3+ Cara Menghapus Aplikasi Bawaan tanpa Root dengan Mudah

0
Cara Menghapus Aplikasi Bawaan tanpa Root

Bagi anda yang mencari cara menghapus aplikasi bawaan tanpa root dengan mudah, maka anda tepat berada di artikel ini dimana anda bisa menyimak panduannya dibawah ini.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa banyak pabrikan HP android saat ini mengusung aplikasi bawaan. Artinya setiap HP yang baru dibeli akan membawa sejumlah aplikasi bawaan dari pabrik walaupun belum menginstall aplikasi apapun.

Aplikasi bawaan ini pastinya memiliki manfaat masing-masing untuk membantu penggunaan HP seperti aplikasi bawaan google yang merupakan pengembang android, tetapi tidak sedikit pula aplikasi bawaan yang merupakan hasil kerjasama merek HP tertentu dengan sejumlah pengembang aplikasi sehingga fiturnya tidak terlalu penting bahkan kadang mengganggu dengan berbagai notifikasi yang tidak jelas.

Beberapa HP android yang dikenal selalu mengusung aplikasi bawaan sebut saja seperti Vivo, Xiaomi, Realme, dan lain sebagainya dimana masing-masing merek tersebut mengusung aplikasi bawaan berbeda-beda. Dan jika anda termasuk salah satu pengguna HP yang merasa terganggu dengan aplikasi bawaan di HP anda yang dirasa tidak penting, maka anda bisa menyimak cara menghapus aplikasi bawaan tanpa root dengan mudah yang bisa anda simak sebagai berikut.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan tanpa Root

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan tanpa Root

Menu Pengaturan

Cara pertama untuk menghapus aplikasi bawaan tanpa akses root sangatlah mudah dimana anda bisa menuju pengaturan di HP anda. Menu ini memiliki opsi khusus yang dapat memudahkan anda untuk mencopot pemasangan aplikasi bawaan yang tidak anda gunakan. Simak panduan lengkapnya sebagai berikut.

  • Pertama, silahkan buka menu Pengaturan atau Preferensi. Kemudian anda bisa pilih Aplikasi.
  • Anda bisa pilih opsi Kelola Aplikasi. Kemudian cari bloatware atau aplikasi bawaan yang ingin anda hapus.
  • Selanjutnya anda dapat menghapus aplikasi HP dengan memilih Uninstall Updates. Namun, ini hanya akan menghapus semua pembaruan versi aplikasi, memulihkan versi aslinya.
  • Selain itu, anda dapat memilih opsi “Clear Dara” untuk menghapus semua data dan cache aplikasi.
Baca juga  Cara Download Video Shorts YouTube dengan atau Tanpa Aplikasi

Hapus Aplikasi Bawaan dengan CCleaner

Selanjutnya anda bisa menggunakan CCleaner yang berfungsi membersihkan memori dan cache HP anda agar lebih ringan. Simak panduannya sebagai berikut

  • Unduh dan instal aplikasi CCleaner.
  • Buka aplikasi CCleaner, lalu klik garis tiga, lalu pilih App Manager.
  • Anda bisa pilih tab System, dan klik ikon tempat sampah.
  • Akan muncul peringatan uninstall dan klik Next.
  • Anda bisa aplikasi yang ingin kamu hapus instalan lalu klik Uninstall.

App Inspector

Selanjutnya dengan menggunakan aplikasi bernama App Inspector yang juga dapat digunakan untuk menghapus aplikasi bawaan tanpa root. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk menghapus berbagai program bloatware yang tidak bisa dihapus secara manual. Simak panduan lengkapnya sebagai berikut.

  • Pertama, silahkan download App Inspector dari Playstore
  • Buka aplikasi, lalu pilih aplikasi bawaan yang ingin kamu hapus.
  • Pada halaman berikutnya, cari ‚Äúpackage name”.
  • Buka Command Prompt di komputer yang telah diinstal ADB.
  • Anda bisa masukkan perintah sesuai dengan sistem operasi komputer anda, contohnya command prompt Windows: ADB Shell PM Disable-User -User 0
  • Setelah anda mengikuti langkah-langkah ini, maka program bloatware yang dipilih akan dinonaktifkan di HP anda.

Demikian informasi mengenai cara menghapus aplikasi bawaan tanpa root dengan mudah dimana anda bisa mengosongkan memori HP anda dari aplikasi-aplikasi bawaan yang menurut anda tidak berguna. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *