Cara Mendapatkan Uang di Dunia Game, Solusi Karir Sukses Bagi Para Maniak Game

Date:

Share post:

Bagi anda para maniak game atau tidak bisa terlepas dari dunia game sehari-hari, kenapa tidak anda memilih berkarier dalam dunia studio game dimana karir dan pekerjaan ini cukup menjanjikan mengingat besarnya jumlah pecinta game didunia dan tidak berkurang sejak dulu.

Tentu bukan rahasia lagi apabila dikatakan dunia game merupakan industri yang tidak pernah mati sejak game pertama diciptakan. Bahkan terus berkembang seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi digital seperti saat ini.

Apabila dulu untuk bermain game maka harus dibutuhkan konsol game dan TV, maka saat ini bermain game pun bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja langsung dari HP atau tablet. Maka tidak heran, memiliki lebih dari dua jenis game di HP merupakan hal yang umum bagi para pengguna HP yang gemar bermain game untuk mengisi waktu santai atau lowong di sela-sela rutinitas harian.

Meningat semakin besarnya komunitas game saat ini dan berkembangnya dunia game di era digital seperti sekarang, maka memilih karir dan mendapatkan yang dari dunia game pun bisa menjadi peluang besar untuk meraih kesuksesan. Apalagi bagi anda yang memang maniak game dan menyukai segala hal tentang game.

Maka dari itu, kali ini kami akan membagikan cara mendapatkan uang di dunia game yang bisa menjadi pilihan karir anda untuk masa depan yang menjanjikan. Penasaran? Langsung saja simak daftarnya sebagai berikut.

Cara Mendapatkan Uang di Dunia Game

Cara Mendapatkan Uang di Dunia Game

Game Designer

Perlu anda ketahui dimana dalam dunia game, profesi game designer dapat diibaratkan sebagai otak yang mengerjakan sebuah game hingga bisa dimainkan para pemainnya. Game designer bertanggung jawab mendesain bagaimana nantinya game ini akan dimainkan, elemen apa saja yang ada dalam game, mekanik yang diperlukan di dalam sebuah game, bagaimana tingkat kesulitan tiap level, bagaimana alur cerita dalam game dan terkadang bagaimana nantinya game ini akan di monetize bila diperlukan. Maka dari itu, umumnya pekerjaan ini tidak dikerjakan satu orang melainkan tim.

Baca juga  Rekomendasi Drakor Plot Twist yang Seru dan Terbaru

Programmer

Pastinya design game yang sudah dibuat dengan matang tidak bisa langsung terwujud begitu saja dimana memerlukan seorang programer untuk mewujudkan hal tersebut menjadi kenyataan. Tugas dari Programmer adalah mengeksekusi konsep tadi ke dalam bahasa pemrograman agar game dapat dimainkan. Bisa dibilang bahwa programmer ini adalah penjahit yang menyatukan elemen- elemen seperti game design, art, dan sound dalam satu game. Sama halnya dengan game designer, programmer pada umumnya tidak bekerja sendiri. Terdapat spesialis tertentu seperti Artificial Intelligence (AI) programming, physics programming, programmer interface, dan masih banyak lagi. Bila mau berkarier sebagai programmer game, ada baiknya mengasah kemampuan logika berpikir.

Game Artist

Sebuah game pastinya butuh visual yang menarik agar enak dipandang saat dimainkan. Game artist ini terdiri 2D artist dan 3D artist yang dapat dibagi-bagi lagi tugasnya. Game artis ini bertugas membuat karakter dalam game baik karakter utama ataupun Non Player Character (NPC), background design, User Interface, dan animasi di dalam game. Terkadang untuk game indie atau dengan orang yang terbatas bagian ini dapat dikerjakan oleh satu orang saja.

Produser Game

Produser Game memiliki peran penting dalam sebuah studio game. Tugasnya profesi ini adalah penyambung komunikasi antara penerbit dan perwakilan studio lainya yang ikut dalam pengembangan sebuah game. Selain itu tugas dari seorang produser game yaitu menentukan deadline game yang sedang dikerjakan oleh timnya.

Game Tester

Sekeda informasi dimana game yang sudah jadi tidak langsung diluncurkan begitu saja. Tugas dari game tester ini adalah mengecek game yang telah dibuat programmer game. Sekilas terdengar pekerjaan yang menyenangkan, tetapi sebenarnya pekerjaan ini harus mencari kesalahan atau kemungkinan bug yang terjadi pada game agar nantinya dapat diperbaiki oleh programmer game. Bila berminat menjadi game tester, kemampuan analisa dan mendeskripsikan suatu masalah yang harus diasah dengan baik.

Baca juga  Besaran Denda Telat Bayar PBB? Begini Cara Hitungnya

Game Konten Kreator

Mungkin profesi game konten kreator ini yang paling sering anda lihat dimana banyak game yang menjalani profesi konten kreator untuk berbagi pengalaman dan tips dalam bermain game-game yang mereka kuasai. Nantinya mereka akan mendapatkan uang dari google adsense, atau dari kerjasama sponsor dari para pabrikan game. Game konten kreator ini umum ditemukan di youtube maupun di sosial media.

Demikian informasi mengenai cara mendapatkan uang di dunia game yang bisa menjadi pilihan karir anda untuk masa depan yang menjanjikan. Semoga berguna dan bermanfaat.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

7 Tips Olahraga Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang merasa memiliki berat badan berlebihan, maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini...

Begini Tips Cara Aman Liburan dengan Kapal Laut

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips cara aman liburan dengan kapal laut yang bisa menjadi referensi...

5+ Rekomendasi Game Kapal Perang Seru di Android Terbaru

Bagi anda penggemar game bernunsa perang dan militer, maka pastinya anda tidak ingin melewatkan rekomendasi game kapal perang...

Panduan Cara Membeli Tangki Motor Custom Yang Baik dan Benar

Bagi anda yang berencana ingin membeli tangki motor custom, maka anda perlu mengetahui cara memilih yang baik dan...