Cara Mengatasi Pilek dan Hidung Meler atau Ingusan Dengan Alami

0
Cara Mengatasi Pilek

Apakah anda mengalami kondisi hidung meler karena pilek dan mengganggu aktivitas anda? maka jangan lewatkan tips cara mengatasi pilek dan hidung meler atau ingusan dengan cara mudah dan alami yang bisa anda simak dibawah ini.

Seperti yang kita ketahui bersama dimana walaupun terkesan sepele, tetapi hidung meler karena pilek bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Bahkan bisa terkesan jorok apabila anda tidak menyiapkan tisu sebab lendir cair akan terus keluar dari hidung.

Selain itu, hidung meler karena pilek juga bisa membuat pernafasan menjadi tersumbat dan kesulitan bernafas seperti biasanya.

Bagi anda yang mengalami kondisi ini, maka anda bisa menyimak tips cara mengatasi pilek dan hidung meler yang bisa anda terapkan sebagai berikut.

Cara Mengatasi Pilek dan Hidung Meler

Cara Mengatasi Pilek

Masukkan Tisu ke Hidung

Walaupun terkesan sepele tetapi cara ini cukup efektif dilakukan ketika seseorang mengalami hidung meler dimana yang ada di benak pikirannya adalah berusaha untuk membuang semua lendir tersebut. Sayangnya, hal tersebut justru dapat memperburuk kondisi hidung hingga menyebabkan pembengkakan dan peradangan pada saluran hidung.

Minum Air Putih

Cara mengatasi hidung meler berikutnya adalah mengonsumsi cairan atau air putih. Hal ini karena air putih dapat mengencerkan lendir dan mengurangi tekanan pada sinus, sehingga iritasi dan peradangan pun berkurang.

Selain itu, air putih juga bisa membuat lendir lebih mudah dikeluarkan dari hidung. Perlu diingat, jika ingin mengeluarkan ingus sebaiknya dengan cara yang lembut untuk mengurangi resiko peradangan pada hidung.

Baca juga  7+ Cara Mengatasi Pipi Bengkak Akibat Sakit Gigi

Makan Makanan Pedas

Cara mengatasi hidung meler yang selanjutnya adalah mengonsumsi makanan pedas. Mengapa demikian? Sebab makanan pedas terbukti efektif menipiskan lendir untuk membersihkan saluran hidung yang tersumbat dengan cepat. Bahkan, makanan ini mampu melebarkan pori-pori di tubuh dan meringankan masalah sinus. Akan tetapi, apabila anda tidak kuat untuk mengonsumsi makanan pedas, maka anda bisa mencoba mencicipi sedikit bumbu pedas untuk melihat apakah cara ini membantu atau tidak.

Minum Teh Hangat

Selain air putih, secangkir teh herbal hangat juga diklaim sebagai cara mengatasi hidung meler. Berdasarkan sebuah enelitian dari jurnal Rhinology dimana orang yang meminum minuman panas saat terkena pilek atau flu, segera tertolong dari gejala pilek, batuk, bersin, sakit tenggorokan, kedingan, dan kelelahan. Hal ini disebabkan karena uap panas dari teh hangat tersebut masuk ke dalam saluran hidung yang membuat lendir dapat keluar dengan cepat.

Mandi Air Hangat

Mandi air hangat merupakan salah satu cara mengatasi hidung meler. Panas dari uap air tersebut dapat mengendurkan lendir yang menyebabkan hidung tersumbat.

Banyak Istirahat

Dan terakhir adalah apabila anda merasakan hidung meler semakin parah, maka sebaiknya anda hindari seluruh aktivitas yang membuat badan lelah dan perbanyak istirahat. Cara mengatasi hidung meler ini berguna memberikan tenaga ekstra dan beberapa zat yang mempengaruhi daya tahan tubuh.

Demikian informasi mengenai tips cara mengatasi pilek dan hidung meler atau ingusan dengan cara mudah dan alami. Semoga berguna dan bermanfaat untuk mengatasi keluhan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *