Cara Mengecek KJP Plus Dan Jumlah Dana Yang Diterima

Date:

Share post:

Begini cara mengecek KJP Plus dan melihat berapa jumlah dana yang anda terima apabila anda merasa termasuk dalam kategori masyarakat penerima manfaat.

Pencarian cara mengecek KJP plus menjadi salah satu pencarian yang banyak dilakukan masyarakat saat ini khususnya warga DKI untuk memastikan apakah mereka masuk dalam daftar penerima KJP plus, dan apabila masuk, maka pertanyaan selanjutnya adalah berapa biaya yang diterima.

Apa itu KJP Plus? bagi anda yang masih belum mengetahui apa itu KJP plus, maka perlu anda ketahui bahwa KJP atau Kartu Jakarta Pintar merupakan program bantuan biaya dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi DKI Jakarta untuk warga DKI Jakarta yang memiliki kemampuan terbatas dalam hal ekonomi untuk melanjutkan pendidikan dimana program ini diperuntukkan bagi siswa mulai dari SD hingga SMA/SMK.

Diharapkan dengan bantuan langsung pemerintah DKI ini, maka penerima manfaat KJP plus bisa melanjutkan sekolah meski tidak memiliki biaya karena akan dibiayai secara penuh oleh APBD DKI Jakarta. Hal ini tentunya akan sangat membantu bagi masyarakat yang tidak mampu sehingga bisa mealokasikan pendapatannya untuk kebutuhan wajib lainnya dan anak-anak pun tetap bisa melanjutkan sekolah.

Lalu berapa besaran jumlah dana yang diterima dari KJP Plus? untuk lebih lengkapnya, anda bisa menyimak informasi sebagai berikut.

Besaran dana KJP Plus

  • SD/MI
    Menerima besaran dana KJP Plus sebesar Rp250.000. Khusus untuk SD/MI Swasta mendapatkan tambahan SPP sebesar Rp130.000 per bulan selama 5 bulan.
  • SMP/Mts/PKBM.
    Menerima besaran dana KJP Plus total sebsar Rp300.000. SMP/Mts/PKBM Swasta menerima tambahan SPP per bulan sebesar Rp170.000 selama 5 bulan.
  • SMA/MA
    Menerima total besaran dana KJP Plus sebesar Rp420.000. SMA/MA swasta menerima tambahan dana per bulan sebesar Rp290.000 per bulan selama 5 bulan.
  • SMK
    Menerima total besaran dana KJP Plus sebesar Rp450.000. SMK Swasta menerima tambahan dana per bulan sebesar Rp250.000 selama 5 bulan
Baca juga  Ini Dia Bank dengan Bunga KPR Paling Rendah

Sebagai catatan dimana tidak semua warga DKI bisa menerima manfaat ini. Agar anda bisa masuk dalam daftar penerima KJP plus, maka anda harus terdaftar dan aktif sebagai siswa dalam satuan pendidikan Provinsi DKI Jakarta. Selain itu juga terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Syarat Menjadi Peserta KJP

Untuk menjadi peserta penerima manfaat KJP ini, maka terdapat sejumlah persyaratan yang harus anda penuhi sebagai berikut.

Terdapat sejumlah syarat dokumen yang juga harus anda lengkapi sebagai berkas persyaratan calon peserta KJP yang bisa anda simak sebagai berikut.

  • Form Kelengkapan Data
  • Surat Permohonan KJP Plus
  • Surat pernyataan Ketaatan Pengguna KJP Plus
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi KK
  • Surat pernyataan tanggung jawab mutlak kepala sekolah
  • Pernyataan ketaatan penggunaan bantuan sosial biaya operasional pendidikan bagi peserta didik dari keluarga tidak mampu melalui KJP Plus

Cara cek KJP Plus 2023

Jika anda telah terdaftar sebagai salah satu penerima manfaat KJP plis, maka anda bisa mengecek status pencairan dengan panduan yang bisa anda simak dibawah ini.

Pertama, silahkan masuk ke website kjp.jakarta.go.id

Klik menu “Pencairan”

Lanjutkan dengan klik menu “Periksa Status Penerimaan KJP” di sidebar kiri.

Akan terbuka laman pengecekan status pencairan KJP Plus

Supaya bisa melihat nama siswa sebagai penerima atau tidak, lakukan:
– Isi NIK
– Pilih tahun
– Pilih tahap untuk verifikasi penerima bantuan pendidikan.

Lalu anda bisa klik cek.

Selesai. Mudah bukan?

Sekian informasi mengenai cara mengecek KJP Plus dan jumlah dana yang diterima. Kini anda tidak perlu bingung lagi untuk mendaftarkan diri anda apabila anda merasa termasuk dalam kategori penerima manfaat. Semoga berguna dan bermanfaat.

Baca juga  Begini Contoh Surat Penawaran Catering Serta Cara Membuatnya
Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

7 Tips Olahraga Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang merasa memiliki berat badan berlebihan, maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini...

Begini Tips Cara Aman Liburan dengan Kapal Laut

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips cara aman liburan dengan kapal laut yang bisa menjadi referensi...

5+ Rekomendasi Game Kapal Perang Seru di Android Terbaru

Bagi anda penggemar game bernunsa perang dan militer, maka pastinya anda tidak ingin melewatkan rekomendasi game kapal perang...

Panduan Cara Membeli Tangki Motor Custom Yang Baik dan Benar

Bagi anda yang berencana ingin membeli tangki motor custom, maka anda perlu mengetahui cara memilih yang baik dan...