Cara Mengatasi Tidak Bisa Install WhatsApp

Date:

Share post:

Apakah anda menemukan masalah dimana HP anda tidak menginstall WA, maka jangan panik terlebih dahulu sebab kali ini kami akan membagikan cara mengatasi tidak bisa install whatsapp yang bisa anda simak pada artikel kami kali ini.

Bukan rahasia umum lagi apabila dikatakan WA merupakan salah satu aplikasi yang paling populer digunakan di seluruh dunia termasuk di tanah air dimana aplikasi komunikasi ini memungkinkan penggunakan untuk saling berkirim pesan chat, menggunakan fitur panggilan suara hingga melakukan panggilan video call.

Saking populernya WA ini, maka kita bisa dengan mudah menemukan aplikasi WA terinstall di hampir semua perangkat HP. Bahkan saat ini, orang-orang tidak lagi menanyakan berapa nomor telepon melainkan berapa nomor WA anda karena dianggap lebih efisien dan hemat pulsa.

Maka tidak heran apabila anda termasuk pengguna yang tidak menginstall Wa di HP, tentunya anda menjadi bingung dan panik karena akan kehilangan kontak-kontak anda. Namun jangan kuatir, sebab bagi anda yang mengalami masalah serupa, anda tepat menemukan artikel ini dimana kali ini kami akan membagikan cara mengatasi tidak bisa install whatsapp yang bisa anda simak sebagai berikut.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Install WhatsApp

Cara Mengatasi Tidak Bisa Install WhatsApp

Pastikan Koneksi Internet Lancar

Ketika anda mencari dan mendownload aplikasi di Playstore tentu anda membutuhkan koneksi internet yang cepat dan stabil. Ini dibutuhkan supaya proses download yang berlangsung tidak mengalami stuck atau berhenti di proses loading terus.

Masalah seperti ini sering sekali dialami oleh pengguna Android, tidak terkecuali ketika mendownload aplikasi WhatsApp di Playstore atau mungkin ketika update whatsapp. Meskipun ukuran aplikasi WhatsApp termasuk kecil dibanding dengan aplikasi chatting lainnya.

Baca juga  Mengapa Kamera HP Gagal dan Tidak bisa digunakan? Begini Cara Memperbaiki dan Penyebabnya

Saran saya gunakan koneksi internet dengan kecepatan minimal 1Mbps, namun harus stabil. Maksudnya stabil adalah koneksi tersebut tidak putus-putus atau naik turun dengan drastis, apalagi sampai mengalami disconnect.

Jadi silahkan anda coba pakai provider yang sudah terbukti memiliki jaringan internet yang cepat dan stabil di tempat anda. Atau anda juga bisa menggunakan koneksi WIFI untuk download lebih stabil dan cepat.

Penyimpanan Perangkat Tersedia

Ketika anda mendownlad dan memasang aplikasi, Playstore akan menyimpan aplikasi tersebut ke penyimpanan perangkat atau memori internal. Ukuran WhatsApp memang tidak besar, cuma sekitar 20 sampai 30MB saja di Playstore.

Meskipun ukurannya kecil namun jika tidak memori internal penuh maka WhatsApp tidak akan bisa terpasang. Jadi ketika memori internal anda penuh dan mendownload aplikasi, bukan proses download yang berjalan, namun pesan “tidak cukup ruang pada perangkat” yang muncul.

Karena itulah anda harus menghapus sebagian file yang tidak penting di memori internal HP anda, caranya adalah dengan membuka File Manager di HP anda, lalu anda Silahkan cari data-data tidak penting, Kemudian Hapus data-data atau file tersebut.

Contohnya data-data seperti foto atau video yang tidak penting atau hasilnya tidak bagus. Atau anda juga bisa memindahkan foto atau video tersebut ke penyimpanan lain jika dirasa masih dibutuhkan. Kalian bisa memindahkannya ke memori eksternal, flashdisk, komputer, dan sebagainya.

Kalian juga bisa menghapus aplikasi dan game yang sudah jarang digunakan. Biasanya game memiliki ukuran yang cukup besar, sehingga ketika dihapus akan ada cukup ruang tersedia di HP anda. Jika sudah cukup ruang yang tersedia di HP anda, coba anda lakukan download ulang aplikasi WhatsApp yang sebelumnya gagal dilakukan. Maka pesan tidak cukup ruang sebelumnya akan hilang, kecuali data yang anda hapus terlalu sedikit dan masih belum cukup ruang.

Baca juga  6+ Cara membuat foto keren dan Estetik hanya dengan kamera HP Ala Fotografer

Mengatur Ulang Tanggal HP

Mungkin anda tidak pernah berpikiran bahwa tanggal dan waktu yang ada di HP ini sangat berpengaruh pada Aplikasi. Nyatanya kesalahan tanggal dan waktu di HP dapat berpengaruh terhadap aplikasi seperti WhatsApp.

Contoh masalah yang bisa terjadi karena tanggal dan waktu tidak sesuai adalah WhatsApp tidak bisa menerima gambar. Selain WhatsApp mungkin Playstore juga mungin terpengaruh karena hal ini.

Tanggal dan waktu yang salah dapat menyebabkan koneksi bermasalah, hal ini kemudian membuat respon untuk download aplikasi menjadi lebih lambat atau bahkan terjadi error ketika mendownload aplikasi.

Cara mengatasi masalah tanggal dan waktu tidak sesuai sangat mudah, berikut adalah caranya:

  • Masuk ke Pengaturan / Setelan
  • Lalu anda bisa pilih menu Tanggal dan Waktu
  • Dan klik pada Atur Otomatis 2x.

Sebagai catatan dimana untuk beberapa tipe dan merek HP mungkin memiliki pengaturan yang berbeda, namun pada intinya seperti itulah cara mengatur tanggal dan waktu otomatis sesuai jaringan di tempat anda. Jika berbeda anda bisa mencarinya sendiri.

Clear Data Playstore

Error yang terjadi pada aplikasi Playstore memang jarang sekali diketahui. Namun salah satu cara yang cukup ampuh untuk mengatasi error pada Playstore adalah dengan menghapus data atau clear data Playstore.

Tujuan dilakukan clear data ini adalah untuk mereset Playstore sehingga apabila ada error maka error tersebut akan ikut terhapus. Dengan cara ini diharapkan masalah tidak bisa mendownload aplikasi seperti WhatsApp bisa diatasi.

Cara clear data sangat mudah yang bisa anda simak sebagai berikut.

  • Masuk ke Pengaturan
  • Pilih menu Aplikasi
  • Cari dan pilih aplikasi Playstore
  • daan silahkan anda ketuk Hapus data.

Jika sudah, silahkan anda coba kembali download aplikasi WhatsApp. Atau anda juga bisa menggunakan cara lain berikut ini:

  • Pilih Uninstall atau Uninstall Updates di Pengaturan
  • Pilih Aplikasi
  • Lalu pilih Playstore.
Baca juga  Begini Tutorial Daftar TikTok Shop dan Affiliate Terbaru

Cara tersebut lebih ampuh dibanding cara yang sebelumnya, jadi bisa anda coba jika belum berhasil. Mungkin hal ini bisa membantu ketika whatsapp kadaluarsa dan ingin di update.

Demikian informasi mengenai cara mengatasi tidak bisa install whatsapp. Semoga berguna dan bermanfaat serta menyelesaikan masalah yang anda alami.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

7 Tips Olahraga Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang merasa memiliki berat badan berlebihan, maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini...

Begini Tips Cara Aman Liburan dengan Kapal Laut

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips cara aman liburan dengan kapal laut yang bisa menjadi referensi...

5+ Rekomendasi Game Kapal Perang Seru di Android Terbaru

Bagi anda penggemar game bernunsa perang dan militer, maka pastinya anda tidak ingin melewatkan rekomendasi game kapal perang...

Panduan Cara Membeli Tangki Motor Custom Yang Baik dan Benar

Bagi anda yang berencana ingin membeli tangki motor custom, maka anda perlu mengetahui cara memilih yang baik dan...