Cara Mengatasi Stress dan Kecemasan Berlebih

Date:

Share post:

Anda merasa stress dan kecemasan telah menguasai diri anda? sehingga cenderung membawa dampak ke arah yang negatif pada kehidupan anda sehari-hari. Begini cara mengatasi stress dan kecemasan berlebih.

Pada titik tertentu, kecemasan dan stres bisa mempengaruhi semua orang dimana stress dapat bermanifestasi secara berbeda pada orang yang berbeda, dan begitu pula tingkat kecemasan yang dialami seseorang dapat bervariasi, tetapi ada satu hal yang pasti bahwa ada cara untuk mengelola kecemasan, walaupun anda merasa hal tersebut di luar kendali dan tidak bisa anda tahan lagi. Dengan demikian anda selalu memiliki harapan untuk mengusir jauh-jauh stress yang anda miliki.

Bagi anda yang merasakan kecemasan berlebih, cepat atau lambat akan dapat memengaruhi kehidupan sehari-hari anda bahkan apabila anda membiarkannya kecemasan dan stress “menguasai” diri anda, maka dampaknya bisa semakin buruk dan bisa mempengaruhi keluarga, pekerjaan, teman dan kehidupan pribadi anda.

Bagi anda yang merasa memiliki problem yang sama, maka kali ini kami akan memberikan cara mengatasi stress dan kecemasan berlebih yang kami kutip dari adaa.org yang bisa anda simak sebagai berikut.

Cara Mengatasi Stress dan Kecemasan Berlebih

Cara Mengatasi Stress dan Kecemasan Berlebih

Untuk mengatasi stress dan kecemasan yang anda rasakan, maka berikut hal-hal yang bisa anda lakukan ketika rasa cemas atau stress menghampiri anda.

  • Pertama, silahkan ambil waktu istirahat, atau berlatih yoga, mendengarkan musik, bermeditasi, dipijat, atau mempelajari teknik relaksasi.  Dengan rileks dan menjauh dari masalah dapat membantu menjernihkan pikiran anda untuk lebih tenang.
  • Mengkomsumsi makanan yang seimbang. Anda juga bisa menyiapkan camilan sehat dan penambah energi.
  • Batasi alkohol dan kafein, yang dapat memperparah kecemasan dan bahkan bisa memicu serangan panik.
  • Tidur yang cukup. Sebab pada saat anda stress, tubuh anda membutuhkan tidur dan istirahat tambahan.
  • Rutin berolahraga setiap hari yang dapat membantu anda merasa baik dan menjaga kesehatan anda.
  • Ambil napas dalam-dalam. Tarik napas dan hembuskan perlahan. Hitung sampai 10 secara perlahan. Ulangi, dan hitung sampai 20 jika perlu.
  • Jangan berusaha menjadi sempurna dan malah akan menjadi beban pikiran anda. Lakukan yang terbaik sebab tidak ada yang sempurna.
  • Terimalah bahwa anda tidak dapat mengendalikan segalanya.
  • Sering mendengarkan atau menonton hal-hal yang lucu sebagai relaksasi pikiran anda.
  • Pertahankan sikap positif untuk mengganti pikiran negatif yang sering dialami orang yang stress dan cemas berlebih.
  • Pelajari apa yang memicu kecemasan anda. Apakah itu pekerjaan, keluarga, sekolah, atau hal lain yang dapat anda identifikasi dan kemudian mencoba untuk mencari solusinya.
  • Berbicara dengan seseorang yang anda percayai seperti pasangan atau orang tua dan meminta masukan mengenai apa saja yang membuat anda cemas dan stress.
Baca juga  6 Cara Ampuh Mengobati Rasa Sakit Leher Yang Tegang dan Kaku

Tips Mengelola Kecemasan dan Stres Dengan Olahraga

Perlu anda ketahui, dengan berolahraga rutin terbukti dapat membantu anda mengelola stress dan kecemasan anda. Anda bisa mencoba melakukan setidaknya 2½ jam aktivitas fisik intensitas sedang seperti jalan cepat setiap minggu, 1¼ jam aktivitas intensitas tinggi seperti joging atau berenang, atau bisa juga kombinasi dari keduanya. Untuk lebih jelasnya, simak hal-hal apa saja yang bisa anda lakukan sebagai berikut.

  • 5 X 30: Joging, jalan kaki, bersepeda, atau menari tiga sampai lima kali seminggu selama 30 menit.
  • Tetapkan tujuan harian kecil dan tujukan untuk konsistensi harian daripada latihan yang sempurna. Lebih baik berjalan setiap hari selama 15-20 menit daripada menunggu hingga akhir pekan untuk maraton kebugaran selama tiga jam. Banyak data ilmiah menunjukkan bahwa frekuensi adalah yang paling penting.
  • Temukan bentuk latihan yang menyenangkan untuk anda lalukan dimana pada orang ekstrovert lebih menyukai kelas dan aktivitas kelompok sedangkan orang introvert pada umumnya lebih menyukai latihan private atau solo.
  • Mencari sesuatu yang menyenangkan sambi menemani anda berolahraga seperti mendengarkan musik atau menonton film atau video.
  • Mencari “teman olahraga”. Seringkali lebih mudah untuk tetap berpegang pada rutinitas olahraga ketika anda harus tetap berkomitmen pada teman, pasangan, atau kolega yang menjadi teman olahraga anda.
  • Bersabarlah saat anda memulai program latihan baru sebab pada umumnya orang yang tidak banyak bergerak membutuhkan sekitar empat sampai delapan minggu untuk merasa terkoordinasi dan cukup bugar sehingga olahraga terasa lebih mudah.

Demikian informasi mengenai cara mengatasi stress dan kecemasan berlebih bagi anda yang merasa mengalami masalah tersebut. Apabila anda merasa hal tersebut sudah “tidak wajar” dan berlebih, mak anda sebaiknya mencari pertolongan ke dokter atau melakukan tips yang kami sebutkan diatas agar anda tidak terjebak semakin dalam yang bisa mempengaruhi kehidupan pribadi anda. semoga berguna dan bermanfaat.

Baca juga  10 Manfaat Daun Sirih Cina Termasuk Mengobati Asam Urat dan Jerawat
Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

7 Tips Olahraga Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang merasa memiliki berat badan berlebihan, maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini...

Begini Tips Cara Aman Liburan dengan Kapal Laut

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips cara aman liburan dengan kapal laut yang bisa menjadi referensi...

5+ Rekomendasi Game Kapal Perang Seru di Android Terbaru

Bagi anda penggemar game bernunsa perang dan militer, maka pastinya anda tidak ingin melewatkan rekomendasi game kapal perang...

Panduan Cara Membeli Tangki Motor Custom Yang Baik dan Benar

Bagi anda yang berencana ingin membeli tangki motor custom, maka anda perlu mengetahui cara memilih yang baik dan...