10+ Cara Mengatasi Migrain Secara Alami Tanpa Obat-obatan

Date:

Share post:

Apakah anda termasuk salah satu orang yang sering mengalami rasa sakit kepala atau migrain yang sangat mengganggu aktivitas anda? maka simak cara mengatasi migrain secara alami tanpa obat-obatan sehingga lebih sehat dan natural serta tidak membuat anda menjadi ketergantungan.

Sekedar informasi, migrain merupakan jenis sakit kepala yang terasa seperti berdenyut, dan umumnya hanya terjadi pada satu sisi kepala. Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab migrain. Kondisi ini pun termasuk penyakit saraf yang bisa memicu sederetan gejala seperti mual, muntah, dan terasa sensitif terhadap suara atau cahaya.

Serangan sakit kepala ini bisa berlangsung selama beberapa jam atau bahkan beberapa hari. Adapun serangan migrain biasanya pertama kali terjadi pada usia pubertas, yang bisa terasa lebih berat bila terjadi pada usia 35-45 tahun.

Penyebab migrain bisa disebabkan oleh banyak hal mulai dari perubahan hormon, pola gaya hidup tidak sehat, stress, dan lain sebagainya. Bahkan migrain juga bisa disebabkan karena efek samping dari penggunaan jenis obat tertentu.

Lalu bagaimana cara mengatasi migrain secara alami tanpa obat-obatan? Tenang sebab berikut beberapa hal yang bisa anda terapkan untuk mengurangi atau meredakan migrain yang kami kutip dari beberapa sumber sebagai berikut.

Cara Mengatasi Migrain Secara Alami Tanpa Obat-obatan

Cara Mengatasi Migrain

Jangan konsumsi makanan tertentu

Cara pertama untuk mengatasi migrain adalah dengan mengubah kebiasaan makan anda. Diet sangat penting untuk mencegah migrain. Sebaiknya hindari makanan dan minuman berikut yang dapat menyebabkan sakit kepala migrain.

Baca juga  9 Manfaat Jahe untuk Kesehatan Yang Perlu Anda Ketahui

Makanan yang mengandung nitrat, seperti hot dog, daging kalengan, bacon, dan sosis keju yang mengandung tyramine alami seperti feta, cheddar, dan parmesan

Alkohol, terutama anggur merah. Makanan yang mengandung monosodium glutamat (MSG), penguat rasa, makanan yang sangat dingin, seperti es krim atau es minuman, acar, kacang polong, buah kering, dan sejenisnya.

Oleskan minyak lavender pada kulit Anda

Minyak lavender dapat membantu mengatasi migrain. Menghirup minyak esensial lavender dapat meredakan rasa sakit. Minyak lavender dapat dihirup langsung atau dioleskan sedikit ke pelipis Anda. Sebuah studi tahun 2016 menemukan bahwa menggunakan minyak lavender selama 3 bulan dapat membantu mencegah penyakit.

Terapi ini diklaim dapat mengurangi frekuensi dan tingkat keparahan serangan migrain jika diambil sebelum serangan migrain dimulai.

Terapi Akupunktur

Selanjutnya adalah pengobatan akupuntur yang bisa menjadi metode pengobatan migrain. Akupuntur sendiri adalah proses menyuntikan jarum yang sangat tipis ke area tertentu untuk merangsang syaraf.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2020 menemukan bahwa orang yang memiliki riwayat sakit kepala migrain episodik lebih cenderung mengalami sakit kepala migrain jika akupunktur disertakan dengan perawatan biasa.

Frefew

Feverfew adalah ramuan berbunga yang menyerupai bunga aster yang digunakan sebagai obat tradisional untuk sakit kepala migrain. Meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan, ada beberapa bukti bahwa itu meredakan migrain.

Minyak peppermint harus dioleskan

Bahan kimia mentol minyak peppermint adalah salah satu metode untuk mengobati migrain.

Jahe

Jahe dikenal dapat meredakan rasa sakit yang disebabkan oleh banyak penyakit, termasuk migrain. Oleh karena itu, jahe memiliki manfaat penghilang rasa sakit untuk serangan migrain. Sebuah studi tahun 2020 menunjukkan bahwa jahe mungkin menjadi salah satu metode pengobatan migrain. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui seberapa efektif jahe untuk mengobati nyeri kepala yang terkait dengan migrain.

Baca juga  10 Manfaat Daun Sirih Cina Termasuk Mengobati Asam Urat dan Jerawat

Yoga

Yoga adalah metode berikutnya untuk mengatasi migrain. Sebuah studi di 2015 menemukan bahwa yoga dapat meredakan frekuensi, durasi, dan intensitas serangan migrain serta melepaskan ketegangan di area yang menyebabkan migrain. Selain itu, yoga dapat meningkatkan kesehatan pembuluh darah.

Makan makanan yang mengandung banyak magnesium

Magnesium juga dikaitkan dengan sakit kepala dan migrain. Magnesium dapat membantu mencegah migrain. Sebuah studi tahun 2021 menemukan bahwa 500 miligram magnesium oksida yang diminum dua kali sehari selama delapan minggu sama efektifnya dengan valproate sodium dalam mencegah migrain tanpa efek samping yang signifikan.

Magnesium dapat ditemukan dalam makanan seperti biji wijen, biji bunga matahari, mete, selai kacang, havermut, telur, dan susu.

Minum banyak air

Dehidrasi dilaporkan oleh sekitar sepertiga penderita migrain sebagai penyebab sakit kepala mereka, menurut American Migraine Foundation.

Untuk mengatasi migrain secara alami, minum banyak air sepanjang hari, terutama saat berolahraga dan saat cuaca panas.

Coba tidur dengan tenang

Penelitian dari 2016 menemukan bahwa kualitas tidur yang buruk dan frekuensi migrain yang tinggi berkorelasi. Hubungan antara tidur dan sakit kepala migrain masih belum sepenuhnya jelas.

Beberapa cara untuk meningkatkan kualitas tidur Anda adalah tidur pada waktu yang sama setiap malam, menghindari konsumsi kafein di sore hari, dan menghindari melakukan aktivitas yang berlebihan sebelum tidur.

Demikian informasi mengenai cara mengatasi migrain secara alami tanpa obat-obatan sehingga lebih sehat dan natural. Semoga berguna dan bermanfaat.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

Panduan Cara Membeli Tangki Motor Custom Yang Baik dan Benar

Bagi anda yang berencana ingin membeli tangki motor custom, maka anda perlu mengetahui cara memilih yang baik dan...

Tips Membeli Sepatu Gunung Yang Nyaman dan Enak Dipakai Sesuai Medan

Apakah anda berencana membeli sepatu gunung untuk digunakan menghabiskan waktu dengan liburan hiking atau mendaki ke wisata gunung...

Cara Mengatasi Mata Belekan dan Penyebabnya

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara mengatasi mata belekan dan penyebabnya. Sebagai informasi, mata belekan merupakan kondisi...

Solusi Beli Rumah Murah Dengan Beli yang Lagi Disita

Apakah anda ingin mencari cara membeli rumah dengan harga yang lebih murah dengan lokasi seperti yang anda inginkan?...