Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Bangun Tidur dan Penyebabnya

0
Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Bangun Tidur

Apakah anda sering mengalami sakit pinggang saat bangun tidur? maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini kami akan membagikan cara mengatasi sakit pinggang saat bangun tidur dan hal-hal yang menjadi penyebabnya.

Rasa nyeri pinggang saat bangun tidur merupakan masalah umum yang dialami banyak orang dimana akan membuat rasa penasaran apa saja penyebabnya dan cara mengatasinya, sebab seharus sesudah tidur seharusnya badan menjadi segar bukan?

Nyeri pinggang sehabis tidur bisa jadi indikasi dari adanya masalah kesehatan. Berikut kami bagikan penyebabnya yang bisa anda simak dibawah ini.

Penyebab Sakit Pinggang Saat Bangun Tidur

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Bangun Tidur

Posisi Tidur

Perlu anda ketahui dimana postur tubuh selama tidur bisa menyebabkan sakit pinggang saat bangun tidur. Ini karena posisi tidur yang buruk mampu memberi tekanan pada tulang belakang sehingga membuat lengkungan alaminya menjadi rata. Tak hanya itu, hal ini juga dapat menimbulkan ketegangan pada punggung dan persendian.

Kasur

Kasur ternyata juga dapat menjadi sebab pinggang pegal dimana jika kasur sudah mengendur atau terdapat lekukan yang tertinggal, itu tandanya kasur perlu diganti. Kalau tidak, kasur tersebut akan terus mengakibatkan nyeri pinggang.

Olahraga Berlebih

Olahraga bagus untuk kesehatan, akan tetapi apabila anda melakukannya secara berlebihan dapat menyebabkan nyeri dan pegal-pegal di beberapa bagian tubuh, termasuk pinggang. Maka dari itu, penting bagi seseorang untuk memperhatikan postur tubuhnya saat dan setelah olahraga fisik. Selain itu, ada baiknya juga untuk melakukan pemanasan pendinginan setelah maupun sebelum berolahraga untuk mengurangi sakit pinggang dan kekakuan otot keesokan harinya.

Baca juga  Trik Cara Mudah Mengurangi Stres Hanya dengan Mendengarkan Musik

Kehamilan

Sakit pinggang ketika bangun tidur bisa pula dialami wanita yang sedang hamil, dan kondisi ini sangat umum terjadi. Di beberapa belahan dunia, sekitar 30-78% wanita selama kehamilan merasakan nyeri pinggang.

Yang menyebabkan pegal pinggang saat hamil, antara lain karena meningkatnya pelepasan hormon relaksin dan progesteron, penambahan berat janin, dan pusat gravitasi seseorang bergeser ke depan seiring pertumbuhan janin.

Fibromialgia

Nyeri pinggang saat bangun tidur termasuk gejala umum dari fibromialgia. Ini adalah kondisi kesehatan yang menyebabkan rasa sakit di berbagai bagian tubuh. Siapapun rentan terhadap fibromialgia, tapi, penyakit ini lebih sering terjadi pada wanita.

Gejala lain fibromialgia, meliputi kelelahan, kesulitan tidur, sakit kepala, sindrom iritasi usus, serta mati rasa dan kesemutan di lengan dan kaki.

Ankylosing Spondylitis

Ankylosingspondylitis merupakan salah satu penyakit peradangan pada tulang belakang. Penyakit ini jarang terjadi tapi mampu dipengaruhi oleh faktor genetik. Gejala yang dapat terjadi akibat penyakit ini, seperti sakit pinggang ketika bangun tidur atau sesudah duduk dalam waktu yang lama, kelelahan, pembengkakan pada sendi, dan perubahan bentuk tulang belakang yang melengkung ke depan.

Penyakit Cakram Degeneratif

Seiring bertambahnya usia, bantalan antartulang pada tulang belakang bisa menjadi lebih tipis. Karena itu, rasa nyeri ringan hingga parah bisa terasa di pinggang atau leher. Walaupun cakram degeneratif atau degeneratif diskus ini biasa terjadi pada orang berusia di atas 60 tahun, penyakit ini dapat pula dialami orang berusia lebih mudah dengan kondisi medis tertentu.

Gejala lainnya yang mungkin dialami orang yang terkena penyakit cakram degeneratif, seperti kelemahan otot tungkai, mati rasa dan kesemutan pada lengan dan kaki, nyeri yang bertambah parah saat duduk, mengangkat, atau membungkuk.

Baca juga  Ketahui Penyebab Rasa Nyeri pada Rahang ketika Mengunyah Makanan Dan Solusinya

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Bangun Tidur

Setelah anda mengetahui penyebab sakit pinggang saat bangun tidur, maka simak panduan cara mengatasi sakit pinggang tersebut yang bisa anda terapkan sebagai berikut.

Merubah Posisi Tidur

Posisi tidur yang baik perlu diperhatikan agar tidur lebih nyenyak dan kesehatan tulang belakang terjaga sehingga tidak menyebabkan nyeri pinggang. Dokter menyarankan untuk tidur miring atau terlentang dengan bantal di bawah lutut.

Tidur tengkurap biasanya akan lebih sering menimbulkan sakit pinggang. Tapi jika tengkurang adalah satu-satunya posisi tidur ternyaman, maka bisa letakkan bantal di bawah panggul atau perut bagian bawah sebagai penyangga untuk mengurangi tekanan pada punggung.

Ganti Kasur

Tanda-tanda kasur sudah perlu diganti jika terdapat lekukan atau telah kendur. Selain itu, kasur yang berumur lebih dari sembilan tahun juga bisa diganti ke kasur yang lebih baru agar dapat meningkatkan kualitas tidur, mengurangi ketidaknyamanan punggung, serta mengurangi gejala stres.

Anda juga bisa mengganti kasur dengan yang lebih empuk untuk mengatasi nyeri pinggang. Penelitian menunjukkan kasur dengan tingkat keempukan medium firm merupakan kasur terbaik untuk mengurangi sakit pinggang.

Aktif Berolahraga

Anda juga dapat berolahraga setiap hari secara teratur untuk mengurangi sakit pinggang. Di sisi lain, olahraga bisa pula meningkatkan kualitas tidur. Olahraga sederhana seperti jalan kaki bisa bermanfaat besar. Jika diharuskan duduk dalam waktu lama, maka sebaiknya anda membiasakan untuk berdiri dan lakukan peregangan setiap 30 menit.

Lakukan Peregangan

Peregangan saat bangun tidur dapat dilakukan bahkan sebelum bangun dari tempat tidur dimana hal tersebut disebutkan bisa meredakan pegal di pinggang. Caranya pun sangat mudah dimana anda cukup angkat tangan ke atas kepala sejauh yang bisa dilakukan sambil baring terlentang. Pada saat yang sama, rentangkan kaki ke arah yang berlawanan.

Baca juga  Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri Belakang Dan Cara Mengatasinya

Kemudian, dekatkan lutut ke dada dan tahan untuk meregangkan punggung bagian bawah. Dalam keadaan tersebut, anda bisa pula mengayunkan perlahan dari sisi kanan ke kiri. Setelah itu bisa duduk, lalu letakkan kaki di lantai dan regangkan jadi selebar bahu. Angkat lengan ke atas kepala lalu ayunkan dari sisi ke sisi untuk melakukan peregangan secara menyeluruh.

Demikian informasi mengenai cara mengatasi sakit pinggang saat bangun tidur dan hal-hal yang menjadi penyebabnya. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *