Begini 6 Cara Mencegah Stunting sejak Dini, Orang Tua Harus Ketahui Ini

Date:

Share post:

Tidak bisa dipungkiri stunting adalah kondisi yang banyak dialami anak-anak di Indonesia, maka dengan alasan itu pemerintah pun mencanangkan program cegah stunting dengan beberapa kebijakannnya. Bagi anda para orang tua, maka anda juga wajib mengetahui cara mencegah stunting sejak dini.

Pastinya setiap orang tua menginginkan tumbuh kembang anak yang ideal. Namun hal ini bisa menjadi terganggu apabila anak terkena stunting. Maka dari itu penting untuk selalu rutin memantau tumbuh kembang anak mulai dari berat badan dan tinggi badan.

Stunting sendiri adalah kondisi yang menyebabkan gagal tumbuh pada balita yang bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti kekurangan gizi dalam waktu yang cukup lama, paparan infeksi berulang, dan karena kurangnya stimulasi.

Kondisi stunting ini tidak bisa dianggap sepele karena berpotensi memperlambat perkembangan otak anak, dan akan memberikan dampak jangka panjang berupa keterbelakangan mental, rendahnya kemampuan belajar, dan juga risiko serangan penyakit kronis lainnya, seperti diabetes, hipertensi, bahkan hingga obesitas.

Untuk itu penting anda sebagai orang tua harus rutin memantau tumbuh kembang anak serta mengetahui cara mencegah stunting sejak dini yang akan kami bagikan kali ini.

Cara Mencegah Stunting sejak Dini

Memperbanyak Konsumsi Protein Hewani

Balita dengan gangguan gizi di luar gangguan medis, sangat dianjurkan untuk memperbanyak mengonsumsi makanan yang kaya akan protein hewani, seperti telur, ikan, daging, dan susu. Asupan protein hewani tersebut bisa dikonsumsi setiap hari, tentunya dengan prinsip gizi seimbang, yakni karbohidrat, protein hewani, protein nabati, sayur, dan buah.

Baca juga  10+ Cara Mencegah Jerawat Secara Alami dan Menghilangkan Bekasnya, Mudah dan Hemat

ASI eksklusif di 6 bulan pertama bayi

ASI merupakan sumber makanan kaya nutrisi yang mudah dicerna oleh bayi. ASI mengandung nutrisi yang dibutuhkan bayi di masa 6 bulan pertama kehidupan bayi, termasuk asam lemak penting yang berkontribusi pada pertumbuhan otak. ASI eksklusif juga dapat membantu melindungi anak dari infeksi dan mengurangi risiko malnutrisi dan stunting.

Minum Tablet Penambah Darah

Tidak hanya dengan mengonsumsi makanan yang kaya protein hewani, pencegahan stunting juga bisa dilakukan sedini mungkin dengan berbagai cara. Saat remaja, stunting bisa dicegah dengan minum tablet penambah darah, sering melakukan aktivitas fisik, dan juga mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang.

Rutin Menimbang Berat Badan bayi

Perlu anda ketahui bahwa pencegahan stunting bisa dilakukan ketika bayi sudah lahir, yakni dengan menimbang berat badan bayi secara rutin setiap bulan ke posyandu, sebagai bentuk pemantauan pertumbuhan bayi. Apabila berat badan naik ternyata tidak mengalami kenaikan, maka sebaiknya segera bawa si kecil ke dokter atau puskesmas terdekat.

Biasakan aktivitas fisik

Aktivitas fisik secara rutin dapat membantu mendukung tumbuh kembang anak yang sehat. Anak sebaiknya dibiasakan bergerak aktif dan bermain sesuai usianya.

Selalu Sigap Konsultasi ke Dokter

Dan terakhir, pada masa kehamilan, stunting bisa dicegah melakukan pemeriksaan kehamilan (ANC) minimal 6 kali. Jika terdeteksi adanya gejala anemia atau kurang gizi, maka sebaiknya ibu hamil segera berkonsultasi pada dokter.

Demikian informasi mengenai cara mencegah stunting sejak dini yang harus anda ketahui sebagai orang tua. Hal ini penting untuk menghindari kondisi stunting menyerang sang buah hati anda. Semoga berguna dan bermanfaat.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

7 Tips Olahraga Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang merasa memiliki berat badan berlebihan, maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini...

Begini Tips Cara Aman Liburan dengan Kapal Laut

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips cara aman liburan dengan kapal laut yang bisa menjadi referensi...

5+ Rekomendasi Game Kapal Perang Seru di Android Terbaru

Bagi anda penggemar game bernunsa perang dan militer, maka pastinya anda tidak ingin melewatkan rekomendasi game kapal perang...

Panduan Cara Membeli Tangki Motor Custom Yang Baik dan Benar

Bagi anda yang berencana ingin membeli tangki motor custom, maka anda perlu mengetahui cara memilih yang baik dan...