6+ Cara Mengatasi Laptop Hang Atau Nge-Freeze Tanpa Matikan Langsung

Date:

Share post:

Apakah laptop anda sering ngehang, maka anda bisa menyimak cara mengatasi laptop hang atau nge-freeze tanpa matikan langsung.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama laptop yang nge-hang bisa menjadi masalah umum yang sering terjadi kepada para pengguna laptop atau pc dimana penyebabnya bisa terjadi karena beberapa hal seperti error pada software hingga masalah pada hardware.

Masalah ini bisa menjadi sangat menjengkelkan apalagi jika ditengah-tengah kesibukan di depan laptop yang harus segera diselesaikan dan memburu deadline tugas atau pekerjaan. Namun jangan kuatir sebab kali ini kami akan membagikan beberapa tips cara mengatasi laptop yang hang atau nge-freeze tanpa mematikan langsung untuk anda simak sebagai berikut.

Cara Mengatasi Laptop Hang

Cara Mengatasi Laptop Hang

Tidak menekan tombol apapun

Saat laptop tiba-tiba hang, kamu harus memberikannya waktu terlebih dahulu untuk menyelesaikan pemrosesan data. Pasalnya, laptop yang hang bisa saja terjadi karena kinerja CPU yang berat. Hal ini dapat disebabkan salah satunya lantaran adanya aplikasi yang mengonsumsi banyak RAM. Oleh sebab itu, diamkan laptop sekitar 15 menit atau sampai perangkat dapat kembali normal.

Restart laptop

Jika cara pertama masih belum bisa mengatasi permasalahan, anda bisa melakukan restart atau memulai ulang laptop. Restart memang kerap digunakan sebagai solusi saat menjumpai permasalahan pada perangkat yang digunakan. Caranya adalah dengan menekan tombol Win + Ctrl + Shift + B secara bersamaan. Kemudian, tunggu hingga laptop menyala kembali.

Nonaktifkan aplikasi yang berjalan di background

Saat laptop dinyalakan, biasanya akan ada sejumlah aplikasi yang secara otomatis terbuka. Padahal, ini bisa menjadi salah satu alasan laptop hang karena mengonsumsi kapasitas RAM yang terlalu banyak.

Baca juga  Begini Cara Download Aplikasi Berbayar Jadi Gratis di Android Tanpa Root

Maka dari itu, menonaktifkannya dengan menekan tombol Ctrl+Shift+Esc secara bersamaan adalah solusi jitu. Pada program yang statusnya not responding, klik tombol End Task. Anda juga bisa memanfaatkan tombol tersebut untuk menonaktifkan sumber daya dengan CPU dan RAM tinggi. Dengan demikian, anda dapat mengurangi beban kinerja laptop.

Memeriksa hardware

Saat semua cara di atas sudah dilakukan tapi laptop masih hang, anda bisa memeriksa perangkat kerasnya. Karena laptop hang bisa saja terjadi saat harddisk, kabel, atau bahkan kipas laptop bermasalah.

Uninstall aplikasi yang tidak digunakan

Apabila cara sebelumnya masih belum bisa mengatasi permasalahan, anda bisa mencopot aplikasi yang tidak digunakan di laptop karena aplikasi tersebut akan terus mengonsumsi memori perangkat walaupun tidak dipakai. Maka dari itu melakukan uninstall adalah solusinya. Anda bisa mengunduh aplikasi sejenis kembali jika diperlukan di kemudian hari.

Gunakan antivirus

Adanya malware atau virus bisa menjadi salah satu alasan laptop hang. Hal itu lantaran virus dapat mengganggu performa perangkat. Dengan demikian, anda harus mengunduh software antivirus untuk membersihkannya. Pastikan anda memakai antivirus dengan ukuran yang kecil agar tidak memberatkan laptop.

Demikian informasi mengenai cara mengatasi laptop hang atau nge-freeze tanpa matikan langsung dengan mudah sehingga laptop atau PC anda bisa kembali normal. Semoga berguna dan bermanfaat.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

Panduan Cara Membeli Tangki Motor Custom Yang Baik dan Benar

Bagi anda yang berencana ingin membeli tangki motor custom, maka anda perlu mengetahui cara memilih yang baik dan...

Tips Membeli Sepatu Gunung Yang Nyaman dan Enak Dipakai Sesuai Medan

Apakah anda berencana membeli sepatu gunung untuk digunakan menghabiskan waktu dengan liburan hiking atau mendaki ke wisata gunung...

Cara Mengatasi Mata Belekan dan Penyebabnya

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara mengatasi mata belekan dan penyebabnya. Sebagai informasi, mata belekan merupakan kondisi...

Solusi Beli Rumah Murah Dengan Beli yang Lagi Disita

Apakah anda ingin mencari cara membeli rumah dengan harga yang lebih murah dengan lokasi seperti yang anda inginkan?...