10 Tips Cara Mengatasi Perut Begah dengan Cepat Dan Mudah

0
Cara Mengatasi Perut Begah

Apakah anda sering mendapatkan kondisi dimana perut anda sering terasa begah, atau mual? maka jangan kuatir sebab kali ini kami akan membagikan tips cara mengatasi perut begah dengan cepat dan mudah.

Kondisi perut begah merupakan kondisi yang umum terjadi dan menimpa banyak orang dimana ketika perut begah, maka perut terasa sesak, penuh, kembung dan membuat rasa yang tidak nyaman sehingga bisa mengganggu aktivitas harian.

Walaupun tidak membahayakan, tetapi perut begah ini tidak bisa dibiarkan begitu saja karena masalah ketidaknyaman yang bisa ditimbulkan. Adapun perut begah ini pada umumnya terjadi karena adanya penumpukan gas diperut hingga masalah gangguan pencernaan. Selain itu perut begah juga bisa disebabkan oleh sindrom iritasi usus besar, radang usus, perubahan hormon selama haid, infeksi usus, penyakit asam lambung, dan masalah pencernaan lainnya.

Dan sesuai dengan judul diatas, maka kali ini kami akan membagikan tips cara mengatasi perut begah dengan cepat dan mudah untuk anda simak sebagai berikut.

Tips Cara Mengatasi Perut Begah

Cara Mengatasi Perut Begah

Jalan kaki ringan

Aktivitas fisik seperti jalan kaki ringan dapat membantu pergerakan usus untuk melepaskan kelebihan gas dari saluran pencernaan dimana cara ini sangat mudah untuk anda lakukan. Saat perut begah, anda bisa mencoba jalan kaki ringan di sekitar rumah sejenak untuk menghilangkan begah dengan cepat.

Minum obat penghilang begah

Penderita begah juga bisa minum obat penghilang begah untuk mengeluarkan penumpukan udara berlebihan di saluran pencernaan. Obat penghilang begah yang dijual bebas di apotek dan toko obat biasanya mengandung simetikon.

Baca juga  6+ Penyebab Sakit Kepala Bagian Belakang, Waspada dan Jangan Di Sepelekan!

Pijat perut

Cara mengatasi perut begah yang bisa dijajal di rumah lainnya yakni pijat perut. Caranya dengan menempatkan tangan di atas tulang pinggul kanan. Setelah itu, gosok perlahan dengan gerakan melingkar ke sisi kanan tulang rusuk.

Lanjutkan dengan mengurut pakai tekanan lembut di area perut bagian bawah ke atah tulang rusuk kiri. Baru, arahkan pijatan ke bawah menuju tulang pinggul kiri. Perlu diperhatikan, hentikan pijat perut jika metode ini membuat perut justru semakin sakit.

Yoga

Pose yoga seperti child pose, happy baby, dan gerakan squat dalam yoga dapat membantu mengatasi begah dengan cepat. Seperti jalan kaki, pose yoga di atas juga bisa menormalkan kembali posisi otot di perut sehingga tidak ada penumpukan gas berlebih di perut.

Mandi air hangat

Mandi air hangat dapat membantu mengatasi begah terkait stres. Metode sederhana ini bisa membuat pikiran rileks. Dengan begitu gangguan pencernaan karena stres bisa terkontrol atau dikendalikan.

Cukupi kebutuhan serat

Mencukupi kebutuhan serat alami seperti makan buah, sayur, dan biji-bijian juga dapat membantu mengatasi begah. Kurang serat bisa menyebabkan perut sembelit dan begah. Sebaliknya, konsumsi serat berlebihan juga bisa menyebabkan begah. Orang dewasa disarankan untuk makan serat 25 gram per hari untuk wanita dan 38 gram per hari untuk pria.

Jangan minum soda

Saat perut kembuh, hindari minum soda atau segala jenis minuman berkarbonasi. Jenis minuman ini mengandung karbon dioksida yang bisa menyebabkan perut begah dan gampang sendawa. Selain itu, kandungan gula dan pemanis buatan yang banyak terkandung dalam soda juga bisa menyebabkan perut begah. Demi menjaga kesehatan secara keseluruhan termasuk pencernaan, ganti rutinitas minum soda dengan minum air putih.

Baca juga  8 Gejala dan Tanda Cacar Monyet yang Perlu Diwaspadai

Mengurangi garam

Mengurangi asupan garam dan natrium juga dapat membantu mengatasi perut begah. Kelebihan natrium dan garam menyebabkan tubuh menahan air dan memicu perasaan kembung dan begah. Jika beragam cara mengatasi perut begah di atas sudah dicoba dan gangguan pencernaan ringan ini tidak kunjung sembuh, anda perlu bantuan dokter untuk menanggulangi masalah kesehatan ini. Dokter biasanya merekomendasikan obat dan prosedur medis untuk membantu menghilangkan begah.

Makan teratur dan tidak berlebihan

Banyak orang yang perutnya langsung begah setelah makan dengan porsi yang cukup banyak. Untuk menghindari gangguan pencernaan ini, coba makan teratur dengan porsi yang tidak berlebihan setiap hari.

Konsumsi probiotik

Mengkonsumsi asupan yang mengandung probiotik juga dapat membantu menyeimbangkan pertumbuhan bakteri penghasil gas di usus besar penyebab perut kembung. Beberapa makanan yang mengandung probiotik di antaranya yogurt, kefir, tempe, sampai kimchi.

Demikian informasi mengenai tips cara mengatasi perut begah dengan cepat dan mudah yang bisa menjadi referensi jika anda sering mendapati kondisi ini dan membuat anda menjadi tidak nyaman. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *