Cara Mengatasi Mata Belekan dan Penyebabnya

Date:

Share post:

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara mengatasi mata belekan dan penyebabnya.

Sebagai informasi, mata belekan merupakan kondisi di mana mata menghasilkan lendir berlebihan atau cairan kental yang dapat membuat mata terasa lengket atau berair. Gejala umum mata belekan meliputi mata merah, gatal, dan terasa berat.

Adapun kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari infeksi bakteri atau virus, reaksi alergi, iritasi, atau penyumbatan saluran air mata. Mata belekan dapat menjadi masalah yang mengganggu dan mempengaruhi kenyamanan serta fungsi penglihatan seseorang.

Untuk lebih lanjutnya, berikut kami bagikan beberapa faktor penyebab mata belekan yang bisa anda simak dibawah ini.

Penyebab Mata Belekan

Penyebab Mata Belekan

Infeksi

Pertama, penyebab dari mata belekan adalah adanya infeksi virus atau bakteri. Infeksi ini membuat mata menjadi merah, bengkak, nyeri, dan menimbulkan penumpukan kotoran mata atau belek.

Blefaritis

Penyebab mata belekan yang selanjutnya adalah blefaritis. Kondisi ini adalah suatu kondisi di mata terjadi peradangan pada kelopak mata. Gangguan blefaritis terjadi karena peradangan folikel rambut bulu mata. Selain itu, kondisi ini juga bisa disebabkan oleh kelenjar meibom yang memproduksi minyak dalam jumlah yang tidak normal.

Kondisi ini dapat menyebabkan keluarnya cairan berbusa dan pengerasan kelopak mata. Selain itu, ada juga nanah yang berwarna kuning atau hijau yang menyebabkan banyaknya kotoran mata.

Konjungtivitis

Konjungtivitis adalah salah satu penyebab mata belekan. Peradangan konjungtiva atau konjungtivitis in dapat menyebabkan mata untuk mengeluarkan cairan secara terus menerus. Seseorang yang mengidap kondisi ini akan merasakan gejala berupa keluarnya lendir berwarna hijau, putih atau kuning yang mengakibatkan munculnya banyak belek atau kotoran mata.

Baca juga  Cara Mengatasi Stress dan Kecemasan Berlebih

Kondisi ini tentu menimbulkan kondisi yang tidak nyaman dan membuat mata seolah-olah menempel dan sulit untuk dibuka.

Bintitan

Bintitan atau ada yang menyebutnya juga dengan istilah timbilan dapat menyebabkan penumpukan belek pada mata. Bintitan merupakan kondisi tersumbatnya kelenjar meibom yang berada di kelopak mata yang disebabkan oleh infeksi folikel bulu mata.

Bintitan akan menimbulkan benjolan kecil di sekitar mata yang akan disertai nanah dan membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Kondisi bintitan ini dapat menimbulkan penumpukan kotoran atau mata yang belekan.

Masuknya Benda Asing

Masuknya benda asing ke mata seperti debu atau pasir juga dapat menyebabkan belekan. Selain itu, belekan juga bisa disebabkan oleh cedera mata, misalnya ketika terkena benda tumpul atau bahan kimia.

Cedera atau masuknya benda asing ke dalam mata menyebabkan organ penglihatan mengeluarkan cairan encer. Hal inilah yang memicu timbulnya kotoran belek pada mata.

Penggunaan Lensa Kontak

Orang yang menggunakan lensa kontak biasanya dilandasi atas berbagai alasan. Mempermudah aktivitas membaca, membantu untuk melihat dengan jelas, dan menunjang penampilan adalah beberapa alasan umum yang melatarbelakangi seseorang menggunakan lensa kontak.

Walaupun memberikan banyak manfaat, penggunaan lensa kontak juga bisa menimbulkan infeksi yang menyebabkan kondisi belekan. Hal ini dipicu oleh kebiasaan mengucek mata saat menggunakan lensa kontak dapat membuat mata lebih mudah untuk terjadi iritasi.

Mata Kering

Produksi air mata yang kurang dapat menyebabkan mata kering. Air mata berfungsi sebagai pelumas pada mata, jika tidak bekerja dengan baik maka akan menimbulkan peradangan dan iritasi. Mata merah, sensasi terbakar, dan penglihatan yang kabur adalah gejala dari mata kering. Hal ini juga memicu keluarnya berbagai kotoran mata.

Baca juga  7 Cara Mengatasi Rambut Rontok Dan Penyebabnya

Cara Mengatasi Mata Belekan

Dalam banyak kasus, perawatan sederhana seperti membersihkan mata dengan air bersih atau menggunakan tetes mata bisa membantu mengurangi gejala dan mempercepat penyembuhan. Namun, jika gejala mata belekan berlanjut atau memburuk, konsultasikan dengan dokter mata untuk evaluasi dan perawatan lebih lanjut yang sesuai.

Bagi anda yang mengalami kondisi mata belekan, maka terdapat beberapa hal yang bisa anda lakukan sebagai pertolongan pertama yang bisa anda simak sebagai berikut.

  • Janganlah menyentuh mata anda yang terkena belekan dengan jari. Sebab, hal ini banyak kuman yang dapat menempel pada jari tangan sehingga dapat menular ke mata yang satunya atau orang lain.
  • Basuh kelopak mata dengan air hangat, baik dengan mata terbuka dan terpejam. Air hangat dapat melunakkan dempetan mata dan menghilangkan kotoran sisa yang masih menempel pada kelopak mata. Usapkanlah 3-4 kali sehari dengan durasi waktu 5 menit.
  • Bagi kaum perempuan, hindarilah pemakaian tata rias di daerah mata sampai dan dapat dipakaikan jika infeksinya benar-benar hilang.
  • Jika masih infeksi, hentikan penggunaan lensa kontak.

Apabila masih belum terjadi perubahan yang berarti, maka pergilah ke dokter atau anda dapat menggunakan obat tradisional yang telah diakui khasiatnya. Seperti misalnya, daun sirih segar empat lembar, dan digunakan untuk kompres mata.

Obat Alami Mengatasi Mata Belekan

Sebagai informasi, mata belekan juga terbukti bisa diatasi dengan beberapa bahan alami. Apa saja itu? simak sebagai berikut.

  • Bawang putih
  • Madu
  • Daun sirih
  • Air hangat
  • Patikan Kebo
  • Kentang
  • Mentimun
  • Air mawar
  • Susu
  • Tomat
  • Air Seledri
  • Bunga kamboja
  • Lidah buaya
  • Buah pir
  • Jus aneka buah
  • Terapi embun

Demikian informasi mengenai cara mengatasi mata belekan dan penyebabnya yang bisa menjadi referensi anda. Semoga berguna dan bermanfaat.

Baca juga  Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Habis Begadang dan Kurang Tidur
Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

6 Cara Efektif Redakan Sakit Perut dan Sembelit Dengan Mudah

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara efektif redakan sakit perut dan sembelit dengan mudah yang bisa...

6 Destinasi Tempat Agrowisata di Bali, Cocok Untuk Wisata Keluarga

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan destinasi tempat agrowisata di Bali yang cocok untuk liburan wisata keluarga...

Panduan Cerdas Investasi Emas Dengan Gaji Kecil

Bagi anda yang ingin berinvestasi emas tetapi berkecil hati karena gaji yang kecil, maka anda harus menyimak tips...

Panduan Cara Mengajukan Kredit Bangun Rumah ke Bank Dengan Mudah

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan panduan cara mengajukan kredit untuk membangun ruman impian anda ke bank...