7 Cara Mencegah Diabestes pada Anak, Awasi Pemicunya

Date:

Share post:

Tahukah anda bahwa diabetes juga bisa menyerang anak sejak dini? Maka penting untuk anda menyimak cara mencegah diabetes pada anak dengan menghindari pemicu penyebab diabetes pada anak.

Sekedar informasi, Diabetes adalah penyakit kronis yang bersifat jangka panjang dan ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah dalam tubuh secara tidak normal. Adapun jenis diabetes terbagi menjadi dua, ada tipe 1 dan tipe 2 dimana kedua tipe ini berpeluang bisa menyerang anak-anak.

Pada diabetes tipe 1, tubuh anak tidak lagi bisa memproduksi insulin yang punya peran penting dalam mengontrol kadar gula darah.Sementara diabetes tipe 2 merupakan kondisi kronis yang memengaruhi bagaimana tubuh memetabolisme atau memproses gula menjadi energi.

Akan tetapi, dari dua jenis diabetes yang ada, bisa dikatakan diabetes tipe 1 menjadi jenis yang paling sering terjadi pada anak-anak dimana kesehatan ini muncul karena masalah autoimun, ketika imunitas tubuh anak justru menyerang organ pankreas dan hasilnya organ tersebut tidak dapat bekerja dengan optimal.

Salah satu dampaknya adalah pankreas hanya membuat sedikit insulin atau tidak lagi bisa memproduksinya. Insulin sendiri adalah hormon yang memiliki peran penting untuk mengubah glukosa pada tubuh menjadi energi. Apabila kadar insulin tidak tercukupi, akan terjadi akumulasi gula pada aliran darah di tubuh anak.

Cara Mencegah Diabestes pada Anak

Cara Mencegah Diabestes pada Anak

Setelah mengetahui bahaya diabetes pada anak dimana diabetes juga berpeluang besar anak-anak. Maka dari itu, simak cara mencegah diabetes pada buah hati anda yang bisa anda catat sebagai berikut.

Baca juga  Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Bangun Tidur dan Penyebabnya

Pola Makan Sehat

Penting bagi anda para orang tua untuk mengajarkan pola makan sehat dan seimbang merupakan langkah awal yang sebaiknya dilakukan oleh para orang tua. Pastikan anak-anak mendapatkan nutrisi yang cukup dari berbagai sumber, termasuk buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan protein rendah lemak. Sebisa mungkin, hindari makanan olahan dan bergula berlebihan, serta perhatikan ukuran porsinya.

Kurangi konsumsi minuman manis

Sudah bukan rahasia umum apabila anak-anak menyukai minuman manis warna warni. Pada umumnya minuman manis, terutama yang mengandung gula tambahan, tentu rentan meningkatkan risiko diabetes pada anak. Hindarilah minuman bersoda dan jus buah dengan tambahan pemanis buatan atau mengandung gula.

Aktivitas Fisik

Anak-anak perlu dibiasakan aktif secara fisik setiap harinya. Libatkan mereka untuk berpartisipasi dalam kegiatan fisik seperti olahraga, bersepeda, berenang, atau bermain di luar rumah. Aktivitas fisik yang teratur akan mengontrol berat badan dan meningkatkan sensitivitas insulin, sehingga mencegah risiko diabetes.

Pantau Berat Badan

Obesitas adalah faktor risiko utama untuk mengembangkan diabetes pada anak-anak. Pantau berat badan anak secara teratur dan ajak mereka berpartisipasi dalam kegiatan yang mendorong penurunan berat badan jika diperlukan. Berikan dukungan dan contoh yang baik dalam menjaga pola makan dan gaya hidup sehat.

Kenali Riwayat Keluarga

Diabetes dapat memiliki komponen genetik. Jika ada riwayat diabetes dalam keluarga, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui risiko anak terkena diabetes. Dokter akan memberikan saran yang tepat mengenai langkah-langkah pencegahan.

Batasi Waktu Menonton TV/Gadget

Terlalu banyak waktu yang dihabiskan untuk menonton TV dan menggunakan gadget dapat mengurangi waktu beraktivitas fisik dan meningkatkan kecenderungan untuk makan camilan yang tidak sehat. Batasi waktu anak-anak dan berikan mereka dukungan untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar serta bermain di luar rumah.

Baca juga  Begini Cara Memutihkan Badan secara Alami yang Efektif dan Aman

Memperhatikan Berat Badan Anak

Apabila anak anda memiliki kelebihan berat badan, orang tua perlu segera konsultasi ke dokter supaya mendapat edukasi dan penanganan tepat soal cara diet yang aman bagi anak dimana berat badan berlebihan bisa saja membuka potensi ada gejala diabetes karena pola makan yang tidak sehat.

Demikian informasi mengenai cara mencegah diabetes pada anak dengan menghindari pemicu penyebab diabetes pada anak. Dengan cara diatas, anda bisa memberikan perlindungan terbaik bagi anak-anak demi mencegah diabetes. Semoga berguna dan bermanfaat.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

7 Tips Olahraga Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang merasa memiliki berat badan berlebihan, maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini...

Begini Tips Cara Aman Liburan dengan Kapal Laut

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips cara aman liburan dengan kapal laut yang bisa menjadi referensi...

5+ Rekomendasi Game Kapal Perang Seru di Android Terbaru

Bagi anda penggemar game bernunsa perang dan militer, maka pastinya anda tidak ingin melewatkan rekomendasi game kapal perang...

Panduan Cara Membeli Tangki Motor Custom Yang Baik dan Benar

Bagi anda yang berencana ingin membeli tangki motor custom, maka anda perlu mengetahui cara memilih yang baik dan...