10 Tips Cara Mengatasi Telinga yang Kemasukan Air saat Mandi dan Berenang

0
Cara Mengatasi Telinga yang Kemasukan Air

Apakah anda mengalami kondisi dimana telinga anda terasa kemasukan air setelah beraktivitas berenang atau mandi? Jika iya, maka pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips cara mengatasi telinga yang kemasukan air saat mandi dan berenang yang bisa anda simak dibawah ini.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama dimana kondisi dimana telinga yang kemasukan air saat mandi atau berenang dapat menjadi pengalaman yang tidak menyenangkan dan menyebabkan ketidaknyamanan. Dan bahkan lebih parahhnya, bisa membuat telinga luka atau infeksi apabila terdapat kandungan bakteri “merusak” pada air yang masuk di telinga.

Oleh karena gangguan ini tidak boleh disepelekan sebab selain bisa mengganggu dan membuat anda merasa tidak nyaman, juga bisa memberikan dampak kesehatan yang lebih parah. Dan oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips cara mengatasi telinga yang kemasukan air saat mandi dan berenang untuk anda simak dibawah ini.

Tips Cara Mengatasi Telinga yang Kemasukan Air saat Mandi dan Berenang

Cara Mengatasi Telinga yang Kemasukan Air

Berbaring menyamping

Sebenarnya, air dalam telinga bisa keluar sendiri, caranya dengan berbaring menyamping ke arah telinga yang kemasukan air. Contohnya, telinga kanan yang kemasukan air, maka berbaring menyamping dengan posisi telinga kanan di bagian bawah. Berbaringlah dalam beberapa menit, nanti air akan perlahan keluar sesuai tekanan gravitasi.

Baca juga  7 Cara Ampuh Atasi Asam Lambung Dengan Herbal Yang Aman dan Alami

Goyangkan telinga

Cara paling populer untuk mengatasi telinga yang kemasukan air adalah dengan menggoyang-goyang telinga tersebut. Cara mengeluarkan air dari telinga kanan, yaitu memiringkan kepala ke arah kanan sampai telinga menyentuh bahu. Kemudian, goyangkan telinga ke arah bahu. Sementara cara mengeluarkan air dari telinga kiri, yaitu memiringkan kepala ke arah kiri, lalu goyangkan.

Gerakan rahang dan mulut

Rahang dan mulut yang bergerak seperti sedang menguap dan mengunyah bisa mendorong air di dalam telinga untuk keluar. Anda bisa melakukan ini contohnya sambil mengunyah permen karet.

Isap dengan telapak tangan

Anda juga bisa menggunakan telapak tangan untuk mengeluarkan air dari telinga. Cara mengeluarkan air dari telinga ini dikenal dengan teknik ruang hampa. Caranya, letakkan telapak tangan untuk menutup lubang telinga. Kemudian, tekan telapak tangan ke arah dalam telinga. Lalu, tarik ke arah luar telinga. Setelah itu, miringkan kepala ke arah telinga yang kemasukan air agar air yang tertarik tekanan telapak tangan bisa keluar.

Selain telapak tangan, anda juga bisa mengeluarkan air dari telinga dengan menutup hidung. Hal ini dikenal juga dengan istilah manuver valsalva. Caranya, ambil napas dalam-dalam, lalu tutup hidung dengan ibu jari dan telunjuk. Tutup juga mulut Anda.

Lalu, tekan udara ke arah luar hidung yang tertutup sampai mendengar atau merasa ada letupan di dalam telinga. Hal ini akan membuat saluran telinga terbuka dan memberi tekanan ke air yang ada di dalam telinga untuk keluar. Namun ingat, jangan menekan udara terlalu kencang karena bisa merusak gendang telinga. Anda bisa lakukan ini dengan perlahan.

Uap hangat

Cara mengatasi telinga kemasukan air berikutnya adalah memberikan uap hangat ke area telinga. Uap ini bisa didapat saat mandi air hangat. Selain itu, juga bisa didapatkan dengan meletakkan telinga di dekat mangkuk berisi air hangat. Uap hangat akan membuka saluran telinga, sehingga bisa merangsang air untuk keluar.

Baca juga  5 Cara Sederhana Turunkan Kolesterol Jahat Dalam Darah Tanpa Obat

Kompres air hangat

Selain memberi uap, cara serupa juga bisa dilakukan dengan cara mengompres telinga dengan handuk yang sudah dibasahi air hangat. Suhu hangat dari handuk akan mengalir ke dalam telinga dan membantu agar saluran telinga terbuka, sehingga air bisa keluar.

Beri minyak zaitun

Caranya, hangatkan minyak zaitun, lalu ambil beberapa tetes minyak tersebut dan teteskan ke telinga yang kemasukan air. Kemudian, diamkan beberapa saat. Selanjutnya, miringkan kepala agar telinga yang kemasukan air menyentuh bahu dan goyangkan agar air dan minyak zaitun keluar.

Pakai hair dryer

Panas dari hair dryer bisa menguapkan air di dalam telinga. Caranya, hidupkan hair dryer lalu arahkan agar uap panasnya masuk ke telinga. Namun, jangan terlalu dekat dan suhunya jangan terlalu panas agar telinga tidak iritasi. Gunakan beberapa detik saja. Lalu ulang lagi sampai telinga terasa lebih ‘plong’.

Tetesi air

Cara lain adalah dengan memberi air ke dalam telinga. Anda bisa berbaring miring dengan posisi telinga yang kemasukan air di bagian atas. Lalu, masukan sedikit air, bisa menggunakan tangan maupun pipet. Kemudian, tunggu beberapa detik, lalu berbalik miring ke arah sebaliknya. Air yang masuk akan membantu air yang tertahan di dalam telinga untuk keluar.

Beri obat tetes telinga hidrogen peroksida

Hidrogen peroksida bisa membersihkan kotoran telinga, termasuk mengeluarkan air di dalamnya. Gunakan obat tetes dengan kandungan hidrogen peroksida dengan meneteskannya ke dalam telinga selama beberapa detik, lalu miringkan kepala agar air keluar.

Cara mengeluarkan air dari telinga ini cocok untuk anda yang punya kesehatan telinga baik. Artinya, tidak sedang mengalami infeksi telinga luar, gendang telinga berlubang, maupun usai melakukan operasi gendang telinga.

Baca juga  5 Cara Ampuh Mengatasi Asma pada Anak yang Wajib Diketahui Orang Tua

Beri obat tetes telinga alkohol dan cuka

Dan terakhir, perlu anda ketahui dimana alkohol dapat menguapkan air di dalam telinga. Sementara cuka bisa menghilangkan air yang bercampur dengan kotoran telinga. Caranya, campurkan alkohol dan cuka dengan perbandingan yang sama. Lalu gunakan sebagai obat tetes ke dalam telinga.

Kemudian, goyangkan telinga yang kemasukan air, tunggu beberapa detik, dan miringkan kepala agar air keluar.

Demikian informasi mengenai tips cara mengatasi telinga yang kemasukan air saat mandi dan berenang yang bisa anda terapkan. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *