Begini Cara Membuat WhatsApp Auto Reply Dan Fungsinya

Date:

Share post:

Apakah anda sedang mencari cara membuat whatsapp auto reply bagi anda yang sibuk dan sering mendapatkan pesan WA yang masuk? maka simak panduannya dibawah ini lengkap dengan fungsinya.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama dimana whatsapp merupakan aplikasi perpesanan dan komunikasi yang sangat populer saat ini dimana aplikasi ini telah menjelma menjadi aplikasi “sejuta umat” dan hampir dimiliki setiap pengguna HP di tanah air.

Selain memudahkan melakukan pesan chat, panggilan suara, video call dengan gratis hanya dengan bermodalkan sinyal internet yang lancar, whatsapp juga dikenal memiliki ragam fitur yang mendukung berbagai aktivitas dan kegiatan sehingga tidak heran apabila whatsapp sering digunakan bukan hanya untuk kebutuhan komunikasi pribadi, tetapi juga untuk komunikasi bisnis.

Adapun salah satu fitur whatsapp yang cukup penting dan bermanfaat adalah fitur auto reply whatsapp dimana sesuai dengan namanya, fitur ini bisa membantu anda membalas pesan masuk secara otomatis dan akan langsung terkirim tanpa perlu diketik terlebih dahulu.

Fitur WhatsApp Auto Reply ini memanfaatkan chatbot, sehingga pesan akan terkirim secara otomatis. Chatbot biasanya hadir pada API WhatsApp dan anda bisa menentukan jawaban atas pertanyaan yang sering diajukan.

Apabila chatbot tidak bisa menjawab pertanyaan terkait, maka anda dapat menjawab pesan tersebut secara langsung. Tidak perlu kuatir masalah keamanan, sebab Chatbot bukanlah program berbahaya, dan kinerjanya pun tidak akan mencuri data. Program ini membaca semua pesan masuk atau keluar dari riwayat penggunaan WhatsApp setiap pemilik nomornya.

Dengan melihat fungsinya, tidak heran apabila fitur autoreply WA ini sering dimanfaatkan bagi para pebisnis untuk menjawab pesan masuk secara otomatis setiap chat pelanggan yang masuk. Dengan demikian, anda pun tidak perlu repot membalas satu-persatu WA yang masuk, khususnya saat anda sedang sibuk dan mengerjakan hal yang lain.

Baca juga  Begini Cara Download Microsoft Office Gratis di Laptop Secara Legal

Untuk mengenai fitur ini lebih dalam, berikut ini beberapa fungsi dan manfaatnya.

Fungsi Auto Reply WA

Cara Membuat WhatsApp Auto Reply

Menjawab pesan pelanggan 24/7

Fungsi dan manfaat yang pertama adalah dapat merespons pesan pelanggan selama 24/7 atau bisa dikatakan setiap hari, kapan saja. Pesan yang diterima pelanggan pun akan lebih cepat karena mendapat respons otomatis.

Membantu kedekatan dengan pelanggan

Dengan menggunakan WhatsApp Auto Reply, bisnis kamu akan terjaga secara otomatis. Hal itu disebabkan kamu dapat melakukan pendekatan lewat percakapan pelanggan, salah satu karakteristik dapat meningkatkan informasi terkait.

Menghemat biaya

Keuntungan lainnya adalah dapat menghemat dana, karena dalam merespons pelanggan tidak memerlukan layanan pelanggan 24/7 yang bisa diatasi dengan menggunakan auto reply WhatsApp. Meski tidak menggunakan layanan pelanggan, kepuasan pelanggan masih dapat terus meningkat dengan pelayanan yang baik.

Adapun contoh WhatsApp auto reply yang bisa diterapkan pada WhatsApp bisnis milik anda, yaitu dengan menggunakan kata-kata auto reply WhatsApp sebagai berikut.

– Selamat datang di toko Best T-Shirt, apakah Anda tertarik membeli produk yang kami miliki atau Anda memiliki pertanyaan pada produk yang ingin dibeli? Silahkan ketik di sini. Terima kasih.

– Halo pelanggan setia “Toko Kami”! Mencari barang elektronik terbaru dan terlaris? Lihat katalog toko dan dapatkan diskon hingga 30% untuk pelanggan baru. Promosi ini berlaku mulai tanggal 21 hingga 25 Februari 2023. Tunggu apa lagi, jangan sampai ketinggalan dan menyesal!

– Halo pelanggan yang terhormat, maaf, toko kami tutup. Jika ada pertanyaan, kami akan menjawab selama bekerja besok. Terima kasih atas kesabaran Anda.

Baca juga  Cara Mudah Menambahkan Jalan Baru di Google Map

Cara Membuat WhatsApp Auto Reply

Bagi anda yang tertarik menggunakan fitur auto reply WA ini, maka anda bisa menyimak panduannya sebagai berikut.

  • Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah memastikan bahwa anda sudah login ke akun WhatsApp, khususnya WhatsApp Business.
  • Lalu anda bisa klik Pengaturan. Apabila anda sudah masuk, anda bisa klik tiga ikon di sisi kanan dan pilih pengaturan atau opsi pengaturan.
  • Aktifkan pengiriman pesan. Setelah itu, anda dapat mengaktifkan pengiriman pesan dengan menekan tombol sakelar hingga berubah warna menjadi hijau.
  • Edit templat penjawab otomatis. Selanjutnya, anda bisa menulis atau mengedit template auto reply yang diinginkan sesuai dengan produk yang dijual. Template ini akan muncul sebagai respons terhadap pelanggan.
  • Mengatur informasi. Setelah itu, kamu dapat menjadwalkan pengiriman pesan dengan menjadwalkan kapan pesan akan dikirimkan ke pelanggan.
  • Pilih penerima. Dan terakhir anda bisa memilih siapa penerima pesan. Hal ini memungkinkan anda untuk memutuskan siapa yang akan menerima balasan otomatis, apakah hanya kontak anda, teman dekat, atau siapa pun yang menerima nomor anda yang dapat menerima balasan otomatis ini.

Demikian informasi mengenai cara membuat whatsapp auto reply bagi anda yang sibuk dan sering mendapatkan pesan WA yang masuk. Semoga berguna dan bermanfaat.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

Panduan Cara Membeli Tangki Motor Custom Yang Baik dan Benar

Bagi anda yang berencana ingin membeli tangki motor custom, maka anda perlu mengetahui cara memilih yang baik dan...

Tips Membeli Sepatu Gunung Yang Nyaman dan Enak Dipakai Sesuai Medan

Apakah anda berencana membeli sepatu gunung untuk digunakan menghabiskan waktu dengan liburan hiking atau mendaki ke wisata gunung...

Cara Mengatasi Mata Belekan dan Penyebabnya

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara mengatasi mata belekan dan penyebabnya. Sebagai informasi, mata belekan merupakan kondisi...

Solusi Beli Rumah Murah Dengan Beli yang Lagi Disita

Apakah anda ingin mencari cara membeli rumah dengan harga yang lebih murah dengan lokasi seperti yang anda inginkan?...