5 Tips Cara Mengembalikan Akun FB yang Dibajak Agar Kembali lagi

Date:

Share post:

Apakah akun FB anda dibajak oleh orang yang tidak bertanggung jawab? jangan kuatir atau panik dulu, berikut tips cara mengembalikan akun FB yang dibajak agar kembali lagi untuk bisa anda gunakan seperti sedia kala.

Ada banyak pertanyaan tentang cara mengembalikan akun FB yang dibajak sebab hal ini kerap terjadi menimpa pengguna FB. Terdapat banyak alasan mengapa akun FB seseorang bisa dibajak seperti tertipu oleh link palsu atau phising yang bertujuan membajak sandi dan password FB, atau bisa lupa log out ketika menggunakan perangkat lain untuk mengakses FB, dan beberapa alasan lainnya.

Namun apapun alasannya, pastinya mendapati akun FB yang di hack bukanlah hal yang mengenakkan bukan? Apalagi anda termasuk pengguna aktif FB yang rutin berbagi cerita, foto, dan video FB dan terdapat banyak hal yang “sensitif” yang bisa disalah gunakan orang lain yang tidak bertanggung jawab atau orang yang iseng.

Akan tetapi anda tidak perlu panik, sebab FB sendiri menawarkan beberapa solusi untuk mengembalikan akun FB yang terkena bajak. Oleh karena itu kali ini kami akan membagikan tips cara mengembalikan akun FB yang dibajak agar kembali untuk anda simak sebagai berikut.

Tips Cara Mengembalikan Akun FB yang Dibajak

Cara Mengembalikan Akun FB yang Dibajak

Pulihkan Akun Facebook

Tips pertama yang bisa anda lakukan untuk mengembalikan akun FB yang sudah anda pastikan dibajak adalah dengan memulihkan akun. Ana bisa langsung melakukan pengajuan pemulihan akun dengan menggunakan panduan sederhana sebagai berikut.

  • Pertama, silahkan buka terlebih dahulu aplikasi Facebook. Jika tidak punya aplikasi tersebut, maka cobalah buka versi webnya.
  • Kemudian, anda bisa mengklik Ikon Titik Tiga yang terletak di bagian bawah foto sampul Facebook.
  • Lalu, cobalah klik opsi Cari Dukungan maupun Laporkan Profil.
  • Jika sudah, anda bisa klik opsi Hal Lain.
  • Berikutnya, anda bisa mencoba klik pilihan Selanjutnya.
  • Selanjutnya, silahkan anda klik opsi Pulihkan Akun Ini.
  • Lalu silahkan ikuti instruksi lainnya yang tersedia. Jangan sampai terlewat satu instruksi pun.
Baca juga  6+ Cara Mengatasi Laptop Hang Atau Nge-Freeze Tanpa Matikan Langsung

Reset Password Facebook

Cara mengembalikan akun FB yang dibajak orang lain selanjutnya adalah menggunakan alternatif reset password. Anda bisa menambahkan nomor telepon maupun alamat email sehingga dapat langsung mereset kata sandi FB tanpa kendala. Begini panduannya.

  • Silahkan buka aplikasi Facebook.
  • Kemudian, anda bisa membuka Halaman Cari Akun Anda. Untuk mudahnya, anda bisa klik tautan berikut: https://id-id.facebook.com/login/identify
  • Selanjutnya, silahkan input alamat email, nomor telepon, nama lengkap maupun nama pengguna yang terkoneksi dengan akun FB tersebut.
  • Kemudian, silahkan klik opsi Cari.
  • Jika sudah, anda dapat langsung mengikuti petunjuk lainnya yang tersedia.

Minta Bantuan Teman

Apabila anda menemukan akun FB anda dibajak, maka jangan langsung panik. Anda bisa langsung meminta bantuan teman untuk mengembalikan akun FB tersebut. Begini panduannya.

  • Silahkan buka aplikasi Facebook.
  • Kemudian, anda bisa mencari akun anda lewat email, nama maupun nomor telepon.Klik
  • Ikon Tiga Titik Vertikal yang terletak di bagian bawah profil. Lalu, silahkan klik opsi Cari Dukungan atau Laporkan Profil.
  • Kemudian, pengguna bisa mengetuk opsi Saya Tidak Dapat Mengakses Akun Saya.
  • Jika sudah, silahkan klik opsi Selanjutnya.
  • Setelah itu, pengguna bisa mengetuk pilihan Recover This Account.
  • Berikutnya, klik opsi Akun Ini Tidak Lagi Dapat Akses.
  • Masukkan alamat email lengkap dengan password yang sudah anda ubah.
  • Jangan lupa setelah itu klik opsi Selanjutnya.
  • Kemudian, Facebook akan segera meminta anda untuk melakukan hal-hal yang dibutuhkan guna verifikasi dengan bantuan teman maupun keluarga Facebook.

Cek Email

Alternatif lainnya yang bisa anda lakukan untuk mengatasi akun FB yang dibajak ialah dengan mengecek email. Jadi, saat anda tidak bisa login ke akun Facebook, maka silahkan langsung periksa email.

Baca juga  7+ Aplikasi Edit Foto Dengan Memasukkan Lirik Lagu Terbaru

Umumnya jika ada aktivitas yang mencurigakan, Facebook akan langsung mengirimkan email. Di samping itu, cek email juga memungkinkan pengguna untuk melakukan reset password Facebook sehingga nantinya pengguna dapat login dengan password yang baru. Tidak sedikit orang yang langsung mengecek email ketika akun Facebook mendadak tidak bisa dibuka. Cara mengembalikan akun FB yang dibajak lewat email seperti ini juga sangat mudah dan praktis sekali dilakukan.

Laporkan Akun

Apabila anda merasa mengecek email masih kurang optimal untuk mengembalikan akun FB yang dibajak, maka selanjutnya anda bisa langsung melaporkan akun tersebut. Banyak yang menyebutkan bahwa laporkan akun adalah cara pamungkas untuk bisa mengembalikan akun FB yang sudah dibajak tersebut.

Cara untuk melaporkan akun Facebook sangat mudah dilakukan. Anda bisa melaporkannya dengan cara mengklik opsi facebook.com/hacked. Kemudian, anda dapat memilih Akun saya dibobol dan silahkan ikuti intruksi yang ada.

Demikian informasi mengenai tips cara mengembalikan akun FB yang dibajak agar kembali lagi. Anda bisa memilih salah satu dari cara diatas hingga akun FB anda benar-benar kembali seperti sedia kala.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

Panduan Cerdas Investasi Emas Dengan Gaji Kecil

Bagi anda yang ingin berinvestasi emas tetapi berkecil hati karena gaji yang kecil, maka anda harus menyimak tips...

Panduan Cara Mengajukan Kredit Bangun Rumah ke Bank Dengan Mudah

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan panduan cara mengajukan kredit untuk membangun ruman impian anda ke bank...

Berapa Biaya Liburan ke Jepang? Ini Rincian dan Prosesnya

Bagi anda yang penasaran berapa biaya liburan ke Jepang untuk jalan-jalan ke negeri sakura ini, maka anda tepat...

8+ Aplikasi Video Slow Motion Keren di HP Android

Apakah anda mencari aplikasi edit video yang memungkinkan anda mengedit video dalam bentuk slow motion atau gerak lambat,...