Tips Cara Mencegah Stretch Mark Sejak Dini dengan Langkah Mudah

Date:

Share post:

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara mencegah Stretch Mark sejak dini dengan beberapa langkah mudah yang akan akan kami bagikan kali ini.

Stretch mark adalah salah satu permasalahan kulit yang sering dirasa mengganggu penampilan dimana banyak kaum wanita yang mengalami stretch mark saat hamil, namun tidak jarang juga ditemui pada remaja dan para pria.

Sekedar informasi dimana Stretch mark adalah jenis bekas luka yang berkembang ketika kulit meregang atau menyusut dengan cepat. Perubahan mendadak ini menyebabkan kolagen dan elastin, yang menopang kulit manusia, pecah dan pada saat kulit sembuh, stretch mark mungkin akan tetap muncul.

Selain membuat kulit terasa gatal, stretch mark juga akan memiliki warna yang berbeda, seperti ungu, merah muda, merah, merah kecoklatan, hingga coklat.

Penyebab stretch mark

Terdapat beberapa kondisi dan masalah kesehatan yang dapat menjadi faktor penyebab stretch mark yang bisa anda simak sebagai berikut.

  • Mengalami kenaikan atau penurunan berat badan secara cepat dan tiba-tiba
  • Saat sedang hamil
  • Mengalami penambahan massa otot karena berolahraga
  • Terdapat riwayat stretch mark di dalam keluarga
  • Mengalami masa pubertas yang memicu pertumbuhan tubuh secara cepat
  • Memiliki sindrom Cushing yang memicu produksi hormon kortisol berlebih di dalam tubuh
  • Memiliki sindrom Marfan yang memicu kelainan pada jaringan ikat
  • Terlalu lama mengonsumsi prednison atau obat untuk mengurangi peradangan
Baca juga  5 Cara Mengobati Kaki Pecah-Pecah, Ampuh daengan Cara Alami

Cara Mencegah Stretch Mark

Cara Mencegah Stretch Mark

Berikut kami bagikan beberapa cara mencegah Stretch Mark yang bisa anda terapkan dengan mudah sebagai berikut.

Penuhi kebutuhan nutrisi penting

Stretch mark bisa terjadi jika anda kekurangan nutrisi di area tertentu. Nah, konsumsi makanan yang meningkatkan kesehatan kulit dapat membantu. Pastikan pola makan anda mencakup yang makanan yang kaya akan vitamin C, D, E, zink, dan protein.

Salah satu cara untuk memastikan anda mendapatkan berbagai nutrisi adalah dengan memilih makanan berbagai warna yang tidak diproses. Misalnya, sarapan telur, roti gandum utuh, dan campuran aneka buah beri, mengutip Healthline.

Rutin olahraga

Rutin olahraga dapat membantu kita menurunkan berat badan dan mencegah kenaikan berat badan di masa mendatang. Menjaga berat badan tetap sehat dapat meminimalkan risiko peregangan kulit yang berlebihan. Olahraga juga dapat meningkatkan aliran darah ke kulit, yang mana ini dapat membantu kulit membangun kembali dirinya sendiri.

Hindari merokok

Merokok mengurangi aliran darah ke kulit, yang menghilangkan oksigen yang dibutuhkan untuk memperbaiki dirinya sendiri. Merokok juga menghabiskan nutrisi dalam tubuh yang dibutuhkan kulit agar tetap sehat. Tak hanya itu, merokok juga melepaskan radikal bebas yang merusak, yang dapat memecah serat kolagen dan elastin di kulit.

Konsumsi omega-3

Asam lemak omega-3 dapat membantu kulit tetap kenyal. Ini bisa didapat dari ikan berlemak seperti ikan kembung, makerel, salmon, sarden, dan lain-lain. Bisa juga didapat dari bahan pangan nabati seperti biji chia, biji rami, kacang kedelai, dan masih banyak lagi.

Kamu direkomendasikan untuk mengonsumsi 8 ons makanan laut per minggu. Ibu hamil perlu konsultasi dengan dokter untuk mengonfirmasi seberapa banyak ikan atau seafood lainnya yang bisa dikonsumsi. Hindari mengonsumsi makanan laut yang tinggi merkuri.

Jaga hidrasi kulit

Mencukupi kebutuhan cairan dapat membantu kulit lembut dan tetap terhidrasi. Kulit lembut tidak cenderung mengembangkan stretch mark seperti halnya kulit kering. Jadi, pastikan untuk minum air putih setidaknya delapan gelas per hari.

Baca juga  Begini Cara Mengatasi Mata Kelilipan, Jangan Asal Dikucek!

Minuman berkafein seperti kopi dapat meningkatkan risiko terkena stretch mark. Jika anda pencinta kopi, pastikan untuk menyeimbangkan asupan cairan dengan banyak air, teh herbal, dan cairan bebas kafein lainnya.

Konsumsi vitamin C

Peran kolagen sangat penting dalam menjaga kulit tetap kuat dan elastis. Ini membantu mengurangi munculnya kerutan, tetapi mungkin juga penting untuk mencegah stretch mark. Vitamin C merupakan nutrisi penting untuk perkembangan kolagen. Penuhi asupannya lewat konsumsi buah dan sayuran.

Mengonsumsi vitamin D

Sebuah penelitian menemukan hubungan antara kadar vitamin D yang rendah dan timbulnya stretch mark (Dermatology Research and Practice, 2015). Walaupun dibutuhkan lebih banyak penelitian, tetapi hasil studi menemukan bahwa mempertahankan kadar vitamin D yang cukup dapat mengurangi risiko stretch mark.

Cara termudah untuk mendapatkan vitamin D adalah melalui paparan sinar matahari. Kamu juga bisa mendapatkannya dari makanan seperti roti, sereal, serta susu dan produk olahannya.

Kontrol berat badan

Hal penting lainnya untuk mencegah stretch mark, baik sedang hamil atau tidak, adalah dengan menjaga berat badan yang sehat. Stretch mark dapat terjadi ketika kulit meregang dengan cepat karena kenaikan berat badan yang cepat. Kamu mungkin akan melihat stretch mark setelah penurunan berat badan yang cepat.

Beberapa orang mengalami stretch mark selama percepatan pertumbuhan, seperti saat pubertas. Binaragawan bisa mengalami stretch mark karena kenaikan berat badan dari olahraga atau penggunaan steroid.

Rutin pakai pelembap

Tidak ada krim atau minyak ajaib untuk mencegah stretch mark. Namun, menjaga kulit tetap kenyal bisa membantu mengurangi risiko pada beberapa orang. Pelembap sering kali dapat membantu mengurangi rasa gatal yang terjadi saat kulit meregang. Sebuah ulasan ilmiah menyebutkan, krim dan minyak juga dapat membantu mencegah stretch mark, tetapi ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Baca juga  Tips Cara Memerahkan Bibir Secara Alami dan Aman

Penggunakan steroid anabolik

Sekedar informasi, teroid anabolik melemahkan struktur kulit sehingga orang yang menggunakannya, seperti beberapa atlet, mungkin lebih rentan terhadap stretch mark. Steroid anabolik tidak sama dengan kortikosteroid, yaitu obat yang digunakan orang untuk mengobati asma, alergi, lupus, radang sendi, dan banyak kondisi medis lainnya.

Batasi atau hindari penggunaan krim steroid untuk keluhan gatal

Krim steroid atau kortikosteroid, yang biasanya mengandung kortison, dapat melemahkan kolagen kulit dan menyebabkan stretch mark. Jika anda menggunakannya dan khawatir akan hal ini, bicarakan dengan dokter untuk menghentikannya jika memungkinkan.

Dokter mungkin akan menyarankan krim antigatal yang tidak mengandung kortison untuk gigitan serangga ringan dan ruam. Tanyakan juga kepada dokter tentang krim nonsteroid untuk kondisi kulit seperti eksem. Apabila anda harus menggunakan krim yang mengandung kortison, sebaiknya gunakan hanya selama diperlukan sebelum beralih ke krim yang lebih ringan.

Jangan pernah lupa untuk menggunakan tabir surya

Paparan sinar ultraviolet (UV) dari matahari dapat merusak kolagen dan elastin kulit, yang mana dapat membuat stretch mark lebih mungkin untuk terbentuk. Jadi, saat matahari terik carilah tempat berlindung, kenakan pakaian pelindung UV, dari gunakan tabir surya setiap hari 30 menit sebelum ke luar rumah. Aplikasikan ulang setiap dua jam selama terpapar sinar matahari.

Segera tangani saat stretch mark muncul

Apabila tidak mungkin sepenuhnya mencegah stretch mark terbentuk di kulit, anda bisa memudarkan tampilannya. Anda bisa membuat janji temu dengan dokter spesialis kulit untuk mendiskusikan pilihan perawatan untuk stretch mark yang baru muncul tersebut.

Demikian informasi mengenai cara mencegah Stretch Mark yang bisa menjadi referensi dan anda terapkan dengan mudah. Semoga berguna dan bermanfaat.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

9 Cara Mengatasi Mata Perih, Jangan Asal Kucek!

Apakah mata anda terasa perih dan membuat anda kesulitan untuk melihat dengan baik? jangan kuatir, sebab pada kesempatan...

10 Tips Traveling Murah ke Korea Selatan, Hemat dan Ramah di Kantong

Apakah anda berencana liburan ke luar negeri atau tepatnya di Korea Selatan? maka jangan lewatkan tips traveling murah...

5 Game Bertema Anjing Seru Dimainkan di HP Android, Lucu dan Bikin Gemas

Anjing adalah salah hewan peliharaan favorit banyak orang dan jika anda termasuk pecinta anjing, maka jangan lewatkan rekomendasi...

7 Game Membangun Desa Seru dan Terbaik di Hp Android

Seperti biasa kami akan membagikan rekomendasi game seru untuk anda mainkan di Hp android anda, dan pada kesempatan...