12+ Cara Mengatasi Hidung Tersumbat, Mudah dan Praktis

Date:

Share post:

Apakah mengalami masalah hidung yang tersumbat dan bisa mengganggu urusan dan kerjaan anda. Maka jangan lewatkan tips cara mengatasi hidung tersumbat yang mudah dan praktis untuk anda simak dibawah ini.

Hidung tersumbat merupakan masalah kesehatan yang kerap dialami banyak orang. Walaupun terkesan sepele, tetapi mengalami masalah hidung tersumbat bisa memberikan gangguan pada aktivitas anda sekaligus rasa tidak nyaman ketika melakukan sesuatu.

Pada umumnya hidung tersumbat terjadi karena sesuatu yang membuat iritasi jaringan yang melapisi area hidung. Sehingga iritasi tersebut bisa menyebabkan peradangan, pembengkakan, hingga terjadi produksi lendir meningkat. Masalah ini pun akan memberikan dampak kesulitan untuk menghirup udara melalui hidung dikarenakan adanya penyumbatan.

Apabila anda mengalami masalah hidung tersumbat maka sudah sewajibnya anda tidak menyepelekannya sebab apabila anda tidak segera mengatasinya maka hidung yang tersumbat akan bisa memberikan dampak yang lebih buruk. Maka dari itu kali ini akan memberikan ulasan bagaimana cara untuk mengatasi hidung tersumbat yang bisa anda simak sebagai berikut.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Secara Alami

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Mandi Air Hangat

Perlu anda ketahui bahwa mandi menggunakan air hangat adalah salah satu cara untuk mengatasi masalah hidung tersumbat. Hal dikarenakan uap dari air hangat mampu mengencerkan lendir hidung. Dengan begitu, lendir tersebut dapat keluar dari hidung dengan mudah. Mandi dengan air hangat juga dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks.

Perbanyak Minum Air Putih Hangat

Meminum air putih hangat juga dapat menjadi terapi non farmakologis yang dipercaya mampu melancarkan nafas dan mengencerkan cairan lendir pada hidung yang tersumbat. Mengkonsumsi air putih hangat ini dapat meredakan peradangan di bagian jaringan hidup. Selain itu, air hangat juga juga berguna untuk melembabkan area tenggorokan serta mengatasi dehidrasi dan kekurangan cairan tubuh.

Baca juga  Begini Cara Mengatasi Kaki Terus Keringat Dingin Dan Penyebabnya

Membilas Hidung dengan Air Garam

Cara lain yang juga dapat digunakan adalah dengan membilas hidung tersumbat dengan air garam. Cara ini dapat membantu menghilangkan virus dan bakteri di dalam hidung. Anda bisa melakukan cara ini sendiri di rumah. Anda bisa gunakan tiga sendok teh garam dan tambahkan satu sendok teh baking soda. Kemudian tambahkan air hangat sebanyak 230 ml dan aduk kedua bahan tersebut hingga larutan merata.

Selanjutnya masukkan larutan itu ke dalam syringe atau nite pot. Lalu sempotkan pada salah satu bagian lubang hidung. Biarkan beberapa saat hingga larutannya mengalir keluar dari lubang hidung lainnya. Agar hasilnya maksimal gunakan metode ini 1-2 kali dalam sehari.

Perlu diketahui juga selama penyemprotan larutan pada bagian lubang hidung, anda bisa menggunakan mulut untuk bernapas beberapa saat.

Menghirup Uap Hangat

Biasanya hidung tersumbat menyebabkan masalah lain seperti sakit kepala. Hal ini membuat sebagian orang akhirnya malas untuk mandi. Nah jika begitu, detikers mengatasi masalah hidung tersumbat dengan menghirup uap air hangat menggunakan humidifier. Isi humidifier dengan air hangat kemudian nikmati uapnya di ruangan yang tertutup.

Selanjutnya, anda juga dapat menghirup uap hangat dari olahan teh. Sambil menikmati teh hangat, uapnya akan masuk ke saluran hidung. Hal itu mampu membuat lendir pada hidung lebih mudah untuk keluar.

Konsumsi Minuman Jahe Hangat

Minuman Jahe bermanfaat untuk melemaskan dan merelaksasi otot pada saluran pernapasan. Termasuk bagian pada saluran hidung. Sehingga mengkonsumsi minuman jahe dapat melegakan pernafasan dan meredakan lendir pada bagian hidung yang tersumbat. Selain itu, jahe bermanfaat untuk menguatkan daya tahan tubuh juga dapat meredakan penyakit batuk-batuk.

Baca juga  6 Penyebab Kaki Sakit pada Malam Hari, Begini Penjelasan dan Solusinya

Konsumsi Madu

Madu dikenal dengan segudang manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Pasalnya madu memiliki sifat antimikroba alami yang mampu melawan bakteri penyebab penyakit, salah satunya ialah bakteri dan virus penyebab flu. Seperti diketahui jika terkena flu dampaknya menyebabkan saluran hidung menjadi tersumbat. Oleh karena itu, konsumsi madu dapat membantu meredakan dan mengatasi masalah tersebut.

Tidur Menggunakan Double Bantal

Masalah hidung tersumbat akan membuat waktu tidur menjadi terganggu. Nah, solusinya adalah gunakan double bantal yang sekiranya dapat membantu meringankan masalah saluran hidung tersumbat. Cara ini juga dapat menjaga area kepala tetap miring, sehingga membuat aktivitas bernapas lebih mudah. Sebab saat terkena masalah hidung tersumbat akan menghambat aktivitas bernapas.

Konsumsi Makanan Pedas

Cara ini hanya bisa dilakukan bagi detikers yang bisa mengkonsumsi makanan dengan citarasa pedas. Mengkonsumsi makanan pedas terbukti efektif untuk melancarkan lendir pada hidung sehingga lendernya lebih mudah untuk keluar.

Bahkan makanan dengan citarasa pedas dapat melebarkan pori-pori sehingga penyumbatan pada hidung bisa sedikit lebih terbuka. Selain itu, makanan pedas mampu meringankan masalah sinus yang menjadi salah satu penyebab hidung tersumbat.

Istirahat yang Cukup

Ketika masalah hidung tersumbat semakin parah, ada baiknya untuk mengurangi aktivitas sehari-hari. Kemudian gunakan lebih banyak waktu untuk beristirahat. Hal ini dilakukan karena masalah hidung tersumbat dapat mempengaruhi daya tahan tubuh menjadi lebih lemah. Oleh sebab itu, dengan beristirahat yang cukup daya tahan tubuh tetap terjaga.

Obat untuk Mengatasi Hidung Tersumbat

Bagi anda yang merasa lebih nyaman dan yakin untuk mengkonsumsi obat untuk mengobati hidung yang tersumbar, simak rekomendasi obat yang dapat anda gunakan sebagai berikut.

Obat Oles dan Hirup Mentol

Obat oles yang mengandung mentol dapat menjadi pilihan untuk mengatasi hidung tersumbat. Dengan menggunakan obat oles mentol pada bagian hidung yang tersumbat dapat memberikan sensasi dingin. Sehingga hal ini mampu melegakan dan memperluas aliran pernapasan pada hidung yang tersumbat.

Baca juga  Penyebab Sakit kepala Sebelah kanan Cenat-Cenut

Tidak hanya berbentuk obat oles, kandungan mentol juga dapat dijumpai dalam bentuk obat hirup khusus untuk hidung tersumbat. Cara menggunakan keduanya pun sangat mudah. Untuk obat oles cukup dengan mengoleskannya pada bagian bawah hidung, kemudian hirup aroma mentholnya. Selanjutnya untuk obat hirup cukup letakkan obatnya langsung di bawah lubang hidung, lalu hirup mentholnya.

Obat Pereda Nyeri

Mengalami masalah hidung tersumbat dapat mempengaruhi organ tubuh lain. Sebut saja rasa sakit pada bagian kepala dan wajah. Nah, dengan Mengkonsumsi obat pereda nyeri dapat meredakan rasa sakit pada wajah dan kepala saat hidung tersumbat.

Terdapat beberapa jenis pilihan obat pereda nyeri yang dapat dikonsumsi bila hidung sedang tersumbat. Misalnya saja paracetamol dan ibuprofen. Meski begitu, obat ini tak akan langsung menyembuhkan masalah hidung tersumbat.

Obat Golongan Dekongestan

Mengkonsumsi obat yang mengandung dekongestan mampu mengurangi penyumbatan pada area hidung yang terjadi akibat pembengkakan. Kandungan dekongestan pada obat bermanfaat melancar lender untuk keluar dari hidung.

Biasanya obat ini tersedia dalam bentuk tablet hingga berupa obat semprot hidung. Bila ingin menggunakan obat ini lakukan konsultasi atau minta saran terlebih dahulu kepada dokter.
Penyebab Hidung Tersumbat. Kebanyakan orang mengklaim bahwa masalah hidung tersumbat disebabkan oleh flu dan pilek. Namun bisa saja masalah hidung tersebut disebabkan oleh faktor lain.

Obat yang Mengandung Antihistamin

Apabila hidung tersumbat dikarenakan oleh masalah alergi, maka anda bisa memilih berupa obat antihistamin. Obat ini diklaim mampu menghentikan zat histamin yang diproduksi dalam tubuh saat alergi muncul.

Untuk itu, tersedia beberapa pilihan obat yang mengandung antihistamin seperti cetirizine, loratadine, chlorpheniramine, atau diphenhydramine. Kendati demikian, obat ini memiliki efek samping berupa rasa ngantuk.

Demikian informasi mengenai tips cara mengatasi hidung tersumbat yang mudah dan praktis untuk anda terapkan agar anda bisa kembali normal menjalankan rutinitas dan aktivitas anda tanpa harus bergulat dengan masalah hidung yang tersumbat. Semoga berguna dan bermanfaat.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

6 Cara Efektif Redakan Sakit Perut dan Sembelit Dengan Mudah

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara efektif redakan sakit perut dan sembelit dengan mudah yang bisa...

6 Destinasi Tempat Agrowisata di Bali, Cocok Untuk Wisata Keluarga

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan destinasi tempat agrowisata di Bali yang cocok untuk liburan wisata keluarga...

Panduan Cerdas Investasi Emas Dengan Gaji Kecil

Bagi anda yang ingin berinvestasi emas tetapi berkecil hati karena gaji yang kecil, maka anda harus menyimak tips...

Panduan Cara Mengajukan Kredit Bangun Rumah ke Bank Dengan Mudah

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan panduan cara mengajukan kredit untuk membangun ruman impian anda ke bank...