Cara Membuat Channel WhatsApp (WA) Untuk Saluran Informasi

0
Cara Membuat Channel WhatsApp

Apakah anda penasaran ingin mengetahui cara membuat channel whatsapp (WA) untuk saluran informasi, maka anda tepat berada di artikel ini dimana anda bisa menyimak panduan yang akan kami bagikan kali ini.

Jika anda termasuk pengguna setia WA dan telah melakukan update WA terbaru, pastinya anda menyadari fitur terbaru dari WA yang diberinama WhatsApp Channel. Fitur ini memungkinkan pengguna mengikuti akun orang atau organisasi tertentu.

Adapun saluran WhatsApp memiliki berbagai isi, seperti teks, foto, video, atau tautan. Dengan mengikuti saluran orang atau organisasi yang diminati, pengikut dapat mendapatkan informasi relevan.

Namun, karena sistem komunikasi channel WhatsApp satu arah, pengkuti channel di WA tidak dapat membalas pesan admin channel secara langsung. Hanya melalui reaksi emoji atau mengikuti polling yang dibuat oleh pemilik saluran saja para pengikut Channel WhatsApp dapat menunjukkan minat dan berinteraksi.

Berikut manfaat dan fungsi memiliki whatsapp channel sebagai berikut.

Manfaat Whatsapp Channel

Informasi Pribadi

Pengguna dapat menerima informasi secara pribadi melalui fitur ini. Saat bergabung dengan salah satu komunitas atau saluran, segala informasi pribadi kamu terjamin dan tidak akan terdeteksi oleh pengikut saluran tersebut. Kamu bisa mengecek informasi pribadi saluran sebelum bergabung di dalamnya.

Akses Mudah

Channel tersedia di tab ‘Pembaruan’. Kamu dapat mengikuti orang atau organisasi yang diminati. Dan, kamu akan mendapatkan berbagai informasi terbaru dari Channel terkait.

Seperti teks, tautan ke informasi, foto, atau video secara mudah. Pada fitur ini kamu tidak secara otomatis berlangganan ke saluran, jadi bisa menelusuri terlebih dahulu sebelum mengikutinya.

Baca juga  Begini Cara Menghilangkan Internet Positif di HP Android dan PC

Privasi dan Keamanan

Fitur ini memiliki langkah-langkah privasi dan keamanan yang terjamin. Nomor telepon dan foto profil kamu tidak akan ditampilkan kepada pengikut. Demikian pula, mengikuti suatu saluran tidak akan mengungkapkan nomor telepon kepada admin atau pengikut lainnya.

Orang yang melihat saluran, bahkan pengikut lain, tidak dapat melihat siapa saja yang mengikuti saluran dan informasi profil. Interaksi kamu dengan konten saluran (seperti reaksi emoji atau pilihan di poling) tidak dapat mereka lihat. Mereka tidak dapat melihat nama, nomor telepon, atau foto profil.

Siaran Satu Arah

Saluran adalah fitur siaran satu arah yang memungkinkan admin mengirim teks, foto, video, stiker, dan poling ke banyak orang. Sehingga, jika pengguna merasa saluran sesuai preferensi dan minat. Pengguna dapat mengikuti saluran tersebut dan mendapatkan segala informasi secara satu arah.

Penyebaran Informasi Secara Cepat dan Massal

Fitur ini memungkinkan pengguna menyebarkan informasi secara cepat dan masif. Sebagai contoh, info kecelakaan, lalu lintas, cuaca, berita terkini, dan lainnya dipastikan informasi tersebut dapat dijamin secara aman dan terukur.

Cara Membuat Channel WhatsApp

Cara Membuat Channel WhatsApp

Jika anda pemilik bisnis, atau memiliki media informasi, maka pastinya channel WA bisa anda manfaatkan untuk membagikan informasi kepada para peminat informasi yang anda berikan. Untuk itu kali ini kami akan membagikan cara membuat channel whatsapp (WA) untuk saluran informasi yang bisa anda simak sebagai berikut.

Berikut cara dan panduan untuk membuat channel WhatsApp unik yang dapat dibagikan ke semua kontak yang menggunakan WhatsApp.

  • Pertama, silahkan buka aplikasi WhatsApp di perangkat masing-masing.
  • Kemudian anda bisa klik tab “Pembaruan” atau Updates dan gulir ke bahwa ke menu Channels.
  • Klik ikon “tanda Plus”, lalu pilih “Saluran baru” atau Create Channel.
  • Klik “Mulai”, lalu lanjutkan dengan mengikuti petunjuk di layar.
  • Tulis nama saluran di kolom yang tersedia untuk menyelesaikan proses pembuatan WhatsApp Channel.
  • Pengguna dapat mengubah nama saluran kapan saja, lalu bisa menyesuaikan saluran dengan menambahkan deskripsi atau foto ikon.
  • Klik “Buat saluran”, dan sampai tahap ini Channel WhatsApp selesai dibuat.
  • Selanjutnya tinggal membagikan saluran ke kontak masing-masing.
  • Buka saluran WhatsApp dengan mengeklik ikon “Saluran”.
  • Klik saluran, lalu nama saluran Anda.
  • Klik “Salin tautan”, dan kirim ke orang-orang atau kontak yang dituju.
Baca juga  Begini Cara Dapat Centang Biru Instagram yang Mudah dan Cepat

Sebagai catatan, fitur pembuatan Channel WhatsApp kemungkinan saat ini belum tersedia secara merata di semua pengguna. Namun walaupun begitu, anda bisa mengajukan akun ke dalam daftar tunggu (wait list) untuk mendapat akses pembuatan Saluran WhatsApp. Selain itu, pastikan akun WhatsApp yang terpasang di perangkat sudah diperbarui ke versi terbaru.

Demikian informasi mengenai cara membuat channel whatsapp (WA) untuk saluran informasi pribadi anda kepada pengikut anda. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *