7 Cara Jitu Mengatasi Batuk Kering yang Membandel

0

Batuk kering yang membandel pastinya bisa menjadi pengalaman yang tidak mengenakkan bagi siapapun yang mengalaminya. Dan pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara efektif mengatasi batuk kering yang membandel untuk anda coba.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama dimana batuk merupakan salah satu gejala atau sakit yang umum dialami banyak orang dimana batuk tidak mengenal umur penderitanya dan bisa dialami mulai dari balita, anak-anak, hingga orang dewasa.

Dan pada artikel kami kali ini, kami akan membahas mengenai batuk kering yang membander dimana kondisi ini sering kali mengganggu aktivitas sehari-hari dan mengurangi kualitas hidup. Walaupun batuk kering bisa sembuh dengan sendirinya atau dengan bantuan obat, tetapi ada juga batuk kering yang membandel dan tidak kunjung sembuh-sembuh.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara efektif mengatasi batuk kering yang membandel untuk anda coba sebagai berikut.

Cara Efektif Mengatasi Batuk Kering yang Membandel

Cara Efektif Mengatasi Batuk Kering yang Membandel

Konsumsi Air Putih

Cara pertama dan paling mudah untuk anda lakukan mengatasi batuk kering membanderl adalah dengan mengonsumsi air putih terutama air hangat. Dengan mencukupi kebutuhan air putih sehari-hari dapat melembapkan selaput lendir sehingga dapat mengurangi gejala batuk kering. Selain itu, air hangat dapat mengencerkan lendir yang mengental sehingga dahak mudah keluar. Anda juga perlu menghindari air dingin apabila mengalami batuk kering.

Konsumsi Makanan Kaya Probiotik

Pada umumnya, salah satu penyebab batuk kering yaitu sistem imunitas yang tidak berfungsi dengan optimal. Oleh karena itu, Anda perlu mengonsumsi makanan yang kaya probiotik untuk mengurangi infeksi pada saluran pernapasan. Pada dasarnya, probiotik tidak dapat menyembuhkan batuk kering secara langsung. Namun mikroorganisme yang ada di dalamnya yang akan menjaga imunitas tubuh.

Baca juga  8+ Cara Meredakan Nyeri Otot Setelah Berolahraga

Konsumsi Seduhan Jahe

Cara mengatasi batuk kering yang membandel selanjutnya yaitu mengonsumsi seduhan jahe. Pasalnya, jahe dipercaya dapat mengatasi batuk kering dengan cara mengendurkan otot polos yang ada di saluran napas. Tidak hanya itu, jahe juga memiliki kandungan antibakteri dan antivirus yang dapat meningkatkan kemampuan sistem imun. Selain itu, jahe juga dapat mengurangi sakit tenggorokan yang disebabkan batuk kering.

Konsumsi Madu

Sejak zaman dahulu madu telah dipercaya memiliki banyak manfaat salah satunya yaitu dapat mengatasi batuk. Di dalam madu terdapat zat analgesik yang bisa menghentikan infeksi pada beberapa penyakit yang menyebabkan batuk. Selain itu, dalam penelitian juga telah dibuktikan kandungan yang ada di dalam madu efektif dalam menyembuhkan batuk apabila dikonsumsi secara rutin.

Uap Hangat

Ternyata uap hangat bisa menjadi salah satu cara mengatasi batuk kering yang membandel. Uap hangat akan melembapkan saluran hidung kering dan teriritasi serta meredakan sakit tenggorokan. Cara yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menghirup uap yang berasal dari air panas. Akan tetapi jangan terlalu dekat dengan air panas karena dapat menyebabkan luka bakar di wajah.

Menghindari Pemicu

Salah satu cara mengatasi batuk kering yang efektif dengan menghindari pemicunya. Beberapa pemicu batuk kering yaitu paparan asap rokok, paparan debu, parfum dan zat-zat lainnya. Oleh karena itu, untuk menghindari hal ini anda bisa menghindarinya dengan cara menggunakan masker saat bepergian ke luar rumah.

Mengonsumsi Obat

Dan terakhir, cara mengatasi batuk kering yang membandel adalah dengan mengonsumsi obat-obatan. Hal ini dapat aada lakukan apabila cara-cara di atas tidak dapat mengatasi batuk kering yang anda alami. Akan tetapi disarankan agar anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar mengetahui obat yang tepat untuk Anda konsumsi.

Baca juga  Tips Memutihkan Wajah Secara Alami, Buat Kulit Glowing Namun Tetap Sehat

Demikian informasi mengenai cara efektif mengatasi batuk kering yang membandel untuk anda coba mengatasi kondisi yang menyebalkan tersebut. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *