Cara Mencegah Hipertensi untuk Hidup yang Lebih Sehat

Date:

Share post:

Apakah anda mencari cara mencegah hipertensi untuk hidup yang lebih sehat? maka anda tepat berada di artikel ini dimana anda bisa menyimak tips dan hal-hal yang perlu anda ketahui mengenai penyakit yang umum menyerang banyak orang.

Sekedar informasi hipertensi juga biasa dikenal dengan tekanan darah tinggi yang merupakan kondisi kesehatan ketika tekanan darah seseorang terlalu tinggi dari angka normal dimana pada kondisi normal, tekanan darah adalah kurang dari 120/80 mmHg.

Adapun tekanan darah merupakan kekuatan yang diberikan oleh sirkulasi darah manusia terhadap dinding arteri, yaitu pembuluh darah utama di dalam tubuh. Darah dibawa dari jantung ke seluruh bagian tubuh melalui pembuluh darah. Setiap kali jantung berdetak, ia memompa darah ke dalam pembuluh.

Tekanan darah tercipta dari kekuatan darah yang mendorong dinding arteri saat dipompa oleh jantung. Semakin tinggi tekanan, semakin keras jantung harus memompa. Pada dasarnya, siapapun bisa mengalami hipertensi, namun ada faktor-faktor tertentu yang dapat meningkatkan risikonya. Antara lain seperti usia, berat badan, riwayat keluarga, dan gaya hidup. Dengan menjalani gaya hidup sehat, anda dapat membantu menjaga tekanan darah anda pada angka normal. Mencegah tekanan darah tinggi, dapat menurunkan risiko penyakit berbahaya lain.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa penyebab dan faktor risiko hipertensi yang bisa anda simak dibawah ini.

Faktor Risiko Hipertensi

Usia

Tekanan darah cenderung meningkat seiring bertambahnya usia seseorang.

Baca juga  7 Tips Olahraga Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan

Berat Badan

Orang yang kelebihan berat badan atau obesitas lebih mungkin mengalami tekanan darah tinggi.

Jenis Kelamin

Sebelum usia 55 tahun, pria lebih mungkin terkena tekanan darah tinggi daripada wanita. Namun setelah usia 55, wanita lebih mungkin terkena dibandingkan pria.

Ras/Etnis

Tekanan darah tinggi lebih sering terjadi pada orang dewasa ras Afrika-Amerika

Gaya Hidup

PErlu anda catat dimana kebiasaan gaya hidup tertentu dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, seperti makan terlalu banyak natrium (garam) atau tidak cukup kalium, kurang olahraga, minum terlalu banyak alkohol, dan merokok.

Riwayat keluarga

Riwayat keluarga dengan tekanan darah tinggi meningkatkan risiko terkena tekanan darah tinggi.

Cara Mencegah Hipertensi

Cara Mencegah Hipertensi

Berikut ini 7 tips mencegah hipertensi atau tekanan darah tinggi untuk hidup yang lebih sehat yang kami kutip dari beragam sumber yang bisa anda simak dibawah ini.

Konsumsi Makanan Sehat

Makanlah makanan yang sehat, untuk membantu anda menjaga tekanan darah tetap terkendali. Perbanyak makan buah dan sayuran, dan batasi asupan lemak jenuh, lemak trans, serta gula. Anda pun sebaiknya membatasi makan daging merah, natrium, dan permen.

Menjaga Berat Badan

Kelebihan berat badan atau obesitas bisa meningkatkan risiko tekanan darah tinggi. Untuk menentukan apakah berat badan anda dalam kisaran yang sehat, dokter sering menghitung indeks massa tubuh anda.

Bila diperlukan bicarakan dengan ahlinya tentang cara untuk mencapai berat badan yang sehat, termasuk memilih makanan sehat dan melakukan aktivitas fisik secara teratur.

Hindari Rokok

Merokok bisa meningkatkan tekanan darah Anda dan menempatkan Anda pada risiko yang lebih tinggi untuk serangan jantung dan stroke.Jika Anda berhenti merokok, akan menurunkan risiko penyakit jantung.

Baca juga  Begini Penyebab Mual setelah Minum Kopi, Apakah Kopi Buruk?

Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup penting untuk kesehatan Anda secara keseluruhan, dan tidur yang cukup adalah bagian dari menjaga kesehatan jantung serta pembuluh darah anda. Kurang tidur secara terus-menerus dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan stroke. Jumlah waktu tidur untuk orang dewasa berusia 18-60 tahun, direkomendasikan sebanyak 7 jam atau lebih per malam.

Aktif Secara Fisik

Aktivitas fisik dapat membantu Anda menjaga berat badan tetap sehat sekaligus menurunkan tekanan darah. Setidaknya lakukan olahraga seperti jalan cepat atau bersepeda, setiap minggu. Bukan hanya orang dewasa, anak-anak dan remaja pun harus mendapatkan 1 jam aktivitas fisik setiap hari.

Kurangi Garam

Bagi banyak orang, diet rendah sodium dapat membantu menjaga tekanan darah tetap normal dimana semakin tinggi asupan natrium, akan semakin tinggi tekanan darah. Anda dapat mengurangi total asupan garam dengan menghindari makanan kemasan dan olahan yang mengandung sodium tinggi dan tidak menambahkan garam ke makanan anda.

Kelola Stres

Sementara hubungan antara stres dan tekanan darah masih dipelajari, stres diketahui berkontribusi terhadap faktor risiko penting lainnya untuk hipertensi, termasuk makan yang tidak sehat dan asupan alkohol. Meditasi dapat membantu anda mengelola stres dan tekanan darah tinggi.

Demikian informasi mengenai cara mencegah hipertensi untuk hidup yang lebih sehat yang bisa menjadi referensi anda agar terhindar dari penyakit yang kadang mengintai tanpa disadari. Semoga berguna dan bermanfaat.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

9 Cara Mengatasi Mata Perih, Jangan Asal Kucek!

Apakah mata anda terasa perih dan membuat anda kesulitan untuk melihat dengan baik? jangan kuatir, sebab pada kesempatan...

10 Tips Traveling Murah ke Korea Selatan, Hemat dan Ramah di Kantong

Apakah anda berencana liburan ke luar negeri atau tepatnya di Korea Selatan? maka jangan lewatkan tips traveling murah...

5 Game Bertema Anjing Seru Dimainkan di HP Android, Lucu dan Bikin Gemas

Anjing adalah salah hewan peliharaan favorit banyak orang dan jika anda termasuk pecinta anjing, maka jangan lewatkan rekomendasi...

7 Game Membangun Desa Seru dan Terbaik di Hp Android

Seperti biasa kami akan membagikan rekomendasi game seru untuk anda mainkan di Hp android anda, dan pada kesempatan...