7 Cara Mengatasi Rambut Rontok Dan Penyebabnya

0
Cara Mengatasi Rambut Rontok

Rambut yang rontok secara terus menerus pastinya bisa membuat penampilan rambut anda akan terlihat tidak menarik. Dan oleh karena itu kali ini kami akan membagikan cara mengatasi rambut rontok dan penyebabnya.

Seperti yang kita ketahui bersama dimana masalah rambut rontok bisa dialami setiap orang, khususnya orang dewasa dan orang tua.

Rambut yang rontok bisa diamati dengan mudah seperti saat menyisir rambut, atau melihat helai demi helai rambut yang sering jatuh sendiri dan apabila terus dibiarkan bisa membuat volume rambut menipis bahkan menimbulkan kebotakan.

Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab rambut yang rontok. Apa saja itu? simak sebagai berikut.

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Stres fisik dan psikologis

Rambut rontok penyebabnya bisa terjadi akibat stres fisik dan psikologis. Berbagai bentuk stres, baik secara fisik maupun psikologis, dapat memicu kerontokan rambut yang berlebihan. Kematian anggota keluarga, perceraian, kecelakaan, menderita penyakit serius, kehilangan pekerjaan, dan lainnya dapat menyebabkan kondisi yang disebut telogen effluvium, yaitu kerontokan rambut yang tiba-tiba dan rambut penggantinya tidak tumbuh. Jumlah rambut di kepala bisa berkurang separuhnya akibat rambut rontok berlebihan.

Faktor genetik atau keturunan

Merupakan penyebab rambut rontok parah yang paling umum dan mempengaruhi 50 persen penduduk dunia. Rambut yang rontok berlebihan karena faktor genetik bisa berlangsung pada usia berapa pun, bahkan dari usia remaja. Pada wanita, kerontokan malah banyak terjadi saat memasuki masa menopause. Kerontokan rambut ini disebut dengan androgenetic alopecia serta bisa terjadi pada wanita dan pria.

Baca juga  6 Jenis Olahraga untuk Meninggikan Badan yang Efektif

Ketidakseimbangan hormon

Ada masa dalam hidup saat wanita mengalami ketidakseimbangan produksi hormon, misalnya saat remaja pada masa puber, saat menstruasi, selama kehamilan dan menyusui, dan akibat konsumsi pil kontrasepsi. Ketidakseimbangan hormon ini dapat membuat tubuh Anda menjadi stres sehingga rambut pun rontok berlebihan. Kerontokan rambut akan kembali normal saat produksi hormon sudah seimbang.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan

Bagi anda yang mengalami masalah rambut rontok ini, maka berikut sejumlah cara yang bisa anda coba terapkan untuk mengatasi rambut rontok yang bisa anda simak dibawah ini.

Mengonsumsi obat

Apabila anda berkonsultasi ke dokter kulit untuk mendapatkan cara agar rambut tidak rontok, maka kemungkinan anda akan diresepkan obat-obatan yang sesuai dengan penyebab rambut rontok parah. Jika penyebabnya genetik, maka anda mungkin diresepkan minoxidil dan tretinoin oral. Sementara jika penyebabnya adalah hormon, maka mungkin anda diresepkan obat untuk menurunkan produksi hormon androgen.

Memakai produk perawatan rambut

Bukan produk perawatan rambut biasa, melainkan produk untuk perawatan rambut rontok parah dengan kandungan bahan atau suplemen dan mendorong pertumbuhan rambut, misalnya minoxidil, aminexil, dan kafein. Merawat rambut dan kulit kepala dengan benar tak hanya menjadi cara mengatasi rambut rontok dan ketombe tapi juga dapat membantu mencegah rambut rontok.

Memperbaiki pola makan

Malnutrisi merupakan salah satu penyebab rambut rontok terus menerus. Jika anda kurang mengonsumsi protein dan asam amino, maka rambut dapat rontok berlebihan. Begitu juga saat anda menjalani diet ketat sehingga kekurangan nutrisi. Mengonsumsi makanan dengan nutrisi seimbang dapat menjadi cara mengatasi rambut rontok secara alami dan permanen dengan bahan alami dan cepat.

Apabila anda merasa nutrisi masih belum mencukupi, maka dapat mengonsumsi suplemen dengan kandungan vitamin untuk rambut rontok parah seperti Vitamin B, Vitamin D, Vitamin A, zat besi, zinc, dan selenium. Vitamin rambut kering dan rontok tersebut dapat mengurangi kerontokan rambut.

Baca juga  Apa Itu Baby Blues Syndrome? Begini Pengertian, Penyebab dan Cara mengatasinya

Mengkonsumsi buah-buahan dapat menjadi cara mengatasi rambut rontok secara alami dan permanen. Buah-buahan mengandung banyak nutrisi penting bisa memperkuat folikel rambut dan mencegah rambut rontok. Buah mengandung bahan alami untuk rambut rontok dan juga membuat rambut berkilau alami. Buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti jeruk dan kiwi, merangsang kulit rambut memproduksi kolagen yang memperkuat rambut serta meningkatkan vitalitas rambut. Buah pepaya yang banyak mengandung vitamin A juga bisa menjadi suplemen untuk rambut rontok, karena menjaga menjaga kulit kepala lembab dan sehat.

Mengelola stres

Solusi rambut rontok berlebihan lainnya adalah mengelola stres, yang merupakan salah satu pemicu utama rambut rontok. Ada beberapa cara mencegah rambut rontok yang bisa Anda lakukan, yaitu meditasi, beribadah dan berdoa, berolahraga secara rutin, mengonsumsi makanan kaya nutrisi, dan menjalani hobi.. Jika dirasa berat, anda sebaiknya berkonsultasi dengan psikolog mengenai cara mengelola stres yang baik.

Menginjeksi kortikosteroid

Salah satu cara mengatasi rambut rontok berlebihan pada wanita maupun pria adalah dengan menginjeksi kortikosteroid. Cara ini merupakan cara menumbuhkan kembali rambut yang rontok dan sangat disarankan sebagai cara agar rambut tidak rontok akibat penyakit autoimun (alopecia areata). Kortikosteroid akan diinjeksi ke kulit kepala yang pitak dan perlu diulang setiap 4-8 minggu.

Platelet-rich plasma (PRP)

Teknologi yang terbilang baru ini menggunakan darah Anda sendiri untuk mengatasi masalah rambut rontok berlebih. Sedikit darah Anda akan diambil lalu diproses menjadi PRP. Setelah itu, plasma darah tersebut disuntikkan kembali ke tubuh anda di kulit kepala yang rambutnya rontok berlebihan.

Terapi laser

Terapi laser dosis rendah dapat dilakukan sebagai cara mencegah rambut rontok yang disebabkan oleh faktor genetik, alopecia aerata, dan kemoterapi. Cara ini aman dilakukan tapi butuh dilakukan beberapa kali sampai anda mendapatkan hasil yang diharapkan.

Baca juga  6 Cara Efektif Mengobati Sakit Mata Pada Anak Dan Aman

Demikian informasi mengenai cara mengatasi rambut rontok dan penyebabnya yang bisa menjadi referensi anda. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *