Cara Mengatasi Badan Panas Dingin dan Penyebabnya

0
Cara Mengatasi Badan Panas Dingin

Apakah anda merasa badan anda terasa panas dan sekaligus dingin? maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini kami akan membagikan cara mengatasi badan panas dingin dan juga penyebabnya.

Sebagai informasi dimana bagi anda yang mengalami sensasi badan panas digin, maka hal tersebut besar kemungkinan disebabkan karena tubuh sedang mengalami sedang mengalami ketidakseimbangan termoregulasi, yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor.

Kondisi badan panas dingin pastinya dapat mengganggu aktivitas harian anda, oleh karena itu penting bagi anda apa yang menjadi penyebab atau pemicunya. Lalu apa saja faktor pemicu kondisi ini? simak sebagai berikut.

Penyebab Badan Panas Dingin

Cara Mengatasi Badan Panas Dingin

Infeksi Tubuh

Infeksi akibat bakteri seperti pneumonia, listeria, atau infeksi saluran kemih, bisa menyebabkan tubuh menjadi panas dingin.

Hipotermia

Paparan suhu tubuh yang rendah atau hipotermia dapat menyebabkan badan panas dingin dimana pada dasarnya, suhu inti rata-rata tubuh adalah 37 derajat Celcius. Ketika suhu tubuh menjadi lebih rendah, hal ini bisa menimbulkan terjadinya hipotermia.

Aktivitas yang Ekstrem

Bentuk olahraga yang ekstrem seperti lari maraton bisa membuat terjadinya perubahan pada suhu inti tubuh, sehingga bisa jadi kondisi ini menimbulkan sensasi kedinginan pada tubuh. Tidak hanya menggigil, kondisi tubuh ini bisa disertai dengan gejala pusing, kelelahan, kram otot, serta mual dan muntah.

Hipotiroidisme

Tiroid yang kurang aktif biasanya tidak menghasilkan hormon yang cukup untuk mendukung kesehatan tubuh. Tentunya, kondisi hipotiroidisme ini dapat menyebabkan tubuh menjadi lebih peka terhadap suhu dingin, sehingga bisa mengakibatkan tubuh menggigil.

Baca juga  8 Cara Efektif Hilangkan Rasa Tegang pada Mata

Selain menggigil, biasanya kondisi hipotiroidisme juga disertai dengan gejala wajah bengkak, kenaikan berat badan, kulit, kuku, dan rambut kering, hingga kelemahan otot.

Hipoglikemia

Hipoglikemia merupakan kondisi kadar gula darah yang turun secara tidak normal. Salah satu gejala hipoglikemia adalah terjadinya kelemahan otot dan perasaan gemetar, yang mungkin serupa dengan kondisi menggigil.

Ada baiknya, untuk segera menangani hipoglikemia agar tidak menimbulkan penyakit lain yang lebih serius.

Malnutrisi

Saat tubuh kekurangan nutrisi secara terus-menerus, ini bisa mengakibatkan terjadinya malnutrisi. Selain itu, kondisi malnutrisi juga dapat terjadi karena tubuh tidak bisa menyerap nutrisi dengan baik.

Gejala dari malnutrisi dapat membuat tubuh menjadi lemah, sulit konsentrasi, meriang, hingga pingsan.

Efek Samping Obat

Badan panas kaki dingin tanpa demam dapat diakibatkan oleh konsumsi obat-obatan tertentu. Tidak hanya itu, ketika anda minum obat yang tidak sesuai anjuran dokter juga dapat menyebabkan badan panas dingin.

Untuk itu, pastikan anda membaca terlebih dahulu potensi efek samping yang bisa timbul. Selain itu, tidak disarankan mengonsumsi obat sembarangan.

Ketakutan atau Kecemasan

Menggigil juga bisa terjadi ketika anda memiliki reaksi emosional yang intens terhadap situasi tertentu, contohnya ketakutan atau kecemasan. Jenis reaksi emosional ini dapat dipicu karena mekanisme neurobiologis yang membuat terjadinya pelepasan dopamin, yang merupakan neurotransmitter dalam tubuh.

Cara Mengatasi Badan Panas Dingin

Setelah anda mengetahui apa saja penyebab kondisi badan panas dingin, maka berikut kami bagikan cara mengatasi badan panas dingin yang bisa anda simak dibawah ini.

Istirahat Cukup

Pertama, pastikan anda beristirahat dengan cukup ketika mengalami badan panas dingin.

Konsumsi Air Putih

Sebaiknya, konsumsi juga air putih yang banyak untuk membantu menjaga suhu tubuh inti agar tetap stabil, sehingga bisa menurunkan risiko tubuh yang menggigil dimana dengan mencukupi kebutuhan cairan dapat membantu tubuh agar tetap terhidrasi.

Baca juga  Tips Memilih Sepatu Joging yang Baik dan Tepat

Berendam di Air Hangat

Saat menggigil, anda juga bisa berendam di bak mandi yang berisikan air hangat. Ini bisa membantu meredakan kedinginan yang disebabkan oleh suhu dingin yang ekstrem.

Konsumsi Obat

Disarankan juga agar mengonsumsi obat penurun demam seperti parasetamol untuk mengatasi badan panas dingin.

Apabila anda menderita diabetes dan mengalami badan panas dingin karena hipoglikemia, disarankan untuk mengonsumsi obat diabetes untuk menyeimbangkan kadar gula darah.

Demikian informasi mengenai cara mengatasi badan panas dingin dan juga penyebabnya. Apabila suhu tubuh di atas 39 derajat, menggigil semakin parah, dan semakin lemas, maka sebaiknya anda segera minta bantuan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *