Begini Cara Mengatasi Kecanduan HP Yang Sudah Parah

Date:

Share post:

Apakah anda atau keluarga terdekat anda merasakan kecanduan HP yang sudah tidak normal? Maka begini cara mengatasi kecanduan HP yang sudah parah untuk anda simak sebagai berikut.

Bukan rahasia lagi apabila di era teknologi digital seperti saat ini dimana berbagai kemudahan teknologi bisa langsung dirasakan di HP yang digenggam sehari-hari. Hal tersebut tentunya tidak pernah terbayangkan sebelum akan terjadi secepat ini dan telah terjadi saat ini.

Sebut saja apabila dulu untuk berbicara langsung dengan video hanya merupakan mimpi atau sekedar teknologi yang digunakan di film fiksi masa depan, tetapi saat ini semua pemilik HP bisa melakukan panggilan video call dengan mudah. Atau sebut saja para gamer dimana dulu bermain game hanya bisa dilakukan di konsol game atau PC, tetapi kini ribuan judul game pun bisa dimainkan langsung di HP dan bahkan kualitasnya tidak kalah dengan game di konsol game. Dan masih banyak contoh lainnya yang teknologi tawarkan dan bisa langsung digunakan di HP.

Maka dari itu tidak heran apabila banyak pengguna HP yang menjadi “kecanduan” bermain HP dan tidak bisa melewatkan hpnya walaupun sebentar saja yang mana hal tersebut bisa membuat mental health menjadi negatif dan juga mempengaruhi jiwa sosial pecandunya.

Namun jangan kuatir, sebab kali ini kami akan membagikan cara mengatasi kecanduan HP yang sudah parah untuk anda simak sebagai berikut.

Cara Mengatasi Kecanduan HP Yang Sudah Parah

Cara Mengatasi Kecanduan HP

Hindari penggunaan gadget saat sedang berjalan atau berkendara

Jangan menggunakan gadget saat sedang berjalan, apalagi saat mengoperasikan kendaraan bermotor. Hal ini dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain. Tepikan kendaraan dan berhentilah sejenak jika anda merasa ada notifikasi penting.

Atur dan batasi waktu penggunaan gadget

Untuk mencegah kecanduan, anda bisa membatasi penggunaan gadget, misalnya maksimal tiga jam sehari. Jika pekerjaan mengharuskan anda untuk menggunakan gadget, maka anda bisa mencoba mencari aktivitas lain yang tidak mengunakan gadget setelah selesai bekerja.

Jangan menggunakan gadget saat sedang bersama orang lain

Lakukan komunikasi secara langsung agar anda dan lawan bicara dapat fokus berbincang.

Tentukan area bebas gadget, dengan begini anda bisa mencegah kecanduan

Untuk melakukannya anda hanya perlu komitmen dengan peraturan kepada diri sendiri, misalnya tidak menggunakan gadget ketika berada di kamar mandi, dapur, atau kamar tidur. Selain itu, anda juga bisa mengganti waktu penggunaan gadget dengan aktivitas yang lebih sehat, misalnya berolahraga atau membaca buku. Hindari pula bermain gadget ketika akan tidur.

Akibat Kecanduan Gadget

Seperti yang kami sebutkan diatas, dampak kecanduan gadget cukup beragam, bahkan tidak hanya dirasakan secara fisik, tetapi juga berpengaruh pada mental. Apa saja itu? simak sebagai berikut.

Dampak secara Fisik

  • Masalah pada mata. Beberapa masalah mata yang sering dialami pecandu gadget adalah mata lelah, gangguan penglihatan, dan mata kering.
  • Nyeri di tubuh tertentu. Sering menggunakan gadget dapat menyebabkan seseorang rentan mengalami nyeri leher, bahu, dan nyeri pada jari-jari atau pergelangan tangan.
  • Infeksi. Perlu diketahui bahwa layar gadget merupakan sarang kuman, salah satunya bakteri E.coli penyebab diare. Sehingga, sering bersentuhan dengan gadget dapat meningkatkan risiko terkena infeksi berbagai bakteri.
  • Penurunan kualitas tidur. Pecandu gadget cenderung rutin begadang dan menghabiskan wakti di HP, sehingga waktu dan kualitas tidurnya berkurang. Gangguan tidur seperti ini dapat meningkatkan risiko obesitas, diabetes, penyakit jantung, hingga infertilitas.
Baca juga  Begini Pertolongan Pertama saat Mimisan, Jangan Melihat Ke Atas!

Dampak secara Mental

  • Menjadi lebih mudah marah dan panik.
  • Stres berlebihan.
  • Sering merasa kesepian karena kurang bersosialisasi dengan orang lain.
  • Meningkatkan risiko gangguan cemas dan depresi.
  • Sulit berkonsentrasi saat belajar atau bekerja.
  • Cenderung lebih mudah mengalami masalah dalam hubungan sosial, baik dengan keluarga, teman, rekan kerja atau pasangan.

Demikian informasi mengenai cara mengatasi kecanduan HP yang sudah parah sehingga anda bisa menggunakan HP dengan lebih bijak dan tidak merugikan diri anda sendiri dan orang lain disekitar anda. Semoga berguna dan bermanfaat.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

7 Tips Olahraga Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang merasa memiliki berat badan berlebihan, maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini...

Begini Tips Cara Aman Liburan dengan Kapal Laut

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips cara aman liburan dengan kapal laut yang bisa menjadi referensi...

5+ Rekomendasi Game Kapal Perang Seru di Android Terbaru

Bagi anda penggemar game bernunsa perang dan militer, maka pastinya anda tidak ingin melewatkan rekomendasi game kapal perang...

Panduan Cara Membeli Tangki Motor Custom Yang Baik dan Benar

Bagi anda yang berencana ingin membeli tangki motor custom, maka anda perlu mengetahui cara memilih yang baik dan...