Begini Cara Mengatasi Tremor di Usia Muda Serta Penyebabnya

Date:

Share post:

Bagi anda yang mencari cara mengatasi tremor di usia muda serta apa saja yang menjadi penyebabnya, maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini kami akan membagikan informasi lengkapnya dibawah ini.

Sebagai informasi, tremor adalah gerakan ritmis dan tidak terkendali yang terjadi pada satu atau lebih bagian tubuh, sering kali di tangan, lengan, kepala, wajah, suara, batang tubuh, atau kaki.

Tremor merupakan gejala yang dapat disebabkan oleh berbagai kondisi medis dan biasanya merupakan hasil dari gangguan pada bagian otak yang mengontrol gerakan otot yang umum juga diasosiasikan dengan penuaan atau kondisi neurologis tertentu.

Tetapi tremor tidak hanya banyak menyerang orang dewasa dengan penuaan sebab tremor juga dapat terjadi pada usia muda dan dapat menimbulkan kekhawatiran dan ketidaknyamanan bagi penderitanya.

Tremor sendiri bisa dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan penyebab dan karakteristiknya. Apa saja itu? simak sebagai berikut

Tipe Tremor

Berikut adalah tipe tremor berdasarkan dengan bagian tubuh yang gemetar dan kapan terjadinya

  • Resting tremor, yaitu kondisi tubuh gemetar yang terjadi ketika istirahat
  • Postural tremor, terjadi ketika seseorang sedang melakukan gerakan tubuh tertentu.
  • Intention tremor, adalah tremor yang semakin memburuk ketika tubuh bergerak aktif.
  • Sementara itu, berikut adalah jenis tremor yang bisa terjadi pada usia muda berdasarkan penyebab terjadinya.
  • Tremor esensial, adalah tremor yang paling sering terjadi. Kondisi ini biasanya dirasakan pada bagian tangan, tetapi bisa juga terjadi di kepala, lidah, dan kaki.
  • Tremor fisiologis, adalah tremor yang dapat terjadi pada Anda yang sehat sekali pun. Jenis ini dapat memengaruhi bagian tubuh manapun dan akan bertambah buruk jika Anda kelelahan serta kadar gula darah rendah. Kondisi ini tak disebabkan oleh gangguan otak.
  • Tremor distonik, merupakan tremor yang sering terjadi pada Anda yang mengalami distonia, yaitu gangguan kontraksi otot.
  • Tremor serebelar, ditandai dengan gerakan gemetar perlahan yang biasanya disebabkan oleh gangguan fungsi otak. Misalnya akibat multiple sclerosis, cedera pada otak, atau tumor otak.
  • Tremor Parkinson, adalah tremor yang terjadi akibat penyakit Parkinson, sehingga sangat jarang terjadi pada anak-anak. Akan tetapi, kemungkinan untuk terjadi pada usia muda masih ada.
Baca juga  Penyebab Kaki Kram, Bisa Karena Faktor Kelelahan atau Gejala Penyakit

Cara Mengatasi Tremor di Usia Muda

Cara Mengatasi Tremor di Usia Muda

Perlu anda ketahui dimana tidak semua jenis tremor dapat disembuhkan sepenuhnya dimana cara mengatasi tremor di usia muda umumnya hanya untuk meringankan gejala yang dialami. Untuk tremor yang ringan, pengobatan biasanya tidak diperlukan. Namun, anda tetap bisa membantu mengurangi intensitas tremor yang dialami dengan menghindari pemicunya, seperti kelelahan atau stres.

Apabila tremor yang dialami cukup parah, maka anda dapat mendiskusikan pilihan pengobatan dengan dokter pilihan anda agar mendapatkan penanganan yang tepat dimana dokter mungkin akan menyarankan penggunaan obat-obatan, tergantung dari jenis tremor yang dialami. Obat yang sering digunakan untuk meredakan tremor, yaitu propranolol dan primidone.

Propranolol bekerja dengan menghambat pemicu reaksi sinyal saraf untuk meredakan gemetar. Sementara, primidone berfungsi untuk mengendalikan pengiriman sinyal saraf.

Jika penggunaan salah satu atau kedua obat tersebut tidak dapat meredakan tremor, obat antikejang, seperti gabapentin dan topiramate, juga bisa diberikan.

Untuk tremor yang lebih parah, prosedur operasi mungkin harus dilakukan untuk meredakan gejalanya. Namun, pada anak-anak, prosedur ini jarang diperlukan.

Demikian informasi mengenai cara mengatasi tremor di usia muda serta penyebabnya. Semoga berguna dan bermanfaat.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

9 Cara Mengatasi Mata Perih, Jangan Asal Kucek!

Apakah mata anda terasa perih dan membuat anda kesulitan untuk melihat dengan baik? jangan kuatir, sebab pada kesempatan...

10 Tips Traveling Murah ke Korea Selatan, Hemat dan Ramah di Kantong

Apakah anda berencana liburan ke luar negeri atau tepatnya di Korea Selatan? maka jangan lewatkan tips traveling murah...

5 Game Bertema Anjing Seru Dimainkan di HP Android, Lucu dan Bikin Gemas

Anjing adalah salah hewan peliharaan favorit banyak orang dan jika anda termasuk pecinta anjing, maka jangan lewatkan rekomendasi...

7 Game Membangun Desa Seru dan Terbaik di Hp Android

Seperti biasa kami akan membagikan rekomendasi game seru untuk anda mainkan di Hp android anda, dan pada kesempatan...