Cara Mengatasi Klakson Mobil Mati dan Penyebabnya

Date:

Share post:

Klakson mobil yang tiba-tiba tidak berfungsi pastinya akan membuat anda bingung bukan? walaupun hal ini tidak sevital seperti kerusakan mesin dan mobil masih bisa berjalan, tetapi anda akan kehilangan fungsi klakson untuk penanda atau pengingat kendaraan lainnya. Namun jangan kuatir, sebab anda bisa menyimak cara mengatasi klakson mobil mati dan penyebabnya pada artikel kami kali.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama, klakson mobil adalah fungsi mobil yang sudah sepatutnya bisa berfungsi normal untuk “mengingat” kan pengguna lain dijalan akan hal yang bisa berbahaya atau sebagai antisipasi sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Jadi bisa disimpulkan klakson sebagai alat “komunikasi” antara sesama pengguna jalan.

Sebut saja contohnya dimana tanpa klakson pengemudi akan kesulitan menyampaikan ekspresi saat mengemudi seperti saat ingin meminta prioritas ketika menyalip atau memberi peringatan kepada pengguna jalan lain ketika terlalu dekat dan sebagainya untuk mencegah kecelakaan. Maka dari itu wajar apabila ketika klakson tiba-tiba mati membuat anda menjadi panik. Namun jangan kuatir, sebab kali ini kami akan berbagi cara mengatasi klakson mobil dan penyebabnya yang bisa anda simak sebagai berikut.

Cara Mengatasi Klakson Mobil Mati dan Penyebabnya

Cara Mengatasi Klakson Mobil Mati

Masalah pada kabel

Perlu anda ketahui, penyebab klakson mobil mati yang paling utama dan sering terjadi adalah pad masalah kabel dimana persoalan kelistrikan mobil ini kerap terjadi dan bisa menimpa siapa saja. Umumnya, klakson bermasalah karena kabel yang mengalami korsleting, putus, berjamur, dan berkarat. Untuk mengatasi masalah ini, anda dapat melakukan pengetesan dengan melibatkan alat bernama test lamp.

Baca juga  5 Tips Memilih Hotel Untuk Keluarga di Bali Untuk Liburan Seru Bersama

Anda bisa menghubungkan alat dengan kabel klakson, lalu anda bisa menekan sakelarnya. Apabila lampu tes tidak menyala, itu berarti dapat dipastikaW kabel klakson mobil rusak. Anda dapat melakukan tes ini di bengkel terdekat.

Switch klakson rusak

Switch adalah komponen yang terletak pada tombol klakson dan terhubung dengan setir kendaraan. Bagian ini berfungsi sebagai penghubung tekanan yang diberikan pada tombol klakson ke sumber bunyi. Saat komponen tersebut macet, maka berapa kali pun anda menekan tombol klakson, tidak akan ada suara yang muncul. Sebab itu, perlu dilakukan pembongkaran pada bagian kemudi dan tombol klakson untuk memperbaiki bagian switch-nya.

Sekring putus

Sekring dalam instalasi klakson mobil berperan sebagai pengaman rangkaian listrik agar tidak kelebihan muatan. Bentuknya mirip dengan garpu berlapis plastik berwarna dan terletak di bagian dalam ruang mesin.

Setiap komponen di dalam sekring sangatlah krusial bagi keberlangsungan mobil. Jika satu saja kabel putus, maka seluruh sistem kelistrikan akan ikut bermasalah. Contohnya klakson mobil mati. Tindakan yang dapat anda ambil untuk memperbaikinya adalah menggantinya dengan komponen baru.

Relay klakson usang

Penyebab klakson mobil mati bisa juga karena relay kotor, usang, ataupun terkena air. Pada beberapa tipe kendaraan yang dilengkapi relay, fungsi komponen ini adalah sebagai penghubung antara arus listrik mobil dengan baterai.

Letaknya ada pada sistem kelistrikan mobil dan berperan penting dalam menghasilkan bunyi ketika tombol klakson ditekan. Bila relay telah usang, maka akan menyebabkan tidak akan maksimal dalam menghubungkan klakson dengan sumber listrik. Langkah penanganan yang dapat anda lakukan adalah mengganti baru baru sesuai rekomendasi pabrikan mobil.

Sakelar berkarat

Sakelar juga dapat menjadi penyebab klakson mobil mati. Biasanya hal tersebut diakibatkan kotoran yang menumpuk di dalamnya, karat pada lempengan tembaga saklar, atau masalah pada sistem kelistrikan lainnya. Apabila sakelar klakson sudah terganggu, maka bisa dipastikan tidak dapat berfungsi maksimal. Anda bisa langsung menghubungi dealer kendaraan untuk melakukan perbaikan mengingat prosesnya cukup rumit.

Baca juga  8+ Tempat Nongkrong di Jogja dengan Pemandangan Yang Instagramable

Mungkin cara ini tidak semua orang dapat melakukannya sendiri. Maka dari itu kenali kemampuan diri anda dan apbila anda tidak mengetahuinya, akan lebih bijak apabila anda langsung membawanya ke dealer untuk dilakukan pengecekan serta servis oleh montir berpengalaman.

Demikian informasi mengenai cara mengatasi klakson mobil mati dan penyebabnya. Semoga berguna dan bermanfaat bagi anda yang memilki masalah ketika klakson anda tiba-tiba tidak berfungsi.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

7 Tips Olahraga Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang merasa memiliki berat badan berlebihan, maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini...

Begini Tips Cara Aman Liburan dengan Kapal Laut

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips cara aman liburan dengan kapal laut yang bisa menjadi referensi...

5+ Rekomendasi Game Kapal Perang Seru di Android Terbaru

Bagi anda penggemar game bernunsa perang dan militer, maka pastinya anda tidak ingin melewatkan rekomendasi game kapal perang...

Panduan Cara Membeli Tangki Motor Custom Yang Baik dan Benar

Bagi anda yang berencana ingin membeli tangki motor custom, maka anda perlu mengetahui cara memilih yang baik dan...