8 Cara Menenangkan Bayi di Pesawat Agar Anda tidak Panik dan Bingung

0

Bagi anda yang berencana menggunakan pesawat bersama sang bayi untuk perjalanan mudik, liburan atau urusan lainnya, maka penting anda ketahui cara menenangkan bayi dipesawat agar nantinya anda tidak kebingungan hingga panik saat bepergian dengan pesawat bersama bayi.

Telah menjadi rahasia umum dimana perjalanan dengan pesawat bersama bayi sering kali menjadi tantangan tersendiri bagi para orang tua, khususnya para ibu-ibu. Hal ini karena perilaku bayi yang sesuai mod, dan tidak jarang menjadi rewel ketika saat sedang tidak nyaman atau mengingikan sesuatu.

Dan karena masih bayi, para orang tua pun berusaha untuk memahami kegelisahan bayi atau ketidaknyaman bayi dan membuatnya rewel karena bayi masih tidak berbicara.

Ketika bayi rewel dirumah tentunya bukanlah sebuah masalah, tetapi ketika bayi rewel ketika anda sedang dalam perjalanan seperti menggunakan pesawat, pastinya bisa membuat para orang tua menjadi bingung dan bahkan panik. Sebab selain tidak bisa kemana-mana dengan ruangan terbatas, juga bisa mengganggu kenyamanan penumpang lain.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan memmbagikan rekomendasi cara menenangkan bayi dipesawat yang bisa menjadi panduan anda sebagai berikut.

Cara Menenangkan Bayi di Pesawat

Beri susu

Tips pertama adalah disarankan untuk memberikan susu saat mengudara. Namun, pastikan untuk melihat atau mengecek kondisi bayi, karena memberikan susu saat bayi kenyang juga bisa membuatnya rewel.

Baca juga  10 Destinasi Wisata Murah Jakarta untuk Liburan Bersama Keluarga

Bawa mainan kesukaan

Jangan lupa untuk membawa mainan kesukaan si buah hati. Mulai dari boneka, stiker, atau mainan pop up. Bawa mainan yang selalu dimainkan si buah hati selama perjalanan pesawat. Alihkan perhatian si kecil dengan mainan tersebut, buat sibuk agar tidak mudah bosan.

Tidur selama take off dan landing

Cara tenangkan bayi di pesawat yang selanjutnya adalah menidurkannya selama take off atau landing. Cara ini bisa dilakukan agar bayi tenang dan mengantisipasi mereka rewel.

Ajak bicara kalau bayi akan terbang menggunakan pesawat

Selanjutnya, cara menenangkan bayi saat mengudara adalah dengan mengajaknya bicara kalau akan melakukan perjalanan menggunakan pesawat. Beri informasi melalui gambar atau video agar bayi bisa mempersiapkan diri selama naik pesawat.

Cari tahu penyebab bayi menangis

Penyebab bayi menangis bisa saja disebabkan karena merasa terkurung di ketinggian hampir 36.000 kaki. Bayi menangis bisa karena lapar, marah, atau bosan.

Bawa popok yang cukup

Bayi cenderung merasa lebih sensitif saat merasa lapar atau dalam kondisi fisik yang tidak nyaman. Beberapa pesawat telah dilengkapi dengan meja ganti popok di toilet, jadi pastikan untuk membawa cukup popok dan tisu basah.

Gunakan penutup telinga pada bayi

Pastikan untuk memakai penutup telinga pada bayi agar gendang telinganya tidak terganggu oleh suara pesawat yang bising. Bayi sangat sensitif terhadap berbagai hal, termasuk suara. Saat mereka terus-menerus mendengar suara yang bising, kemungkinan besar mereka akan menjadi gelisah.

Jangan panik

Tangisan bayi bisa menimbulkan rasa lelah atau malu di antara sesama penumpang. Namun, penting untuk tidak sampai tangisan anak membuat orang tua stres dan panik. Kedua hal tersebut bisa membuat situasi semakin tidak kondusif dan tangisan bayi pun tidak akan berhenti. Disarankan bagi orang tua untuk tetap tenang agar bisa berpikir secara jernih.

Baca juga  6 Destinasi Wisata Gunung di Jawa Timur Terbaik Bagi Anda Petualang

Demikian informasi mengenai cara menenangkan bayi dipesawat agar anda tidak bingung hingga panik ketika sang bayi menjadi rewel ketika anda bepergian menggunakan pesawat bersama sang buah hati anda. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *