Cara Mengatasi Badan Pegal Setelah Olahraga Dengan Cara Mudah dan Efektif

0
Cara Mengatasi Badan Pegal Setelah Olahraga

Apakah badan anda sering terasa pegal atau sakit ketika selesai berolahraga? maka anda tidak perlu kuatir sebab kali ini kami akan membagikan cara mengatasi badan pegal setelah olahraga dengan cara mudah dan efektif.

Badan yang sakit atau pegal setelah olahraga adalah kondisi yang umum terjadi dimana walaupun cenderung tidak berbahaya, kondisi ini kerap membuat seseorang merasa tidak nyaman untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Hal tersebut tentu tidak akan baik untuk produktivitas anda dimana tujuan olahraga dimaksudkan untuk membuat kondisi anda fit dan bugar. Bukan malah membuat anda bermalas-malasan karena badan yang tidak fit karena pegal.

Dan pada kesempatan kali ini kami akan membagikan rekomendasi cara mengatasi badan pegal setelah olahraga dengan cara mudah dan efektif untuk anda simak sebagai berikut.

Cara Mengatasi Badan Pegal Setelah Olahraga

Cara Mengatasi Badan Pegal Setelah Olahraga

Cukupi Asupan Hidrasi

Cara mengatasi badan pegal yang kedua adalah dengan menjaga hidrasi tubuh agar selalu tercukupi. Saat hendak memulihkan badan yang pegal, dehidrasi adalah salah satu musuh terbesar anda. Untuk menyiram otot yang rusak, anda membutuhkan cairan. Aturan praktis yang baik adalah minum 240 ml air untuk setiap 15 hingga 30 menit waktu olahraga.

Jika anda tidak melakukannya, rasa pegal di badan tidak hanya akan menjadi lebih intens tetapi juga akan bertahan lebih lama. Jadi, pastikan anda minum yang cukup selama dan setelah berolahraga.

Konsumsi Makanan yang Tepat

Tubuh anda membutuhkan protein untuk memperbaiki otot, karbohidrat untuk memicu olahraga berikutnya, dan lemak sehat untuk melumasi persendian. Jadi, penting untuk mengisi bahan bakar sebelum dan sesudah berolahraga.

Baca juga  6 Cara Efektif Mengatasi Perut Buncit, Kurangi Makan Berlebihan

Makan sayuran kukus dan ayam atau sepotong roti bakar selai kacang dan apel sebelum atau sesudah olahraga dapat dilakukan. Kuncinya adalah jangan pernah membuat tubuh anda kelaparan!

Lakukan Pemanasan

Pastikan untuk melakukan pemanasan sebelumnya sebagai cara mengatasi badan pegal setelah olahraga. Luangkan waktu 10 hingga 15 menit untuk meregangkan otot sebelum berolahraga dengan beberapa latihan peregangan diikuti dengan aktivitas aerobik ringan seperti jogging lambat atau jalan cepat.

Pastikan untuk mendapatkan aliran darah yang cukup ke otot yang Anda latih hari itu. Otot harus terasa hangat. Strategi ini tidak hanya akan mencegah cedera, tetapi juga mempersiapkan otot untuk membangun kembali selnya pasca olahraga.

Pijat

Pijatan adalah cara mengatasi badan pegal setelah olahraga yang ampuh dan patut dicoba. Memijat badan yang pegal atau otot yang sakit dapat membantu melepaskan rasa sesak pada tubuh.

Pijatan dapat membantu otot mejadi rileks dengan sendirinya. Cara ini juga akan mengirimkan aliran darah ke area-area tubuh dan mendorong cairan yang terkumpul keluar dari tubuh, yang membantu mempercepat pemulihan.

Oleskan Salep

Meskipun salep topikal yang banyak terjual di apotik atau toko obat tidak akan menjangkau cukup dalam untuk mencapai otot, salep-salep tersebut mengandung bahan yang mendinginkan, membuat mati rasa, dan kesemutan. Jika anda benar-benar merasakan pegal yang menyakitkan, rasa sejuk yang dibawa oleh salep anti nyeri dapat membantu meredakannya. Namun penting diingat, salep tak akan mempercepat pemulihan otot.

Terus Berolahraga

Mungkin tips ini terdengar kurang masuk akal, namun dengan terus melakukan aktivitas olahraga meski badan masih pegal akibat olahraga yang kemarin adalah cara lain untuk mengatasinya.

Tetap berolahraga mungkin tampak seperti ide yang buruk ketika badan anda tengah pegal dan otot anda sudah menderita akibat olahraga yang lalu. Tetapi, penelitian menegaskan bahwa aktivitas fisik yang ringan dapat membantu menjaga sirkulasi darah dan mempercepat kemampuan tubuh untuk membuang limbah dan bahan kimia yang terkait dengan rasa pegal dan nyeri otot.

Baca juga  7 Tips Melancarkan Darah Haid yang Sedikit agar Normal Kembali

Demikian informasi mengenai cara mengatasi badan pegal setelah olahraga dengan cara mudah dan efektif untuk anda terapkan. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *