Cara Mengatasi Aplikasi Terus Berhenti Biar Bisa Dipakai Lagi

Date:

Share post:

Jika anda mendapatkan masalah aplikasi di HP anda yang terus berhenti tanpa anda ketahui alasannya, maka simak cara mengatasi aplikasi terus berhenti biar bisa dipakai lagi yang akan kami bagikan panduannya pada artikel kami kali ini.

Apakah anda sedang ingin membuka aplikasi penting untuk kerjaan tetapi tiba-tiba aplikasi berhenti? pastinya hal tersebut menyebalkan bukan? apalagi yang tidak terbuka bukan hanya satu aplikasi saja tapi banyak aplikasi.

Hal tersebut pun pastinya akan menghambat aktivitas dan kegiatan anda di HP. Sebut saja seperti anda ingin mengupload foto di sosial media dan aplikasi tidak terbuka, pastinya akan mengurungkan niat anda berbagi foto selama aplikasi masih bermasalah.

Jika anda termasuk pengguna HP yang menemukan masalah pada aplikasi yang terus berhenti, maka anda tidak perlu kuatir sebab kali ini kami akan membagikan cara mengatasi Aplikasi terus berhenti biar bisa dipakai lagi. Simak panduannya sebagai berikut.

Cara Mengatasi Aplikasi Terus Berhenti Biar Bisa Dipakai Lagi

Cara Mengatasi Aplikasi Terus Berhenti

Restart Perangkat

  • Tekan dan tahan tombol Power selama beberapa detik.
  • Setelah muncul menu daya, anda bisa pilih opsi Reboot.
  • Konfirmasi dengan menekan tombol yang sesuai.

Membersihkan Data atau Cache Aplikasi

Apabila aplikasi belum bisa dibuka dengan memuat ulang perangkat, membersihkan data atau cache pun bisa menjadi solusi yang dicoba selanjutnya. Beberapa masalah HP soalnya juga bisa terjadi karena penumpukan dari kedua jenis berkas tersebut.

Baca juga  Cara Mengatasi Word Not Responding di Windows 10, Mudah dan Anti Ribet

Namun perlu diingat bahwa menghapus data secara khusus bisa menghilang setelan hingga informasi akun dari aplikasi terkait. Pastikan untuk mengingatnya supaya nanti bisa dipakai atau dipulihkan kembali. Sementara untuk cache cukup aman untuk dihapus.

Mengelola Penyimpanan

Aplikasi yang terus berhenti ketika dijalankan juga dapat disebabkan oleh menipisnya ruang penyimpanan. Sebuah HP memang bisa mengalami berbagai macam masalah apabila kapasitas media internal tersisa kurang dari 10 persen. Selain memindahkan data-data penting, menghapus berkas video, foto, dokumen, hingga aplikasi yang sudah tidak terpakai juga bisa menjadi langkah selanjutnya.

Memperbarui Aplikasi

  • Pertama buka toko aplikasi.
  • Gunakan fitur penelusuran untuk mencari aplikasi yang bermasalah.
  • Buka halaman informasi untuk aplikasi tersebut.
  • Klik tombol Update jika tersedia.
  • Tunggu proses pembaruan aplikasi hingga selesai.

Memasang Ulang Aplikasi

Memasang ulang aplikasi di ponsel juga bisa menjadi solusi untuk mengatasi layanan yang terus berhenti. Selayaknya sejumlah kendala yang berkaitan dengan aplikasi, masalah seperti ini kadang-kadang soalnya juga dapat terjadi akibat kesalahan instalasi.

Kesalahan instalasi ini bisa merujuk kepada berkas-berkas yang tidak sesuai, eror saat pemasangan, hingga kerusakan data. Oleh karena itu, pastikan selama proses memasang ulang aplikasi tidak muncul masalah yang mana justru bisa menyebabkan hal-hal tersebut terulang kembali.

Memutakhirkan Sistem

  • Buka halaman Settings.
  • Cari dan buka menu Software Update.
  • Klik Check for Update.
  • Klik Download and Install.

Reset Pabrik

Reset perangkat bisa menjadi solusi manjur saat terjadi berbagai macam masalah di HP, termasuk aplikasi yang terus berhenti. Berbagai macam hal mulai dari setelan hingga data-data yang tidak sesuai akan dihapus sehingga kita bisa menatanya kembali.

Hanya saja perlu diingat bahwa me-reset perangkat akan menghapus seluruh data maupun setelan. Apabila ingin melakukan hal ini, maka sebaiknya untuk membuat cadangan terlebih dulu supaya nanti bisa memulihkannya secara lebih mudah.

Baca juga  5 Daftar Tablet Paling Murah Terbaru 2023 Untuk Membantu Kuliah, atau Pekerjaan

Pastikan Kompatibilitas Aplikasi

Dan terakhir, anda bisa memastikan kompatibilitas aplikasi juga perlu dilakukan saat layanan terus berhenti. Sejumlah platform soalnya sering kali menghentikan dukungannya untuk perangkat maupun sistem-sistem yang sudah tergolong lawas.

Untuk melihat kompatibilitas aplikasi, anda bisa mengunjungi web resmi atau halaman produk milik platform terkait. Apabila memang sudah tidak didukung maka membeli perangkat dengan sistem maupun spesifikasi lebih mutakhir pun kemungkinan tak bisa dihindari lagi.

Demikian informasi mengenai cara mengatasi aplikasi terus berhenti biar bisa dipakai lagi. Semoga berguna dan bermanfaat.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

7 Tips Olahraga Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang merasa memiliki berat badan berlebihan, maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini...

Begini Tips Cara Aman Liburan dengan Kapal Laut

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips cara aman liburan dengan kapal laut yang bisa menjadi referensi...

5+ Rekomendasi Game Kapal Perang Seru di Android Terbaru

Bagi anda penggemar game bernunsa perang dan militer, maka pastinya anda tidak ingin melewatkan rekomendasi game kapal perang...

Panduan Cara Membeli Tangki Motor Custom Yang Baik dan Benar

Bagi anda yang berencana ingin membeli tangki motor custom, maka anda perlu mengetahui cara memilih yang baik dan...