Panduan Cara Membuat NPWP Online Pribadi, Mudah dan Anti Ribet

0
Cara Membuat NPWP Online Pribadi

Tahukah bahwa anda kini bisa membuat NPWP secara online tanpa harus ke kantor perpajakan? begini panduan cara membuat NPWP online pribadi yang bisa anda simak pada artikel kami kali ini.

Sekedar informasi, NPWP adalah singkatan dari nomor pokok wajib pajak dimana kartu wajib pajak ini seharusnya dimiliki oleh setiap warga negara yang sudah cukup umur dan telah berpenghasilan dan telah memenuhi syarat untuk memenuhi kewajiban wajib membayar pajak kepada negara yang akan digunakan untuk menjadi sumber pendapatan negara dalam membiayai infrastruktur dan fasilitas umum untuk masyarakat, membiayai gaji para abdi dan petugas negara, memberikan subsidi untuk masyarakat tidak mampu, dan lain sebagainya.

Akan tetapi pada kenyataannya, masih banyak masyarakat dan telah memenuhi persyaratan yang belum memiliki NPWP karena berpikir ribet untuk mengurusnya padahal NPWP ini penting dalam mengurus sesuatu pada lembaga perbankan dan juga pada lembaga pemerintahan dimana NPWP merupakan syarat wajib yang harus dimiliki.

Selain itu, masih banyak juga masyarakat yang beranggapan membuat Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) itu ribet dan memakan waktu lama tanpa mengetahui sanksi apa yang bisa mereka terima jika tidak memiliki NPWP.

Adapun sanksi tidak memiliki NPWP sesuai Undang-Undang No.6 Tahun 1983 Tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan, dengan perubahan terbaru pada Undang-Undang No. 28 Tahun 2007 sebagai berikut.

  • Pidana penjara paling singkat 6 bulan dan paling lama 6 tahun.
  • Denda senilai dua kali jumlah pajak terutang yang tidak atau kurang dibayar, dan paling banyak empat kali jumlah pajak terutang yang tidak atau kurang dibayar.

Cara Membuat NPWP Online Pribadi

Cara Membuat NPWP Online Pribadi

Bagi anda yang memiliki masalah serupa dan masih belum memiliki NPWP karena berpikir prosesnya yang ribet, maka anda perlu ketahui bahwa saat ini anda bisa membuat NPWP online sehingga anda tidak perlu repot-repot ke kantor pajak dan antri serta mengikuti prosesnya. Anda hanya cukup membutuhkan sinyal internet yang baik dan memulai mendaftarkan NPWP online tanpa meninggalkan tempat duduk anda.

Baca juga  Besaran Denda Telat Bayar PBB? Begini Cara Hitungnya

Berikut panduan cara membuat NPWP online yang bisa anda simak sebagai berikut.

  • Silahkan kunjungi situs pendaftaran NPWP di ereg.pajak.go.id/daftar langsung dari browser perangkat yang anda gunakan.
  • Lalu klik “Daftar” yang berada pada bagian paling bawah. Kemudian, buka email yang dikirim e-Reg. Secara otomatis anda akan terhubung ke halaman pendaftaran.
  • Anda bisa melengkapi seluruh data pendaftaran dengan benar. Data yang diminta meliputi nama, alamat email, password, dan sebagainya.
  • Nantinya anda akan mendapatkan panduan untuk melakukan aktivasi dari Dirjen Pajak yang dikirimkan via email yang telah didaftarkan.
  • Anda akan terhubung secara otomatis ke halaman pendaftaran untuk memasukkan email dan kata sandi yang sudah didaftarkan sebelumnya. Anda bisa mengisi formulir sesuai intruksi yang ada.
  • Centang kotak unggah, anda harus mengunggah berkas foto e-KTP di kotak “+Upload KTP Di Sini”. Lalu ikuti arahannya dan klik “Simpan”
  • Setelah disimpan dan status pendaftaran sudah terlihat, klik “Minta Token” dan masukkan kode Captcha yang tersedia. Klik “Submit” dan token akan dikirimkan ke email anda.
  • Silahkan buka lagi email anda dan menyalin kode token yang dikirim. Lalu kembalilah ke halaman sebelumnya.
  • Klik’ “Kirim Permohonan”
  • Centang seluruh kotak pernyataan dan salin lagi tokennya dan klik “Kirim”.

Setelah semua langkah diatas telah anda lakukan dengan benar, maka mari berlanjut ke langkah selanjutnya dalam cara membuat NPWP online yang bisa anda simak dibawah ini.

  • Setelah proses aktivasi berhasil dilakukan, login kembali ke sistem e-Registration dengan memasukkan email dan password yang telah anda buat, kemudian akan melihat tampilan Registrasi Data WP (wajib pajak) untuk pembuatan NPWP.
  • Lengkapi semua data dengan benar pada formulir persyaratan membuat NPWP yang tersedia.
  • Apabila data sudah diisi, selanjutnya klik daftar untuk mengirim registrasi wajib pajak secara elektronik ke KPP tempat wajib pajak terdaftar.
  • Kemudian cetak formulir registrasi beserta surat keterangan terdaftar yang ada pada layar.
  • Tandatangani formulir registrasi wajib pajak dan juga jangan lupa untuk melengkapi dokumen lain yang diperlukan.
  • Setelah itu, kirimkan semua dokumen ke KPP tempat anda mendaftarkan diri. Berkas tersebut dapat dikirim via pos atau diserahkan langsung. Perlu diketahui, kalau pengiriman dokumen harus dilakukan selambatnya 14 hari setelah formulir dikirim secara elektronik.
  • Anda juga bisa mengirimkan berkas tanpa mendatangi KPP ataupun melalui pos. Caranya, scan semua dokumen dan unggah dalam bentuk soft file melalui aplikasi e-Registration.
Baca juga  Cara Mengetahui Siapa yang Melihat Profil TikTok Anda

Setelah berkas dikirim, anda bisa menunggu kartu NPWP hingga sampai ke alamat rumah anda. Selain itu, anda juga dapat memeriksa status pendaftaran melalui email atau halaman history pendaftaran pada aplikasi e-Registration.

Apabila statusnya ditolak, maka anda bisa segera lengkapi data yang perlu diperbaiki.

Sekian informasi mengenai cara membuat NPWP online pribadi. Dengan demikian, kini mengurus NPWP pun tidak sesulit yang dibayangkan dengan segala proses yang panjang dan rumit. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *