Cara Menggunakan Kuota Lokal Smartfren Beserta Cara Klaim dan Menggunakannya

Date:

Share post:

Anda ingin mengetahui cara menggunakan kuota lokal Smartfren beserta cara klaim dan menggunakannya? maka anda tepat menemukan artikel ini dimana anda bisa menyimak panduannya dibawah ini.

Apa itu kuota lokal Smartfren? Pertanyaan ini menjadi salah satu hal yang banyak ditanyakan pengguna Smartfren yang masih bingung mengenai penamaan kuota lokal Smartfren khususnya bagi pengguna yang masih baru menggunakan kartu Smartfren.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa pada saat anda membeli paket di Smartfren, anda akan menemukan berbagai macam bonus kuota yang bisa digunakan mulai dari kuota lokal, kuota sosial media, kuota malam, hingga kuota chat dimana masing-masing bonus tersebut memiliki fungsi dan manfaat yang berbeda. Sebut saja seperti kuota sosial media dimana anda bisa menggunakan bonus kuota untuk bermain sosial media, atau kuota chat dimana anda bisa menggunakan bonus tersebut untuk chat gratis menggunakan aplikasi chat seperti whatsapp, atau telegram.

Lalu apa itu kouta lokal Smartfren? Umumnya kuota lokal Smartfren akan diberikan sebagai bonus ketika anda membeli paket Smartfren seperti paket Gokil Max yang populer dimana paket kuota lokal Smartfren ini adalah pembagian jenis kuota yang hanya dapat digunakan pada lokasi yang sama dengan area atau zona yang telah ditentukan oleh Smartfren.

Sesuai dengan namanya, kuota Lokal pun dapat anda digunakan pada area atau zona di mana paket data diaktifkan. Sebut saja anda mengaktifkan paket Smartfren di Makassar, maka kuota lokal hanya bisa digunakan di daerah Makassar saja dan tidak akan aktif ketika sedang berada di luar kota Makassar.

Jangan kuatir akan pembagiannya dan akan menguras kuota utama anda sebab kuota Lokal sendiri mendukung semua jaringan dari Smartfren dan akan secara otomatis digunakan terlebih dulu dibandingkan Kuota Utama dimana anda bisa menggunakan Kuota Lokal untuk mengakses internet, membuka aplikasi, menjalankan video atau lagu streaming, video conference, dan aktivitas yang membutuhkan kuota internet lainnya.

Cara Klaim Kuota Lokal

Cara Menggunakan Kuota Lokal Smartfren

Bagi anda yang belum mengetahui cara klaim bonus kuota lokal apabila anda telah membeli paket atau mengklaim bonus tersedia, maka simak langkah-langkahnya sebagai berikut.

Melalui Aplikasi MySmartfren

  • Pertama, silahkan buka aplikasi MySmartfren.
  • Lalu login dengan nomor Smartfren.
  • Pada halaman utama, kemudian pilih notifikasi, klaim Kuota Lokal [Area atau Zona) anda.
  • Nantinya anda akan diarahkan ke halaman Klaim Sekarang.
  • Tekan tombol Ambil Sekarang di bagian bawah layar.
  • Selanjutnya anda akan dialihkan pada halaman Klaim Berhasil.
  • Apabila anda telah mengikuti langkah diatas dengan benar, maka anda akan bisa melihat bahwa Kuota Lokal telah aktif pada informasi di aplikasi.

Melalui Kode Telepon USSD

  • Pertama, silahkan buka aplikasi Phone atau Telepon.
  • Ketik kode *123*789#.
  • Tekan SIM 1 atau SIM 2 tergantung dari lokasi SIM berada.
  • Lalu pilih menu Top Up Kuota.
  • Kemudian pilih Paket Data yang ingin dibeli.
  • Setelah itu, lakukan konfirmasi pembelian.

Apabila langkah pembayaran berhasil dilakukan, maka anda akan mendapatkan notifikasi SMS mengenai paket yang di dalamnya juga berisi informasi mengenai besaran kuota yang didapatkan baik Kuota Utama, Ekstra Kuota, hingga Kuota Lokal.

Secara pastinya, Kuota Lokal akan langsung aktif ketika anda membeli paket melalui Kode Telepon USSD. Namun pihak Smartfren sendiri yang memutuskan bahwa anda bisa mendapatkan Kuota Lokal atau tidak.

Cara Menggunakan Kuota Lokal

Apabila anda telah memiliki kuota lokal dan berhasil melakukan klaim maka anda kuota lokal tersebut akan digunakan ketika anda mengakses internet dan baru akan diganti ke kuota utama ketika kuota lokal smartfren anda telah habis.

Baca juga  Begini Cara Mudah Membuat Link Zoom Meeting di Laptop

Akan tetapi, ketika anda mengakses internet pada jam khusus contohnya seperti 01.00 hingga 05.00 WIB, maka Kuota Malam akan lebih diutamakan untuk digunakan dibandingkan Kuota Lokal. Setelah melewati waktu tersebut, maka Kuota Lokal akan kembali digunakan.

Demikian informasi mengenai cara menggunakan kuota lokal Smartfren beserta cara klaim dan menggunakannya. Semoga berguna dan bermanfaat.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

7 Tips Olahraga Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang merasa memiliki berat badan berlebihan, maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini...

Begini Tips Cara Aman Liburan dengan Kapal Laut

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips cara aman liburan dengan kapal laut yang bisa menjadi referensi...

5+ Rekomendasi Game Kapal Perang Seru di Android Terbaru

Bagi anda penggemar game bernunsa perang dan militer, maka pastinya anda tidak ingin melewatkan rekomendasi game kapal perang...

Panduan Cara Membeli Tangki Motor Custom Yang Baik dan Benar

Bagi anda yang berencana ingin membeli tangki motor custom, maka anda perlu mengetahui cara memilih yang baik dan...