6+ Cara Mengatasi Bibir Kering Yang Bisa Membuat Rasa Tidak Percaya Diri

Date:

Share post:

Bagian bibir adalah salah objek di wajah yang akan menjadi perhatian lawan bicara, maka dari itu ketika anda mengalami masalah bibir pecah akan bisa membuat rasa tidak percaya diri. Tapi jangan kuatir, begini cara mengatasi bibir kering yang bisa anda simak beberapa tipsnya pada artikel kami kali ini.

Sekedar informasi, kulit bibir sangat sensitif karena memiliki kerapatan sarafnya yang tinggi dan membuatnya sangat mudah terasa apabila terdapat hal yang tidak normal seperti lecet, atau bibir kering. Hal tersebut disebabkan karena kulit bibir lebih tipis daripada kulit di banyak bagian tubuh lainnya, sehingga rentan terhadap cedera. Maka dari itu, bibir anda memerlukan perawatan dan perlindungan yang rutin agar tetap lembut dan lembap secara permanen.

Masalah bibir kering merupakan masalah umum yang kerap dialami banyak orang dimana ada orang yang mengacuhkannya saja dan ada juga yang mencari solusi cara mengatasi bibir pecah dengan segera karena akan bisa membuat rasa percaya diri yang berkurang ketika akan bertemu orang lain baik itu untuk kebutuhan personal, urusan kerjaan maupun untuk urusan bisnis.

Adapun bibir kering biasanya disebabkan oleh paparan sinar matahari dalam waktu yang terlalu lama, dehidrasi, defisiensi vitamin, serta efek samping obat-obatan tertentu dan beberapa alasan lainnya. Namun apapun alasannya, kali ini kami akan membagikan solusi cara mengatasi bibir kering yang mudah dan aman menggunakan bahan alami yang bisa anda terapkan sebagai berikut.

6 Cara Efektif Mengatasi Bibir Kering Dengan Bahan Alami

Cara Mengatasi Bibir Kering

Perbanyak Minum Air

Perlu anda ketahui ketika anda bekerja di bawah terik matahari dan kurang minum air, maka jumlah cairan di dalam tubuh akan ikut berkurang sehingga memicu terjadinya dehidrasi. Salah satu tanda dari kondisi medis ini yaitu lemas, pusing, dan bibir kering dan pecah-pecah. Untuk mengatasinya, anda harus segera mencukupi kebutuhan cairan tersebut dengan minum air putih atau air yang mengandung isotonik.

Baca juga  10 Penyebab Tenggorokan Sakit Saat Menelan Serta Cara Mengatasinya

Mengoleskan Madu

Madu merupakan obat bibir alami yang juga efektif dalam melindungi bibir pecah-pecah dari infeksi sekaligus mengambalikan kelembapannya. Tidak hanya itu, madu juga berfungsi sebagai eksfoliator karena mampu mengangkat sel-sel kulit mati di bibir. Cara penggunaanya pun sangat mudah dimana anda cukup mengoleskan madu utuh pada bibir atau membuatnya menjadi scrub dengan mencampurkan madu dengan gula pasir lalu gosokkan ke bibir secara perlahan.

Mengoleskan Minyak Zaitun

Minyak zaitun atau Olive oil memiliki kandungan squalene dan vitamin E yang bermanfaat dalam mengatasi bibir kering. Pasalnya kandungan squalene ini dapat mengembalikan kelembapan kulit, sedangkan vitamin E akan meningkatkan kemampuan kulit dalam menyerap dan menahan air.

Mengoleskan Minyak Kelapa

Berbeda dengan minyak sawit, minyak kelapa atau VCO ini mampu memberikan kelembapan serta membuat bibir terasa lembut. Selain itu minyak kelapa juga mampu meningkatkan skin barrier guna melindungi bibir dari paparan sinar matahari yang bisa membuat bibir menjadi kering.

Penggunaannya pun terbilang mudah dimana anda cukup mengoleskan minyak kelapa secara langsung atau dengan bantuan cotton bun kapanpun bibir anda mulai terasa kering.

Mengoleskan Gel Lidah Buaya

Kemampuan gel lidah buaya untuk menjaga kesehatan kulit memang sudah sangat populer dan tidak perlu diragukan lagi, termasuk dalam mengatasi masalah bibir kering. Sebab, gel lidah buaya memiliki enzim bradykinin yang dapat menenangkan gejala iritasi pada bibir.

Untuk mendapatkan manfaat ini, belah lidah buaya menjadi 2 bagian dan kerok gelnya. Kemudian, simpan dalam wadah dan oleskan gel ke bibir sesuai kebutuhan. Selain mencerahkan kulit, vitamin E juga mampu mengatasi bibir kering yang mengganggu. Sebab, vitamin E dapat mengembalikan kelembapan bibir serta mempercepat regenerasi kulit.

Baca juga  4 Jenis Obat Herbal Mengobati Sesak Nafas Disekitar Anda Untuk Pengobatan Alami

Untuk menggunakannya sebagai pelembap bibir alami, anda bisa mencampurkan minyak vitamin E dengan minyak almond atau minyak kelapa, kemudian mengoleskannya ke bibir untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Demikian informasi mengenai cara mengatasi bibir kering yang dapat mengurangi rasa percaya diri anda. Semua cara diatas bisa anda terapkan dengan mudah menggunakan bahan alami dan mudah anda dapatkan dari bahan-bahan disekitar anda. Semoga berguna dan bermanfaat.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

7 Tips Olahraga Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang merasa memiliki berat badan berlebihan, maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini...

Begini Tips Cara Aman Liburan dengan Kapal Laut

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips cara aman liburan dengan kapal laut yang bisa menjadi referensi...

5+ Rekomendasi Game Kapal Perang Seru di Android Terbaru

Bagi anda penggemar game bernunsa perang dan militer, maka pastinya anda tidak ingin melewatkan rekomendasi game kapal perang...

Panduan Cara Membeli Tangki Motor Custom Yang Baik dan Benar

Bagi anda yang berencana ingin membeli tangki motor custom, maka anda perlu mengetahui cara memilih yang baik dan...