9+ Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal dan Batuk Serta Penyebabnya

0
Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal dan Batuk

Bagi anda yang mengalami masalah tenggorokan terasa gatal dan juga batuk, maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini kami akan membagikan tips cara mengatasi tenggorokan gatal dan batuk serta penyebabnya untuk anda terapkan dengan mudah.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama dimana tenggorokan yang gatal dan batuk merupakan keluhan umum yang bisa minimpa siapa saja dan pastinya sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, dimana kondisi ini bisa membuat tidak nyaman untuk berbicara, mengurangi fokus dan lain sebagainya.

Walaupun mungkin terkesan sepele, tetapi tenggorakan yang gatal dan batuk bisa diakibatkan oleh beberapa penyebab yang wajib anda hindari, mulai dari infeksi bateri, polusi, alergi dan lainnya. Untuk lebih jelasnya, berikkut beberapa penyebab umum tenggorokan gatal dan batuk yang bisa anda simak dibawah ini.

Penyebab Tenggorokan Gatal dan Batuk

  • Lendir dari hidung yang menetes ke tenggorokan
  • Peradangan selaput lendir di hidung
  • Radang tenggorokan
  • Adanya gejala Asma
  • Alergi makanan, polusi udara, debu, klorin kolam renang, produk pembersih, bulu binatang, tungau, dll.
  • Tenggorokan kering ketika kekurangan cairan
  • Penyakit asam lambung kronis (gastro esophageal reflux disease atau GERD)
  • Infeksi virus atau bakteri

Cara mengatasi tenggorokan gatal dan batuk

Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal dan Batuk

Jika anda menyimak beberapa penyebab tenggorokan gatal dan batuk, maka bisa dikatakan penyebab tenggorokan gatal dan batuk tidaklah berbahaya dimana terdapat beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasinya sebagai berikut.

Hal pertama yang bisa anda lakukan adalah memperbanyak meminum banyak air putih agar tenggorokan tidak kering

  1. Konsumsi air hangat yang diberi perasan lemon dan sesendok madudak
  2. Anda juga bisa meminum wedang jahe
  3. Hindari asupan berkafein seperti kopi, teh, cokelat, soda
  4. Gunakan pelembap udara agar udara di ruangan tidak kering
  5. Ambil banyak istirahat. Apabila anda memiliki waktu untuk beristirahat, maka sebaiknya anda menggunakan dengan semaksimal mungkin untuk membuat kondisi tubuh anda fit dan segar sehingga tidak mudah sakit hanya karena alergi atau infeksi kecil.
  6. Lakukan terapi uap dengan cara menghirup uap air panas yang sudah dituang ke baskom atau mangkuk, mandi air hangat dengan pancuran, atau berendam air hangat
  7. Kumur dengan segelas air hangat yang diberi satu sendok teh garam dimana cara ini cukup efektif untuk membantu mengurangi dan menghilangkan rasa tenggorokan yang gatal dan batuk.
  8. Isap permen pelega tenggorokan. Sebaiknya anda memilih yang bebas gula dan mengandung bahan aktif menthol atau eucalyptus
  9. Dan terakhir, anda bisa mengkonsumsi obat sesuai akar penyebab penyakit. Contohnya, anda bisa mengkonsumsi obat antialergi untuk tenggorokan gatal terkait alergi, obat antiperadangan untuk tenggorokan gatal karena infeksi, atau obat penurun asam lambung
Baca juga  Ini Bahayanya Memencet Jerawat Sembarangan Yang Harus Anda Hindari

Demikian informasi mengenai tips cara mengatasi tenggorokan gatal dan batuk serta penyebabnya yang penting untuk anda ketahui, beserta cara mengatasinya dengan beberapa langkah mudah dilakukan dirumah anda. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *