Begini Cara Mengatasi Sakit Ulu Hati Yang Menyerang di Malam Hari

Date:

Share post:

Apakah anda sering mengalami rasa sakit ulu hati yang menyerang pada malam hari sehingga anda tidak bisa tidur nyenyak? Begini cara mengatasi sakit ulu hati malam hari yang akan kami bahas pada artikel kami kali ini.

Sekedar informasi, sakit ulu hati adalah rasa nyeri yang dirasakan pada bagian perut bagian tengah atas, tepatnya di antara tulang rusuk bawah dan bagian perut atas. Dimana terkadang, sakit ulu hati ini biasanya diikuti rasa panas atau terbakar di dada. Walaupun mungkin terlihat ringan dan kadang disepelekan karena biasanya akan sembuh dengan sendirinya, tetapi penanganan terhadap sakit di ulu hati tetap perlu dilakukan.

Apalagi jika sakit ulu hati kerap anda rasakan khususnya pada malam hari sewaktu anda sedang beristirahat. Adapun nyeri pada ulu hati ini bisa disebabkan oleh beberapa kondisi medis, seperti sindrom dispepsia, pankreatitis, irritable bowel syndrome, tukak lambung, hingga kanker lambung.

Untuk itu, kali ini kami akan membagikan cara mengatasi sakit ulu hati malam hari yang bisa anda simak sebagai berikut.

Cara Mengatasi Sakit Ulu Hati Malam Hari

Cara Mengatasi Sakit Ulu Hati Malam Hari

Memakai pakaian yang longgar

Cara mengatasi sakit ulu hati pada malam hari yang pertama adalah dengan memakai pakaian ketat dapat menekan menekan area perut dan memperburuk keluhan nyeri ulu hati. Sebaiknya gunakan pakaian yang nyaman dan longgar untuk mengatasi sakit ulu hati. Anda juga bisa melepaskan ikat pinggang, korset, atau aksesoris lain yang berpotensi menekan area perut.

Baca juga  Rekomendasi Makanan Tinggi Folat untuk Pertumbuhan Janin Yang Baik

Posisi tidur miring ke kiri

Cara mengatasi sakit ulu hati di malam hari selanjutnya adalah tidur dengan posisi miring ke kiri. Posisi tubuh miring ke kiri mampu mencegah isi lambung naik ke kerongkongan, sehingga tidak memperburuk nyeri ulu hati. Apabila anda terbiasa tidur miring ke kanan, maka cobalah untuk tidur ke kiri agar dapat mengurangi sakit ulu hati.

Berbaring dengan posisi kepala lebih tinggi

Untuk meredakan sakit ulu hati di malam hari, anda dapat mencoba meninggikan posisi kepala saat berbaring. Hal ini berguna agar asam di lambung tidak mengalir kembali ke kerongkongan dan rasa sakit ulu hati pun berangsur hilang. Anda juga bisa mencoba menumpuk beberapa bantal hingga kepala lebih tinggi 10 hingga 15 cm dari lambung.

Mengunyah permen karet

Air liur berperan untuk menenangkan kerongkongan dan menurunkan asam lambung yang naik, sehingga dapat membantu meredakan nyeri ulu hati. Caranya yaitu dengan mengunyah permen karet. Mengunyah permen karet diketahui dapat mendorong produksi air liur untuk mengatasi sakit ulu hati.

Minum air rebusan jahe

Dan tips terakhir cara mengatasi sakit ulu hati pada malam hari adalah dengan meminum jahe yang memiliki sifat antiradang yang dapat menghentikan peradangan dan iritasi di kerongkongan akibat naiknya asam lambung. Minum segelas air rebusan jahe dapat membantu anda mengatasi sakit ulu hati di malam hari. Dengan begitu, sakit ulu hati dapat berangsur membaik.

Demikian informasi mengenai cara mengatasi sakit ulu hati malam hari. Adapun tindakan pencegahan yang bisa anda lakukan agar sakit ulu hati tidak datang kembali adalah dengan menerapkan pola makan sehat dengan menghindari makanan yang dapat memicu asam lambung naik seperti pedas, tidak makan dalam porsi besar, tidak merokok, tidak makan asam, dan gorengan, , dan tidak langsung berbaring setelah makan dengan memberi jeda 2-3 jam sebelum beristirahat. Semoga berguna dan bermanfaat.

Baca juga  6 Penyebab Kaki Sakit pada Malam Hari, Begini Penjelasan dan Solusinya
Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

7 Tips Olahraga Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang merasa memiliki berat badan berlebihan, maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini...

Begini Tips Cara Aman Liburan dengan Kapal Laut

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips cara aman liburan dengan kapal laut yang bisa menjadi referensi...

5+ Rekomendasi Game Kapal Perang Seru di Android Terbaru

Bagi anda penggemar game bernunsa perang dan militer, maka pastinya anda tidak ingin melewatkan rekomendasi game kapal perang...

Panduan Cara Membeli Tangki Motor Custom Yang Baik dan Benar

Bagi anda yang berencana ingin membeli tangki motor custom, maka anda perlu mengetahui cara memilih yang baik dan...