Cara Mematikan Fitur Auto Correct iPhone Biar Nyaman Mengetik

0
Cara Mematikan Fitur Auto Correct iPhone

Apabila anda bingung cara mematikan fitur auto correct iPhone yang sering mengganggu ketika anda sedang mengetik, maka anda tidak perlu bingung lagi sebab anda bisa menyimak panduannya dibawah ini.

Perlu anda ketahui bahwa sesuai dengan namanya, fitur auto correct yang terdapa di iPhone merupakan fitur yang bertujuan membuat pengetikan teks menjadi lebih cepat dengan mudah dimana fitur ini akan bekerja otomatis “membenarkan” atau “menyambung” teks yang akan ditulis tanpa anda harus menulis dengan sebuah kata menjadi kalimat dengan lengkap.

Dengan fitur ini pada dasaranya akan membuat anda bisa mengetik dengan cepat dimana anda tidak perlu lagi mengoreksi ejaan atau kata-kata yang salah. Keyboard akan secara otomatis membetulkannya sesuai dengan kamus yang digunakan.

Namun sayangnya, fitur auto correct pada keyboard iPhone memang belum benar-benar sempurna dimana masih banyak terdapat “kesalahan” dalam mengoreksi kata, nama, atau istilah yang kamus bahasa yang belum masuk dalam database seperti bahasa Indonesia. Karena kesalahan fitur auto correct ini membuat pengguna harus kembali mengoreksi kembali teks yang dibuat secara manual dan jadinya bukannya malah mempercepat tetapi malah memperlambat.

Bahkan tidak jarang banyak kesalaha pengetikan atau typo yang membuat orang tidak mengerti ketika anda berkirim pesan di whatsapp, telegram atau mengirim teks di sosial media. Namun jangan kuatir, sebab bagi anda yang tidak nyaman dengan fitur auto correct ini, anda bisa menonaktifkan di HP iPhone anda.

Bagi anda yang belum mengetahui caranya, maka anda bisa menyimak panduannya sebagai berikut.

Cara Mematikan Fitur Auto Correct iPhone

Cara Mematikan Fitur Auto Correct iPhone

  • Pertama-tama anda bisa masuk ke menu Settings di HP Iphone
  • Setelah masuk di pengaturan setting, selanjutnya ke General dan pilih Keyboard
  • Klik toggle Auto-Correction untuk beralih ke off. Apabila sudah dimatikan maka akan berubah menjadi abu-abu bukannya hijau.
  • Ulangi langkah nomor tiga diatas jika ingin mengaktifkan fitur Auto-Correction lagi. Dengan dimatikannya fitur autocorrect berarti iPhone anda tidak akan lagi memperbaiki kesalahan mengetik.
Baca juga  Begini Cara Merekam Layar HP Oppo Tanpa Aplikasi Tambahan

Sebagai alternatif lain, anda juga dapat mengakses halaman pengaturan untuk mematikan fungsi auto correct iPhone secara langsung dari keyboard-nya. Jadi bisa mengaturnya secara lebih praktis tanpa perlu menutup aplikasi pesan atau pengedit dokumen. Simak panduannya sebagai berikut

Mematikan Fitur Auto Correct iPhone Lewat Keyboard

  • Akses keyboard iPhone dengan mengetik di aplikasi pesan instan atau pengedit dokumen.
  • Tekan dan tahan tombol Emoji atau Globe.
  • Pilih Keyboard Settings dari menu yang muncul.
  • Atur tombol sakelar pada opsi Auto-Correction ke kondisi mati.

Setelah mematikan fungsi auto correct, keyboard iPhone menariknya masih bisa membantu anda mengoreksi kata atau ejaan yang salah. Hanya saja harus dilakukan secara manual dengan mengetuk teks tersebut kemudian memilih salah satu dari pengganti yang disarankan.

Demikian informasi mengenai cara mematikan fitur auto correct iPhone yang sering mengganggu ketika anda sedang mengetik. Anda cukup mengikuti 3 langkah mudah diatas agar fitur ini menjadi tidak aktif dan anda pun bisa lebih nyaman mengetik berbagai bahasa gaul atau slang tanpa harus dikoreksi oleh fitur auto correct ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *