Cara Mendapatkan Uang dari Hobi Menulis Tanpa Modal

Date:

Share post:

Apakah anda memiliki hobi menulis? maka anda bisa mendapatkan uang dari hobi menulis anda dan semuanya bisa anda lakukan tanpa modal.

Perlu anda ketahui bahwa di era digital seperti saat ini, bagi anda yang memiliki hobi menulis maka kenapa tidak untuk menyalurkan hobi anda untuk menghasilkan untuk menjadi konten kreator berupa media tulis yang menjadi konsumsi yang banyak dicari pengguna internet di era digital sekarang, dimana terdapat berbagai macam cara untuk menguangkan hobi anda menjadi pundi-pundi rupiah di rekening anda baik itu sekedar pekerjaan tambahan maupun sebagai pekerjaan full time.

Saat ini anda bisa dengan mudah menemukan ragam platform untuk menyalurkan hobi anda sekaligus menghasilkan uang. Mau tahu cara apa saja yang bisa anda lakukan untuk menghasilkan uang dari hobi menulis anda. Langsung saja simak langkah-langkahnya sebagai berikut.

Cara Mendapatkan Uang dari Hobi Menulis Tanpa Modal

Cara Mendapatkan Uang dari Hobi Menulis Tanpa Modal

Berikut beberapa cara yang bisa anda pilih menurut anda paling mudah untuk menyalurkan hobi menulis anda. Atau anda juga bisa mencoba semuanya apabila anda memang sangat aktif menulis dan ingin menjadi full time writer.

Menulis di blog pribadi

Pertama, anda bisa membuat sebuah blog lalu publikasikan tulisan anda di blog tersebut. Anda bisa menentukan tema blog akan membahas topik-topik seperti apa yang sesuai dengan minat anda. Seperti contohnya seputar traveling, K-Pop, lirik lagu, review buku, review film, review gadget, atau skincare. Pilih tema yang paling anda senangi dan kuasai agar tidak kesulitan saat menulis.

Baca juga  6+ Ciri Orang Sukses yang Bisa Dilihat Sejak Kecil

Konsisten untuk publikasikan tulisan setiap harinya, sehingga nantinya akan menarik pembaca dan blog anda bisa termonetisasi melalui iklan, sponsor, atau langganan berbayar.

Bergabung di platform penulisan freelance

Saat ini terdapat banyak sekali platform freelance yang bisa menjadi tempat untuk menawarkan bakat menulis anda. Sebut saja seperti Upwork, Fiverr, Project.co.id Freelancer, dan masih banyak daftar lainnya lagi.

Untuk memulainya, anda bisa mendaftar terlebih dahulu dan lalu membuat akun profil akun. Setelah itu, anda bisa tawarkan jasa menulis seperti artikel, konten blog, atau karya lainnya yang sesuai keahlian anda.

Selain itu, jangan lupa juga untuk mengisi profil dengan portofolio yang kuat dan deskripsi yang menarik untuk mendapatkan klien. Ketika hasil tulisan anda bagus dan memiliki banyak portofolio, maka akan semakin banyak yang menggunakan jasa anda dan anda pun bisa menaikkan harga jasa tulisan di harga yang tinggi.

Mengirim tulisan ke media online

Terdapat banyak media online yang menerima kiriman tulisan dari warga lokal, dan mereka akan membayar setiap tulisan yang berhasil terbit dengan upah yang lumayan. Anda bisa coba kirim tulisan anda di beberapa media online di antaranya Kompas, IDN Media, Froyonion, Suara.com dan Mojok.com.

Masing-masing dari media online tersebut memiliki ketentuan penerimaan artikel yang berbeda-beda. Jadi pastikan sebelum mengirim tulisan, identifikasi media online yang sesuai dengan topik atau genre tulisan agar berpotensi lolos kurasi editor.

Jangan lupa untuk membaca dengan cermat pedoman penulisan dan kebijakan penerbitannya. Sesuaikan juga tulisan anda dengan format yang biasa digunakan oleh media tersebut. Pastikan teks terformat dengan rapi dan mudah dibaca.

Menulis novel di platform berbayar

Di era gigital seperti saat ini, menulis novel kini tidak lagi harus mengirim naskah secara hard copy ke penerbit. Tapi anda juga bisa coba platform penulisan novel berbayar yang bisa dengan mudah anda lakukan di rumah di waktu luang. Terdapat beberapa platform kepenulisan novel yang bisa menampung naskah anda, seperti Wattpad, Karya Karsa, dan Joylada. Semua platform ini membayar naskah novel yang sesuai ketentuan mereka.

Baca juga  7 Investasi Saham Syariah di Indonesia Terbaik dan Terbaru 2023

Jadi, ketika novel anda masuk kriteria dan layak publish, maka anda akan mendapatkan upah dari setiap bab terkunci yang dibuka oleh pembaca menggunakan koin. Jika beruntung, novel anda bisa dilirik penerbit mayor untuk diterbitkan.

Membuat konten di media sosial

Bagi anda yang menyukai sharing tentang sesuatu yang bermanfaat untuk banyak orang, maka anda bisa coba buat konten di media sosial. Contohnya anda bisa berbagi tentang hobi traveling anda beserta tips dan pengamalan yang anda alami, dan anda bisa membuat kontennya dengan gaya carousel foto.

Ketika konten anda bermanfaat, anda akan memiliki banyak followers. Dari sini, apabila anda beruntung dan tulisan anda memang menarik, anda bisa menerima endorse dan kerja sama yang bisa jadi tambahan penghasilan sampingan anda.

Demikian informasi mengenai cara mendapatkan uang dari hobi menulis tanpa modal yang bisa anda lakukan dengan mudah bagi anda yang gemar menulis. Jadi kenapa tidak segera menguangkan hobi anda dimana anda bisa melakukannya secara gratis dan tanpa modal. Semoga berguna dan bermanfaat.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

Panduan Cara Membeli Tangki Motor Custom Yang Baik dan Benar

Bagi anda yang berencana ingin membeli tangki motor custom, maka anda perlu mengetahui cara memilih yang baik dan...

Tips Membeli Sepatu Gunung Yang Nyaman dan Enak Dipakai Sesuai Medan

Apakah anda berencana membeli sepatu gunung untuk digunakan menghabiskan waktu dengan liburan hiking atau mendaki ke wisata gunung...

Cara Mengatasi Mata Belekan dan Penyebabnya

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara mengatasi mata belekan dan penyebabnya. Sebagai informasi, mata belekan merupakan kondisi...

Solusi Beli Rumah Murah Dengan Beli yang Lagi Disita

Apakah anda ingin mencari cara membeli rumah dengan harga yang lebih murah dengan lokasi seperti yang anda inginkan?...