Cara Mengatasi Batuk Pada Anak Dengan Bahan Alami Tanpa Obat Batuk

Date:

Share post:

Wajar apabila anda sebagai orang tua merasa kuatir apabila anak terserang penyakit seperti batuk dimana sang anak akan terlihat merasa “tersiksa”. Begini cara mengatasi batuk pada anak dengan bahan alami tanpa obat.

Apabila anak mengalami batuk, perlu anda ketahui bahwa batuk adalah proses alami tubuh sebagai respon terhadap benda asing yang masuk ke dalam sistem pernapasan, sebut saja contohnya seperti debu, polusi, atau alergen alias zat pemicu alergi. Dan pada saat hal tersebut terjadi, maka otak mengirim sinyal melalui saraf tulang belakang yang kemudian sampai ke otot-otot di dada dan perut. Sinyal yang diterima kemudian membuat otot-otot tersebut mengalami kontraksi.

Jadi dengan demikian, batuk yang anak alami adalah saat dimana anak tidak sengaja memasukkan atau menghirup zat asing. Namun selain itu, batuk juga bisa menjadi gejala dari penyakit tertentu seperti saat sedang flu dan kondisi tubuh anak sedang menurun. Apabila dilihat dari penyebabnya, maka batuk dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu batuk berdahak dan batuk tidak berdahak alias batuk kering.

Mendengar anak kesayangan batuk pastinya akan membuat anda memutar otak untuk mencarikan solusi tercepat untuk mengatasi batuk yang diderita anak dimana salah satu solusi tercepat adalah dengan mencarikan obat yang khusus bermanfaat untuk meredakan batuk. Tapi tahukah bahwa terdapat cara meredakan batuk anak tanpa menggunakan obat batuk dengan hanya menggunakan bahan alami yang mudah untuk ditemukan di sekitar anda.

Bagi anda yang ingin menerapkan meredakan batuk anak tanpa menggunakan obat, maka berikut bahan alami yang bisa anda gunakan untuk mengatasi batuk anak yang bisa anda simak dibawah ini.

Cara Mengatasi Batuk Pada Anak Dengan Bahan Alami

Cara Mengatasi Batuk Pada Anak

Uap Bawang

Cara alami pertama untuk meredakan batuk anak tanpa obat adalah dengan memanfaatkan bawang merah. Anda bisa memanfaatkan bawang merah untuk obat batuk dengan cara mengiris bawang menjadi beberapa bagian, kemudian tempatkan irisan bawang di samping tempat tidur sang anak dengan tujuan agar anak bisa menghirup uap yang keluar dari irisan bawang. Uap atau aroma dari bawang merah yang diiris disebut bisa membantu meredakan batuk yang menyerang.

Campuran Madu

Madu adalah bahan alami yang dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan termasuk bisa anda gunakan untuk meredakan batuk anak. Anda bisa membuat ramuan untuk mengatasi batuk Si Kecil dengan membuat minuman dari campuran madu. Caranya pun sangat mudah, dimana anda bisa mencampurkan 2 sendok teh madu dengan air hangat. Lalu aduk campuran tersebut, kemudian tambah perasan lemon yang kaya akan kandungan vitamin C. Namun perlu diingat, minuman ini sebaiknya hanya diberikan pada bayi di atas usia 1 tahun.

Minuman Jahe

Minuma jahe bisa juga anda terapkan untuk terapkan untuk meredakan batuk pada anak. Anda bisa mencoba untuk memilih jahe terbaik, lalu iris tipis. Setelah itu, seduh irisan jahe dalam segelas air panas, lalu diamkan selama beberapa menit. Berikan minuman jahe pada anak sebagai obat batuk alami. Tidak hanya mengatasi batuk, seduhan jahe juga bisa membantu mengatasi sakit tenggorokan dan mual yang menyertai gejala batuk.

Kumur Air Garam

Dan cara terakhir mengatasi batuk pada anak adalah dengan memanfaatkan air garam yang cocok anda terapkan apabila anak mengalami batuk yang disertai dengan rasa gatal pada tenggorokan. Adapun cara menerapkan air garam sebagai pengobatan alami adalah dengan mencampurkan setengah sendok teh garam ke dalam 240 mililiter air hangat, kemudian digunakan untuk berkumur.

Baca juga  Apa itu Princess Syndrome? Begini Penjelasan dan Pengaruhnya untuk Kesehatan Mental

Dampingi sang anak ketika mengumur air garam dan pastikan agar cairan garam tersebut tidak ditelan oleh anak. Namun bagi anda yang memiliki anak umur dibawah 6 tahun, maka tidak disarankan untuk menggunakan cara ini.

Sebagai catatan dimana mengobati anak batuk dengan bahan alami mungkin akan memberi dampak yang berbeda antara satu anak dengan yang lainnya, yang tergantung pada kondisi tubuh dan tingkat keparahan batuk. Namun obat batuk alami pun hanya merupakan pertolongan pertama pada batuk ringan apabila anda tidak memiliki stok obat tersedia dirumah atau bagi anda yang lebih mengutaman pengobatan alami daripada menggunakan obat-obatan.

Demikian informasi mengenai cara mengatasi batuk pada anak dengan bahan alami tanpa obat, semoga berguna dan bermanfaat.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

7 Tips Olahraga Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang merasa memiliki berat badan berlebihan, maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini...

Begini Tips Cara Aman Liburan dengan Kapal Laut

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips cara aman liburan dengan kapal laut yang bisa menjadi referensi...

5+ Rekomendasi Game Kapal Perang Seru di Android Terbaru

Bagi anda penggemar game bernunsa perang dan militer, maka pastinya anda tidak ingin melewatkan rekomendasi game kapal perang...

Panduan Cara Membeli Tangki Motor Custom Yang Baik dan Benar

Bagi anda yang berencana ingin membeli tangki motor custom, maka anda perlu mengetahui cara memilih yang baik dan...