Cara Mencuci Kulit Wajah yang Berminyak

0
Mencuci Kulit Wajah yang Berminyak

Mau tahu cara mencuci kulit wajah yang berminyak? maka anda bisa menyimak langkah-langkah sehat dan alaminya pada artikel kami kali ini.

Apakah anda termasuk orang yang bermasalah dengan kulit wajah yang berminyak berlebihan? Anda tidak usah kuatir berlebihan sebab hal ini umum menjadi masalah banyak orang yang mengalami masalah serupa. Yang penting adalah anda tahu cara menangani dan membersihkannya agar minyak di wajah tidak berkumpul dan bisa menjadi masalah kulit wajah yang lebih serius. Sebut saja seperti minyak yang berlebihan bisa menyumbat pori-pori serta menyebabkan timbulnya komedo dan jerawat.

Sekedar informasi, produksi minyak berlebihan pada wajah bisa dipicu oleh beberapa faktor, seperti faktor keturunan, gangguan hormon, pertambahan usia, sering berkeringat, atau stres berlebihan. Oleh karena itu anda harus tahu cara membersihkan minyak yang berlebihan pada wajah dengan cara mencuci wajah yang benar.

Begini cara mencuci kulit wajah yang berminyak untuk anda simak sebagai berikut.

Cara Mencuci Kulit Wajah yang Berminyak

Mencuci Kulit Wajah yang Berminyak

Menggunakan cleaner yang tepat

Apabila anda mencuci wajah yang berminyak, penting untuk memilih pembersih yang lembut dan tidak mengandung bahan-bahan keras. Anda bisa memilih pembersih yang mengandung bahan aktif seperti asam salisilat atau benzoyl peroxide yang dapat membantu mengontrol produksi minyak berlebih dan membersihkan pori-pori.

Gunakan air hangat

Ketika mencuci wajah, gunakan air hangat daripada air panas. Karena, air panas dapat menghilangkan minyak alami yang diperlukan oleh kulit, sehingga kulit akan memproduksi lebih banyak minyak untuk menggantikannya. Adapun air hangat membantu membersihkan kulit tanpa menghilangkan kelembapan alami.

Baca juga  Cara Belanja di Shopee Gratis Ongkir 0 Rupiah Terbaru 2023

Jangan keseringan

Walaupun mencuci wajah semata-mata dilakukan untuk menjaga kebersihan, namun mencuci terlalu sering dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan memicu produksi minyak berlebih. Anda cukup mencuci wajah dua kali sehari, pagi dan malam, untuk menjaga kulit tetap bersih tanpa menghilangkan kelembapan alami.

Hindari penggunaan sabun biasa

Sabun biasa cenderung mengandung bahan-bahan keras dan pengering yang dapat membuat kulit lebih kering dan memicu produksi minyak berlebih. Sebaiknya pilih pembersih wajah yang dirancang khusus untuk kulit berminyak yang lebih lembut dan tidak mengganggu keseimbangan minyak alami kulit.

Gunakan pelembap tipis-tipis

Meskipun kulit wajah berminyak, maka anda sebaiknya tetap menggunakan pelembap yang ringan setelah mencuci wajah. Menggunakan pelembap yang tepat dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan mengurangi produksi minyak berlebih. Anda bisa memilih pelembap yang non-komedogenik yang mana tidak akan menyumbat pori-pori dan memicu jerawat.

Jangan menggosok kulit terlalu keras

Dan tips terakhir cara mencuci kulit wajah yang berminyak terakhir adalah jangan menggosok kulit terlalu keras. Sebab menggosok kulit wajah berminyak dengan terlalu keras dapat merusak kulit dan memicu produksi minyak berlebih. Cukup gunakan gerakan lembut dan pijatan ringan saat mencuci wajah untuk membersihkan kulit tanpa mengiritasinya.

Demikian tips mengenai cara mencuci kulit wajah yang berminyak dengan benar yang kami kutip dari Skin Cancer Foundation. Semoga bisa menjadi refrensi dan informasi berharga bagi anda untuk menjaga kesehatan kulit wajah dan terhindar dari masalah kulit berminyak berkurang. Akan tetapi sebagai catatan, perlu anda ingat bahwa setiap kulit wajah seseorang berbeda, dimana alangkah lebih baiknya melakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter kulit anda yang ahli pada bidangnya.

Baca juga  Cara Nonton Netflix Tanpa Jaringan Internet Untuk Nonton dimana Saja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *