulit wajah anda bermasalah dengan Milia? Apabila anda merasakan hal yang serupa, maka simak cara menghilangkan Milia dari wajah secara efektif yang akan kami bahas pada artikel kami kali ini.

Namun sebelum kita membahas cara menangani Milia, ada baiknya anda mengenal terlebih dahulu apa itu Milia? Sekedar informasi, Milia adalah kista yang termasuk dalam kista epidermoid berwarna putih. Umumnya, milia muncul pada area pipi dan hidung dan berkelompok. Apabila terdapat hanya satu, kista ini disebut dengan milium.

Milia muncul ketika keratin yang terjebak pada permukaan kulit bagian bawah. Keratin sendiri merupakan sejenis protein kuat yang umumnya terdapat pada jaringan kulit, rambut, dan sel pada kuku. Milia bisa dialami oleh semua orang tanpa memandang umur, tetapi paling rentan terjadi pada bayi baru lahir.

Pada umumnya, milia tidak berbahaya dan bisa hilang walaupun harus melakukan penanganan khusus. Namun walaupun demikian, pada beberapa kasus milia tetap membutuhkan perawatan karena dianggap mengganggu bagi orang yang mengalaminya di bagian wajah yang bisa mengganggu penampilan.

Milia yang muncul diwajah biasanya dipersepsikan sebagai jerawat bagi banyak orang yang tidak mengenal apa itu Milia walaupun secara bentuk Milia ini berupa benjolan kecil berwarna putih. Bagi anda yang memiliki masalah dengan Milia ini, simak cara menghilangkan Milia dari wajah secara efektif yang bisa anda terapkan sebagai berikut sebagaimana yang kami kutip dari laman Byrdie.

Cara Menghilangkan Milia dari Wajah

Cara Menghilangkan Milia dari Wajah

Jangan mencoba untuk meletuskan milia

Keberadaan milia sering disamakan dengan komedo putih karena kesamaan warna bentuknya yang kecil. Milia sendiri memiliki kandungan yang terdiri dari protein yang disebut sebagai keratin.

Baca juga  Ketahui Manfaat Matahari Pagi untuk Kesehatan Tubuh

Keratin dapat membentuk lapisan terluar dari kulit wajah dan menumpuk seiring waktu yang berlalu yang kemudian menyebabkan sebuah benjolan berwarna putih.

Keratin tersebut akhirnya berubah keras dan terperangkap di dalam benjolan tersebut. Oleh karena itu, jangan mencoba untuk menghilangkan milia dengan meletuskannya karena dapat menyebabkan iritasi pada wajah yang akhirnya menyebabkan luka berkepanjangan.

Rawat menggunakan krim untuk daerah mata

Milia terbagi menjadi dua jenis yaitu milia primer dan milia sekunder. Milia primer adalah jenis yang paling umum dan sering terlihat pada kulit bayi hingga orang dewasa. Sedangkan milia sekunder terjadi ketika kondisi kulit mengalami infeksi seperti penyakit herpes yang menyebabkan melepuh dan merusak lapisan pada pori.

Oleh karena itu, untuk milia yang muncul di daerah sekitar mata penting untuk menggunakan krim mata yang ringan dan tidak berat ketika diaplikasikan di kulit. Hindari menggunakan riasan berlebihan pada daerah mata guna mencegah terbentuknya milia. Hindari juga penghapus wajah yang mengandung minyak ya.

Gunakan produk eksfoliasi wajah

Eksfoliasi adalah tindakan sederhana yang mampu untuk menghilangkan milia. Cukup tambahkan rutinitas eksfoliasi ke dalam skincare mingguan tergantung dengan jenis senstivitas kulit maka. Milia yang mudah terbentuk pada lapisan atas kulit kering.

Oleh karena itu, gunakanlah produk eksfoliasi yang lembut dan tidak membuat kulit luka. Tindakan eksfoliasi berperan untuk mencegah milia dan mengangkat sel kulit mati agar tidak terjebak di permukaan kulit. Lakukan eksfoliasi secara berkala agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Demikian informasi mengenai cara menghilangkan Milia dari wajah secara efektif, semoga berguna dan bermanfaat.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

7 Tips Olahraga Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang merasa memiliki berat badan berlebihan, maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini...

Begini Tips Cara Aman Liburan dengan Kapal Laut

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips cara aman liburan dengan kapal laut yang bisa menjadi referensi...

5+ Rekomendasi Game Kapal Perang Seru di Android Terbaru

Bagi anda penggemar game bernunsa perang dan militer, maka pastinya anda tidak ingin melewatkan rekomendasi game kapal perang...

Panduan Cara Membeli Tangki Motor Custom Yang Baik dan Benar

Bagi anda yang berencana ingin membeli tangki motor custom, maka anda perlu mengetahui cara memilih yang baik dan...