Begini Cara Membersihkan Layar TV LED dengan Aman

0
Cara Membersihkan Layar TV LED

Membersihkan layar TV LED tidaklah sama dengan membersihkan layar TV biasa dimana LED memiliki panel pada layar yang harus anda waspadai ketika membersihkan layar. Begini cara membersihkan layar TV LED dengan aman untuk anda simak dibawah ini.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama, TV LED merupakan terobosan baru dalam teknologi TV yang merupakan perangkat eletronik umum yang biasa digunakan dirumah. Dari namanya saja tentu anda sudah bisa membedakan TV LED dengan TV LCD atau TV tabung dimana LED adalah kependekan dari Light Emitting Diodes.

Layar LED menggunakan backlight di belakang layar utama dari diode, lampu yang amat sangat kecil. Dengan ukurannya yang kecil ini, akan mampu menghemat tempat di belakang layar. Diode bisa ditempatkan tepat di belakang layar atau justru di pinggirnya.

Karena teknologi inilah yang wajib anda waspadai ketika membersihkan TV LED anda agar TV anda bisa aman dan bertahan lama serta awet penggunaannya. Untuk itu, kali ini kami akan membagikan cara membersihkan layar TV LED dengan aman yang bisa anda simak sebagai berikut.

Cara Membersihkan Layar TV LED dengan Aman

Cara Membersihkan Layar TV LED

Matikan Televisi

Sebelum membersihkan layar televisi, pastikan sudah mematikan tv dengan mencabut kabel dari colokan listrik. Sesudah itu jangan langsung dibersihkan dimana anda harus diamkan sampai televisi dingin. Hal ini merupakan catatan penting yang harus anda ingat untuk mengurangi risiko kerusakan karena dibasuh air dalam kondisi masih panas.

Bersihkan Debu

Untuk membersihkan debu dan kotoran, usahakan jangan menyentuh layar televisi dengan tangan. Anda bisa mencoba meniup debu yang menempel atau membersihkannya dengan blower.

Baca juga  8 Aplikasi Kompres Video Terbaik untuk Android, Gratis!

Gunakan Cairan Screen Clean

Untuk membersihkan layar TV LED, anda bisa menggunakan lap bersih atau kanebo. Caranya pun sangat mudah, dimana anda cukup mengelap bersih atau kanebo ke air bersih, lalu peras sampai kering. Semprotkan cairan screen clean ke bagian permukaan layar TV. Pastikan mengusap dengan satu arah, jangan bolak-balik atau berputar karena nanti akan merusak atau menggores layar TV.

Apabila anda sudah melakukannya dengan benar, anda bisa melanjutkan dengan mengelap menggunakan yang kering dan bersihkan untuk memaksimalkan kebersihannya.

Menggunakan Kain Lembut

Anda bisa mencoba menggunakan kain lembut untuk membersihkan layar LED. Karena akan merusak permukaan layar LED TV. Sebaliknya anda bisa menggunakan tissue atau microfiber berbahan halus kering. Selain pentingnya layar bersih, TV dengan beragam fitur akan lebih menarik untuk dinikmati bersama keluarga atau orang terdekat, sebagaimana dikutip dari Aqua elektronik.

Demikian informasi mengenai cara membersihkan layar TV LED dengan aman yang bisa anda ikuti dan terapkan agar TV LED selalu bersih tetapi juga aman dan awet. Jangan sampai niat hati untuk membersihkan TV tetapi malah merusaknya, pastinya hal yang tidak anda inginkan bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *