8+ Cara Mencegah Mata Minus Agar Mata Tetap Normal dan Sehat

0

Siapa sih yang ingin mata sehatnya menjadi minus atau sulit melihat objek tanpa bantuan kacamata pembantu? dan pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara mencegah mata minus agar mata tetap normal dan sehat.

Seperti yang kita ketahui bersama dimana mata yang minus merupakan kondisi mata yang tidak asing ditemukan di sekeliling kita. Biasanya orang yang mengalami mata minus, harus menggunakan alat bantu baca atau melihat berupa kacamata ukuran disesuaikan dengan berapa besar minus mata.

Dengan semakin aktifnya banyak orang di depan perangkat pintar seperti komputer, laptop, tablet dan Hp seperti saat ini, membuat kemungkinan mata minus bisa menjadi lebih besar terjadi pada orang-orang yang tidak memperhatikan kebiasaan buruk di depan monitor yang harus dihindari.

Selain itu, ada beberapa hal yang lain bisa membuat mata menjadi minus seperti kebiasaan membaca di tempat yang gelap dan lain sebagainya.

Dan pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips cara mencegah mata minus agar mata tetap normal dan sehat pastinya keinginan anda semua bukan?

Cara Mencegah Mata Minus Agar Mata Tetap Normal dan Sehat

Perbanyak konsumsi makanan mengandung vitamin A

Tips pertama yang penting untuk anda lakukan adalah dengan memperbanyak konsomsi makanan dengan kandungan vitamin A dimana vitamin ini diketahui sangat penting bagi fungsi penglihatan mata, biasanya terkandung di wortel, bayam, brokoli, paprika merah, telur, susu, keju, dan ikan.

Baca juga  Penyebab Kepala Pusing dan Mual Yang Harus Anda Ketahui

Untuk membantu terhindar dari mata minus, sebaiknya anda rutin konsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin A.

Batasi waktu melihat layar HP

Membatasi waktu melihat layar saat menggunakan HP adalah cara yang cukup banyak direkomendasikan. Hal itu berguna untuk mengistirahatkan mata dari paparan cahaya dari HP. Terdapat aturan 20-20-20 yang bisa diterapkan dalam penggunaan HP, yakni 20 menit menggunakan HP, kemudian beristirahat sejenak dan seterusnya seperti itu berulang kali.

Habiskan lebih banyak waktu di luar ruangan

Menghabiskan waktu luang di luar rumah adalah cara agar mata tidak mengalami stres. Kondisi penglihatan memburuk ketika mata berada dalam kondisi fokus yang konstan. Membiarkan mata untuk beristirahat dengan melihat lingkungan atau pemandangan sekitar adalah cara yang baik.

Menggunakan kacamata pelindung sinar biru

Menggunakan kacamata pelindung sinar biru baik bagi seorang yang hidupnya banyak dihabiskan untuk menatap layar HP, komputer, atau perangkat digital lainnya. Sinar biru adalah sinar yang dikeluarkan oleh HP atau komputer yang bisa menyebabkan mata stres.

Rutin memeriksa mata

Rutin memeriksakan mata kepada dokter adalah cara untuk mengetahui apakah mata bermasalah atau tidak. Walaupun terdapat masalah, dokter pun segera untuk mencari cara agar masalah tersebut dapat disembuhkan dan tidak semakin parah.

Jangan membaca atau bekerja dalam cahaya redup

Perlu anda ketahui dimana memaksa mata untuk fokus dalam cahaya redup adalah kesalahan yang sering terjadi oleh kebanyakan orang. Sejatinya, mata membutuhkan cahaya yang cukup untuk melihat. Jika kekurangan cahaya, mata akan bekerja keras dan dapat menimbulkan masalah.

Membatasi jarak antara mata dengan monitor

Memastikan jarak yang ideal antara mata dengan monitor membantu terhindar dari masalah mata minus. Jarak idel antara mata dengan monitor adalah 50-100 cm dengan juga menerapkan eye level atau posisi monitor sejajar dengan mata.

Baca juga  Cara Mengobati Masuk Angin Cara Alami Tanpa Harus Minum Obat

Mengenakan pelindung mata saat olahraga atau melakukan hobi

Terkadang ketika berolahraga atau melakukan hobi yang cukup ekstrem akan mengakibatkan mata bermasalah. Hal itu lantaran terdapat debu, bakteri, atau unsur lainnya dari luar akan masuk ke mata saat berolahraga atau melakukan hobi tersebut.

Sehingga kenakan pelindung mata seperti kacamata renang saat renang untuk membantu mata tetap sehat.

Kenakan kacamata hitam di luar ruangan

Dan tips terakhir, kacamata hitam berfungsi agar mata tidak menerima kelebihan cahaya dikarenakan sinar matahari. Selain itu, kacamata hitam membantu mata terhindar dari sinar ultraviolet dari sinar matahari yang bersifat radikal.

Demikian informasi mengenai cara mencegah mata minus agar mata tetap normal dan sehat. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *