Solusi Cara Mengatasi Sinyal TV Digital Hilang dari Perangkat STB

0
Cara Mengatasi Sinyal TV Digital Hilang

Apakah sinyal TV digital anda hilang? maka tidak usah bingung, begini solusi cara mengatasi sinyal TV digital hilang dari perangkat STB yang bisa anda simak dibawah ini.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama, siaran TV digital secara pasti telah menggantikan siaran TV analog yang telah digunakan masyarakat sejak berpuluh-puluh tahun silam. Bagi TV yang belum memiliki fitur menangkap sinyal digital secara otomatis, maka diperlukan alat bernama STB atau singkatan set top box untuk menangkap siaran digital pada TV biasa.

Memang kualitas gambar dan suara dari siaran TV digital jauh lebih baik apabila dibandingkan dengan siaran tv analog. Tetapi bukan berarti siaran tv digital tidak memiliki kekurangan, dimana banyak masyarakat yang mengalami masalah sinyal TV digital yang hilang dari perangkat STB.

Perlu anda ketahui, sinyal siaran tv digital yang hilang bisa disebabkan oleh beberapa hal. Apa saja itu? simak sebagai berikut.

Penyebab Sinyal TV Digital Hilang dari Perangkat STB

Cara Mengatasi Sinyal TV Digital Hilang

  • Cuaca Buruk: Cuaca ekstrem seperti hujan deras, badai petir, atau angin kencang dapat mengganggu sinyal TV digital karena pengaruhnya terhadap perambatan gelombang radio.
  • Hambatan Fisik: Bangunan tinggi, gedung-gedung besar, bukit, pohon besar, atau hambatan fisik lainnya di sekitar area penerimaan sinyal dapat memblokir atau melemahkan sinyal TV.
  • Kerusakan Kabel atau Peralatan: Kerusakan pada kabel antena, konektor, atau peralatan penerima TV dapat mempengaruhi penerimaan sinyal.
  • Gangguan Pemancar atau Antena: Jika ada gangguan pada pemancar TV atau masalah dengan antena penerima, sinyal dapat menjadi lemah atau hilang sepenuhnya.
  • Gangguan Elektronik: Beberapa peralatan elektronik dalam rumah, seperti microwave atau perangkat lain yang menggunakan frekuensi radio, dapat menyebabkan interferensi yang mempengaruhi sinyal TV.
  • Pergeseran Frekuensi: Beberapa negara melakukan pergeseran frekuensi untuk migrasi dari penyiaran analog ke digital. Pergeseran ini dapat menyebabkan sinyal digital hilang jika perangkat penerima tidak disesuaikan dengan frekuensi yang baru.
  • Gangguan Interferensi: Pergeseran frekuensi radio lainnya atau sumber interferensi elektromagnetik dapat mengganggu sinyal TV digital.
Baca juga  Cara Menjadi Affiliate TikTok dan Menghasilkan Uang dari Tiktok

Apakah anda mengalami sinyal siaran digital yang hilang-hilang juga? apabila iya, maka anda tidak kuatir sebab kali ini kami akan membagikan solusi cara mengatasi sinyal TV digital hilang dari perangkat STB yang bisa anda simak dibawah ini.

Cara Mengatasi Sinyal TV Digital Hilang

Periksa perangkat TV

Anda bisa cek bahwa perangkat TV Anda terhubung dengan benar ke sumber sinyal, cek dari kabel AV hingga HDMI. Apabila menggunakan antena TV, periksa apakah antena terpasang dengan benar dan menghadap ke arah sinyal yang tepat. Selain itu, pengguna juga bisa mengatur kembali posisi antena bagi pengguna TV model analog.

Tentunya, posisi antena akan mempengaruhi jangkauan sinyal sehingga dapat mengambalikan sinyal TV Digital.

Intip pengaturan TV

Pastikan bahwa perangkat TV Anda sudah terkonfigurasi dengan benar untuk menerima sinyal digital. Pengguna dapat memeriksa pengaturan TV dengan mengakses menu Settings atau Configuration. Pengguna bisa cek apakah AV dan HDMI sudah tersambung dan terdeteksi oleh pengaturan TV.

Melihat jangkauan sinyal TV

Cek jangkauan sinyal siaran TV digital di wilayah domisili dengan bantuan aplikasi SinyalTVDigital. Aplikasi ini bisa diunduh melalui Google Play Store (untuk ponsel Android) atau App Store (untuk iPhone). Sebelum memulai cek jangkauan sinyal, pastikan telah memberikan izin akses fitur lokasi pada aplikasi ini. Pengguna bisa bidik untuk memulai pemindaian sinyal siaran TV digital yang tersedia di wilayah domisili.

Selesai terpindai, nantinya akan muncul informasi lembaga penyiaran multipleksing (mux) yang menjangkau di wilayah itu. Cek See mux detail untuk melihat informasi detail mengenai sinyal TV Digital yang tersedia.

Informasi tersebut mencakup kekuatan sinyal, jenis layanan, operator mux, frekuensi/channel, dan lainnya. Aplikasi ini juga dapat menampilkan daftar channel siaran TV digital yang dapat diakses di wilayah domisili dengan mengklik ikon galeri. Untuk menggunakan aplikasi ini, pastikan bahwa perangkat HP terhubung ke internet dan memiliki akses ke GPS.

Baca juga  Daftar APN Axis 4G 5G Tercepat Terbaru untuk Game Android dan Iphone

Scan ulang set top box

Anda bisa mengikuti langkah scan ulang set top box untuk mengatasi sinyal TV Digital hilang sebagai berikut.

  • Pastikan anda berada di daerah yang sudah terdapat siaran TV Digital.
  • Masuk ke Menu kemudian pilih Setting atau Pengaturan menggunakan remote.
  • Anda bisa memilih pindai Saluran dan Pencarian Saluran Secara Otomatis.
  • Masukkan kode pos sesuai tempat tinggal.
  • Anda bisa pilih mode Saluran Digital.
  • Klik Cari.
  • Tunggu hingga pengaturan saluran selesai.

Apabila masih terjadi gangguan yang sama seperti sinyal yang hilang, anda bisa menghubungi call center dari tiap merek STB. Secara garis besar, ada ketentuan yang perlu diketahui kembali oleh pengguna baru TV Digital.

Demikian informasi mengenai solusi cara mengatasi sinyal TV digital hilang dari perangkat STB. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *