Begini Cara Mengatasi Pengunduhan Gagal di WhatsApp

Date:

Share post:

Apakah anda mengalami kendala pengunduhan yang gagal ketika anda ingin mendownload foto atau video di WA, maka jangan kuatir sebab kali ini kami akan membagikan cara mengatasi pengunduhan gagal di whatsapp.

Seperti yang kita ketahui bersama dimana WA memberikan fitur download konten yang dikirimkan di pesan chat baik itu berupa video maupun foto. Para pengguna WA pun dapat mengaturnya apakah menginginkan WA mendownload secara otomatis foto dan video maupun secara manual agar tidak menumpuk dan membuat penuh memori.

Bagi banyak pengguna WA, mengatur pengunduhan secara manual masih menjadi pilihan favorit agar bisa memilah konten mana saja yang ingin didownload sehingga tidak memenuhi memori. Hal ini karena bagi pengguna WA yang memiliki banyak grup, kadang banyak foto dan video yang mungkin tidak terlalu menarik sehingga dengan mengatur pengunduhan secara manual, pengguna bisa memilih konten mana saja yang akan didownload.

Namun kerap terjadi masalah pengunduhan yang gagal di whataspp yang membuat banyak pengguna WA yang mengalaminya menjadi bingung. Apalagi jika konten yang ingin didownload merupakan konten penting seperti file kerja, file tugas, atau foto dan video yang menarik.

Akan tetapi anda tidak perlu bingung lagi sebab saat ini kami akan membagikan cara mengatasi pengunduhan yang gagal di whatsapp untuk anda simak sebagai berikut.

Cara Mengatasi Pengunduhan Gagal di WhatsApp

Cara Mengatasi Pengunduhan Gagal di WhatsApp

Periksa koneksi internet

Sebagaimana yang telah diketahui, WhatsApp dijalankan dengan jaringan internet oleh pengguna. Dengan demikian, koneksi internet yang tidak stabil bisa membuat pengunduhan tidak berhasil. Untuk mengatasi masalah tersebut, anda disarankan untuk memeriksa koneksi internet, baik kuota data maupun jaringan Wi-Fi. Pengecekan tersebut dapat dilakukan di menu pengaturan.

Baca juga  Begini Cara Bayar IndiHome Berikut Sanksinya Jika 1 Hari Telat Bayar

Memeriksa memori penyimpanan HP

Saat hendak mengunduh file baru, beberapa HP memang akan menolak apabila sudah tidak tersedia ruang kosong. Maka apabila anda mengalami masalah pengunduhan di WhatsApp, bisa saja penyebabnya berasal dari memori penyimpanan HP yang telah penuh.

Maka dari itu, anda bisa bersihkan HP dari data atau file yang sudah tidak digunakan. Anda juga bisa membersihkan cache setiap aplikasi yang ada di HP.

Hapus data dan cache di WhatsApp

Aplikasi WhatsApp juga perlu dibersihkan cache dan datanya agar tidak mengonsumsi memori penyimpanan perangkat secara berlebihan. Dengan begitu, masalah pengunduhan dapat diatasi. Namun sebelum itu, anda perlu melakukan back up data jika ingin menyimpan data yang penting. Back up bisa dilaksanakan dengan menyambungkan WhatsApp dengan Google Drive.

Setelah anda telah melakukan backup, maka berikut ini adalah langkah-langkah menghapus data dan cache aplikasi WhatsApp.

  • Pertama, anda bisa masuk ke menu Settings yang ada di HP.
  • Lalu anda bisa pilih opsi App Management.
  • Kemudian anda bisa pilih opsi App List.
  • Pilih WhatsApp.
  • Lalu klik opsi Storage Usage.
  • Anda bisa klik tombol Clear Data.
  • Kemudian anda bisa klik tombol Clear Cache.

Update aplikasi WhatsApp

Bug bisa saja ditemukan di WhatsApp yang belum diperbarui. Hal ini akan mendorong gagalnya pengguna dalam melakukan pengunduhan file. Dalam hal ini, anda perlu melakukan update aplikasi. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Buka Google Play Store atau App Store.
  • Temukan WhatsApp. Anda bisa menggunakan kolom pencarian.
  • Jika sudah, buka.
  • Klik tombol Update.
  • Silahkan tunggu hingga proses meng-update selesai.

Demikian informasi mengenai cara mengatasi pengunduhan gagal di whatsapp. Semoga berguna dan bermanfaat.

Baca juga  Begini Cara Melacak HP iPhone yang Hilang dalam Keadaan Mati
Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

Panduan Cara Membeli Tangki Motor Custom Yang Baik dan Benar

Bagi anda yang berencana ingin membeli tangki motor custom, maka anda perlu mengetahui cara memilih yang baik dan...

Tips Membeli Sepatu Gunung Yang Nyaman dan Enak Dipakai Sesuai Medan

Apakah anda berencana membeli sepatu gunung untuk digunakan menghabiskan waktu dengan liburan hiking atau mendaki ke wisata gunung...

Cara Mengatasi Mata Belekan dan Penyebabnya

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara mengatasi mata belekan dan penyebabnya. Sebagai informasi, mata belekan merupakan kondisi...

Solusi Beli Rumah Murah Dengan Beli yang Lagi Disita

Apakah anda ingin mencari cara membeli rumah dengan harga yang lebih murah dengan lokasi seperti yang anda inginkan?...