Begini Cara Mengatasi Nyeri Dada Secara Alami dan Aman

0
cara mengatasi nyeri dada secara alami

Bagi anda yang mengalami kondisi nyeri pada dada yang membuat anda kuatir dan bingung, maka sebaiknya anda menyimak artikel yang kami bagikan kali ini tentang cara mengatasi nyeri dada secara alami dan aman.

Rasa sakit atau nyeri pada dada merupakan kondisi yang pastinya membuat anda kuatir bukan? dimana pada dada terdapat organ organ penting seperti jantung sehingga banyak orang yang mengalami sakit dada langsung berpikir akan serangan jantung.

Akan tetapi perlu anda ketahui dimana selain gejala serangan jantung, gejala ini juga bisa disebabkan oleh masalah lain, seperti masalah pencernaan, pernapasan, hingga masalah psikis jadi tidak memilu sekedar masalah jantung.

Sekedar informasi, nyeri atau sakit pada dada dapat bervariasi dalam intensitas, lokasi, dan durasinya. Tergantung pada penyebab nyeri dada Anda, keluhan ini bisa jadi terasa seperti nyeri tumpul atau nyeri tajam yang menusuk.

Dan sesuai dengan judul diatas, maka kali ini kami akan membagikan rekomendasi cara mengatasi nyeri pada dada secara alami dan aman untuk anda terapkan dengan bahan yang mudah anda dapatkan disekitar anda.

Cara Mengatasi Nyeri Dada Secara Alami dan Aman

cara mengatasi nyeri dada secara alami

Kompres dingin untuk nyeri otot

Ketegangan otot dada adalah penyebab umum nyeri dada. Jika anda mengalami nyeri dada karena ketegangan otot atau cedera, mengompres area dengan kompres dingin beberapa kali sehari diyakini dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan.

Penelitian menunjukkan bahwa menempelkan kompres dingin dapat membantu mengurangi nyeri dada dan dapat mengurangi kebutuhan akan obat pereda nyeri, seperti ibuprofen dan asetaminofen.

Baca juga  Cara Alami Mengatasi Jerawat Membandel di Hidung dengan Efektif

Soda kue untuk sakit heartburn

Banyak orang percaya bahwa soda kue (natrium bikarbonat) dapat memberikan bantuan untuk heartburn. Cara mengatasi nyeri dada sebagai heartburn dengan memanfaatkan soda kue cukup mudah.

Anda hanya perlu mencampurkan 1/2 sendok teh baking soda dengan 118 ml air hangat atau dingin dan minum. Soda kue dapat menetralkan asam dan dapat membantu mencegah heartburn setelah makan.

Studi menunjukkan bahwa soda kue efektif untuk mengurangi refluks asam lambung, tetapi mungkin memiliki efek buruk pada jantung. Jadi penting untuk menggunakan obat nyeri dada alami ini secara moderat. Selain itu, soda kue mengandung natrium. Jadi jangan coba bahan ini jika Anda sedang menjalani diet rendah natrium atau sodium.

Apabila anda sedang mengonsumsi obat resep atau memiliki kondisi kesehatan kronis, sebaiknya selalu bicaralah dengan dokter terlebih dulu sebelum menggunakan soda kue untuk mengatasi heartburn.

Selanjutnya, jika gejala heartburn anda tidak kunjung hilang lebih dari dua minggu, anda harus menemui dokter untuk dievaluasi untuk refluks yang rumit atau penyebab sekunder dari gejala tersebut.

Jahe untuk nyeri dada akibat masalah pencernaan

Apabila anda mengalami nyeri dada akibat masalah pencernaan, jahe diyakini dapat membantu meredakan keluhan berkat efek antiinflamasinya. Jahe sering digunakan sebagai obat rumahan untuk masalah lambung seperti gas, perut kembung, gastritis, ulkus, dan gangguan pencernaan.

Jahe mengandung senyawa yang dikatakan dapat meredakan iritasi pada saluran pencernaan dan mengurangi kontraksi lambung. Penelitian menunjukkan sifat antioksidan dalam jahe dapat berkontribusi pada efek gastroprotektif jahe.

Jahe juga dikenal dapat meredakan sakit perut dan mencegah mual dan muntah. Sekali lagi, jika gejala sakit perut atau nyeri dada Anda tidak kunjung hilang lebih dari dua minggu setelah mengonsumsi jahe, sebaiknya Anda segera menemui dokter. Dokter dapat mengevaluasi kondisi Anda apakah ada ulkus atau penyebab sekunder lainnya dari gejala tersebut.

Baca juga  7 Penyebab Sakit Punggung Bawah (Lowback Pain) dan solusi Cara Mengatasinya

Kunyit untuk peradangan

Peradangan dapat menyebabkan sejumlah masalah dalam tubuh dan berperan dalam banyak penyakit dan kondisi kronis, termasuk kondisi pencernaan. Kunyit diyakini dapat mengatasi nyeri dada yang berhubungan dengan peradangan.

Kurkumin, bahan aktif utama dalam kunyit dikenal dapat mengurangi peradangan dalam tubuh. Para ilmuwan melihat kurkumin sebagai pilihan terapi yang menjanjikan dalam mengobati dan mengelola kondisi gastrointestinal.

Penelitian menunjukkan senyawa yang ditemukan dalam kunyit mengurangi kolesterol dan dapat membantu mencegah penyakit jantung. Anda dapat mengonsumsi kunyit sebagai suplemen (tersedia tanpa resep), menjadikannya jamu, atau menggunakannya sebagai bumbu saat memasak.

Air lemon panas

Walaupun tidak ada penelitian yang mendukung, beberapa orang percaya sari lemon dapat merangsang pencernaan yang sehat. Sari lemon diyakini dapat membantu memecah makanan lebih efisien dan memudahkan sistem pencernaan untuk menyerap nutrisi dengan lebih baik.

Tapi di sisi lain, sari lemon atau jenis buah jeruk lainnya mungkin dapat memperburuk refluks asam lambung. Oleh sebab itu, sebelum mencoba obat nyeri dada alami ini, Anda perlu memastikan penyebab keluhan Anda.

Jika anda sudah memastikan penyebab nyeri dada Anda adalah nyeri gas, anda bisa mengambil sari lemon. Nyeri gas terjadi ketika gas terperangkap atau tidak bergerak dengan baik melalui sistem pencernaan.

Untuk mengatasi nyeri gas, anda bisa mencampurkan 1 sendok makan sari lemon segar dengan 236 ml air panas. Air campuran sari lemon ini sebaiknya diminum kira-kira 20 menit sebelum makan untuk membantu mencegah ketidaknyamanan gastrointestinal, seperti nyeri gas.

Demikian informasi mengenai cara mengatasi nyeri dada secara alami dan aman yang bisa anda terapkan. Sebagai catatan, cara dan tips diatas hanya berlaku untuk mengurangi nyeri dada ringan. Apabila serangan nyeri dada rutin datang menyerang atau tidak kunjung menurun, maka sebaiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis dengan cepat. Semoga berguna dan bermanfaat.

Baca juga  8+ Cara Mengobati Asam Lambung Naik Dengan Efektif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *