Cara Mengatasi Mengobati Sakit Dada Bagian Tengah Secara Alami dan Penyebabnya

0

Bagi anda yang mengalami kondisi sakit dada pada bagian tengah, maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini kami akan membagikan rekomendasi tips cara mengatasinya dan juga penyebabnya.

Tidak bisa dipungkiri dimana sakit pada bagian dada kerap kali menjadi hal yang banyak ditakuti banyak orang mengingat dada merupakan lokasi dimana organ vital seperti jantung berada.

Tidak heran apabila berbagai keluhan pada bagian dada biasa dihubungkan dengan ketakutan akan kondisi penyakit yang parah, termasuk bagi anda yang mengalami sakit dada pada bagian tengah.

Namun anda tidak perlu takut sebab tidak semuanya keluhan mengenai sakit dada merupakan penyakit kronis atau parah, sebab sakit dada juga bisa disebabkan oleh gerd, atau kelelahan. Adapun penyebab lainnya juga bisa berupa sebagai berikut.

Penyebab Sakit Dada Bagian Tengah

Cara Mengatasi Mengobati Sakit Dada Bagian Tengah

Gastroesophageal Reflux Disease (GERD)

GERD dianggap sebagai penyebab paling umum dari sakit dada bagian tengah. Setidaknya 50% hingga 60% kasus sakit dada bagian tengah disebabkan oleh GERD.

Kejang Otot Esofagus

Kejang otot esofagus merupakan kontraksi abnormal atau gangguan yang meremas kerongkongan penderita.

Achalasia

Gangguan satu ini merupakan kelainan langka ketika sfingter esofagus bagian bawah tidak dapat rileks ataupun terbuka untuk makanan yang masuk ke dalam perut sehingga menyebabkan makanan kembali ke kerongkongan.

Hipersensitivitas Esofagus

Merupakan gangguan sensorik ketika otot, saraf, dan reseptor dinding esofagus menjadi terlalu sensitif. Orang dengan hipersensitivitas esofagus mengalami ketegangan normal, perubahan tekanan, dan kandungan asam yang menyakitkan.

Baca juga  9 Cara Mengatasi Mata Perih, Jangan Asal Kucek!

Peradangan Kerongkongan

Peradangan kerongkongan diakibatkan oleh respons kekebalan tubuh terhadap infeksi, alergi makanan, atau penyakit ulkus peptikum.

Jaringan Esofagus Abnormal

Jaringan esofagus yang tidak normal menyebabkan penyempitan seperti cincin dan jaring.

Cara Mengatasi Sakit Dada Bagian Tengah Secara Alami

Perawatan Refluks Asam

Apabila sakit dada bagian tengah yang dialami berasal dari GERD, seperti penderita pada umumnya, perawatan yang dibutuhkan tergolong sederhana dan efektif. Proton-pump Inhibitors (PPI) merupakan obat yang paling sering digunakan untuk mengatasi GERD.

PPI mampu mengurangi jumlah asam lambung dari kelenjar dan memungkinkan kesembuhan maag hingga korosi asam. Dosis awal dari perawatan ini cukup tinggi, kemudian dilanjutkan dengan dosis rendah selama dua hingga empat bulan. Keefektifan PPI dalam mengobati GERD dan efek sampingnya mencapai 90%. Oleh karena itu, jika PPI tidak berhasil dalam menangani NCCP, kemungkinan besar sakit dada tersebut disebabkan oleh hal lain.

Selain penggunaan obat-obatan, GERD bisa juga diatasi dengan perubahan gaya hidup, misalnya kebiasaan makan. Namun, jika keduanya tidak berhasil, GERD dapat diatasi dengan perawatan bedah. Laparoscopic antireflux surgery (atau Nissen Fundoplication) adalah prosedur yang memperbaiki refluks asam dengan menciptakan mekanisme katup baru di bagian bawah kerongkongan. Hal ini dapat memperkuat sfingter esofagus bagian bawah sehingga makanan tidak akan kembali ke kerongkongan. Ada juga implantasi perangkat LINX, yaitu cincin magnet kecil yang cukup kuat untuk menjaga persimpangan antara lambung dan kerongkongan tetap tertutup.

Pain Blockers/Penghambat Sakit

Pengobatan yang paling umum dan efektif untuk sakit dada bagian tengah atau NCCP adalah obat penghambat rasa sakit. Antidepresan trisiklik (TCA) menjadi kelas obat yang digunakan pada umumnya dalam dosis yang lebih rendah. Namun, jika tubuh sulit mentoleransi TCA, kategori antidepresan lainnya dapat digunakan, seperti Selective Serotonin Reuptake Inhibitors (SSRI).

Baca juga  4 Jenis Obat Herbal Mengobati Sesak Nafas Disekitar Anda Untuk Pengobatan Alami

Terapi Emosional dan Perilaku

Perlu juga anda ketahui dimana sakit dada bagian tengah atau NCCP bisa juga berkaitan dengan depresi, kecemasan, dan stres. Oleh karena itu, psikoterapi dapat membantu penderita untuk mengatasi nyeri dada. Terapi perilaku kognitif mengajarkan penderita untuk mengubah atau menghilangkan pola pikir yang memicu stres dan kecemasan. Biofeedback, yaitu terapi pikiran-tubuh, berpotensi membantu tubuh penderita dalam merespons rangsangan tertentu, termasuk pikiran. Teknik manajemen stres di rumah seperti meditasi, olahraga, dan relaksasi juga dapat dilakukan.

Demikian informasi mengenai rekomendasi tips cara mengatasi sakit dada bagian tengah secara alami dan juga penyebabnya. Semoga berguna dan bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *