10+ Cara Mencegah Jerawat Secara Alami dan Menghilangkan Bekasnya, Mudah dan Hemat

0
Cara Mencegah Jerawat Secara Alami

Bagi anda yang berkutat dengan masalah jerawat dan membuat anda tidak merasa percaya diri, simak cara mencegah jerawat secara alami dan cara menghilangkan bekasnya dengan mudah dan hemat.

Memiliki wajah yang bersih, mulus, dan sehat adalah impian banyak orang. Sayangnya, masalah kulit seperti jerawat menjadi salah satu “malapetaka” yang kerap menimpa bagi banyak orang. Jerawat tidak hanya membuat wajah tidak mulus, tetapi juga meninggalkan bekas yang seringkali tidak dapat dihilangkan.

Salah satu akibat dari ketidakseimbangan hormon dalam tubuh adalah munculnya jerawat. Setiap perubahan hormon menyebabkan kelenjar menghasilkan lebih banyak sebum daripada biasanya. Aktivitas kelenjar ini meningkat, yang mengakibatkan peningkatan produksi sebum pada wajah.

Selanjutnya, tumpukan sebum ini akan bercampur dengan kotoran dan sel kulit yang mati, menyebabkan pori-pori tersumbat. Bakteri Propionobacterium acnes, penyebab jerawat, akan berkembang dengan cepat pada kondisi kulit seperti ini.

Jerawat, yang biasanya muncul di wajah sebenarnya adalah penyakit kulit yang dapat muncul di area lain tubuh seperti leher, punggung, telinga, dan bahkan dada. Tidak mengherankan jika sebagian besar orang membenci masalah jerawat karena mengganggu penampilan dan membuat rasa tidak percaya diri.

Untuk mengatasi masalah jerawat ini, simak cara-cara alami untuk mencegah jerawat dan menghilangkan bekasnya yang kami kutip berbagai sumber.

Cara Mencegah Jerawat Secara Alami dan Menghilangkan Bekasnya

Cara Mencegah Jerawat Secara Alami

Menjaga Kesehatan Kulit

Jika anda rajin melakukan metode pencegahan jerawat alami pertama ini, anda dapat melihat hasil yang baik. Mengurangi kemungkinan munculnya jerawat dengan menjaga kebersihan wajah, seperti cuci muka secara teratur setiap kali merasa kotor.

Baca juga  Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang yang Tak Kunjung Sembuh

Sering tidak sama dengan rajin. Untuk menghindari jerawat, cuci muka secara teratur karena anda akan bertemu dengan bakteri jahat di wajah anda sepanjang hari.

Mengurangi Penggunaan Kacang-kacangan

Berbagai jenis makanan dapat meningkatkan kadar gula darah, yang menyebabkan jerawat dan mengganggu penampilan anda. Jika anda ingin memiliki kulit wajah yang mulus, hindari kacang-kacangan seperti kacang kulit dan kacang mete.

Tingkatkan Konsumsi Air Putih

Memperbanyak jumlah air putih adalah cara untuk menghindari jerawat. Dipercaya bahwa mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup dapat melindungi kulit wajah dari jerawat dan mempertahankan kecantikannya. Agar kulit anda tetap lembab dan sehat, anda harus minum setidaknya delapan gelas air putih setiap hari.
Cara Alami Menghilangkan Bekas Jerawat

Jeruk Lemon

Tidak perlu menggunakan salep berbahan kimia untuk menghilangkan bekas jerawat. Herbal seperti jeruk nipis memiliki kemampuan untuk menghilangkan dan menghilangkan jerawat. Untuk melakukannya, potong jeruk nipis menjadi dua bagian, lalu usapkan airnya ke area wajah yang berjerawat. Lakukan perawatan ini dengan teratur.

Hindari Makanan Pedas

Menjaga pola makan yang sehat akan menguntungkan kesehatan organ tubuh bagian dalam dan luar. Seseorang harus memperhatikan apa yang dimakan, selain pola makan. Makanan pedas, seperti sambal, dapat menyebabkan jerawat di wajah. Untuk menghindari jerawat, kurangi makanan pedas.

Hindari Makanan Asin

Makanan asin juga dapat menyebabkan pembuluh darah dan air tubuh membengkak, terutama di atas pipi dan di bawah mata. Untuk mencegahnya, tidurlah dengan kepala lebih tinggi dan makan makanan asin secukupnya.

Memanfaatkan Beras Putih

Beras memiliki banyak manfaat untuk kulit, seperti menghaluskan dan mencerahkan kulit wajah dan mengecilkan pori-pori yang menyebabkan jerawat. Resep beras putih adalah cara alami untuk mencegah jerawat.

Baca juga  Begini Cara Efektif Mengatasi Pusing karena Bermain Gadget

Caranya adalah dengan meredam segenggam beras di dalam mangkuk. Potong air cucian pertama. Ini adalah air cucian yang akan digunakan untuk mencuci wajah anda. Jangan keringkan dengan handuk atau tisu, biarkan kulit kering sendiri hingga air beras terserap. Lakukan perawatan ini tiga kali seminggu.

Masker yang terbuat dari Alpukat dan Madu

Madu mengandung hidrogen peroksida, yang bersifat anti-bakteri, dan alpukat mengandung vitamin E, yang dapat menembus pori-pori kulit. Kombinasi kedua bahan ini memiliki kemampuan untuk menghilangkan bekas jerawat dengan cepat dan alami.

Sangat mudah untuk digunakan. Ambil setengah bagian alpukat, tumbuk hingga halus, lalu tambahkan satu sdm madu. Aplikasikan pada wajah yang telah bersih. Diamkan selama lima belas menit dan kemudian bersihkan dengan air hangat.

Masker Kunyit dan Pisang

Dalam pengobatan, kunyit memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang sangat bermanfaat. Kandungan kunyit dapat membantu penyembuhan luka dan mengurangi noda bekas luka. Oleskan kunyit ke wajah membantu mengurangi pembengkakan, peradangan, dan kemerahan yang disebabkan oleh jerawat.

Namun, berhati-hatilah saat menggunakannya karena warna kuningnya dapat bertahan lama di kulit. Kunyit dapat dicampur dengan pisang, madu, atau alpukat dan gunakannya sebagai masker wajah.

Tomat

Tomat mengandung banyak vitamin A dan C, yang membuatnya efektif dalam memerangi jerawat yang membandel. Tomat dapat digunakan sebagai masker dalam dua cara. Pertama, iris tomat tipis-tipis dan letakkannya di wajah. Cara kedua, blender satu buah tomat dan letakkannya di wajah. Diamkan selama lima belas menit dan kemudian bersihkan dengan air hangat.

Pala

Pala adalah sumber mangan, folat, magnesium, dan vitamin B6, serta senyawa antioksidan dan anti inflamasi. Pala membantu mengurangi peradangan, iritasi, dan kemerahan yang disebabkan oleh jerawat dan membuat kulit anda terlihat lebih halus ketika diterapkan padanya.

Baca juga  7+ Penyebab Gelisah dan Jantung Berdebar Dan Cara Mengatasinya

Demikian informasi mengenai cara mencegah jerawat secara alami dan cara menghilangkan bekasnya. Semoga berguna dan bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *