Cara Mudah Melamar Kerja Dengan Aplikasi LinkedIn Yang Efektif

0
Cara Mudah Melamar Kerja Dengan Aplikasi LinkedIn Yang Efektif

Apakah anda sedang mencari lowongan pekerjaan, maka anda bisa mencoba memanfaatkan aplikasi bernama Linkedin dimana pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara mudah melamar kerja aplikasi Linkedin yang bisa anda simak dibawah ini.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama dimana di era digital seperti saat ini memberikan dampak yang luas terhadap berbagai kemudahan yang kini bisa dinikmati banyak orang. Salah satunya adalah dalam dunia kerja, dimana mencari lowongan kerja kini bisa dilakukan secara online dengan berbagai platform lowongan kerja yang bisa dimanfaatkan para pencari kerja.

Dan pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara melamar pekerjaan dengan menggunakan aplikasi Linkedin yang mana platform ini sudah sangat populer sebagai platform sosial media profesional yang didedikasikan untuk memenuhi kebutuhan bisnis, berbagi pengalaman kerja, dan berita industri.

Selain itu, LinkedIn juga digunakan untuk mencari informasi lowongan pekerjaan yang cukup efektif sehingga tidak heran apabila banyak pencari kerja yang menjadikannya pilihan favorit.

Akan tetapi masih banyak orang yang belum mengetahui cara memaksimalkan mencari pekerjaan menggunakan Linkedin. Dan oleh karena itu, anda bisa menyimak beberapa panduannya sebagai berikut.

Cara Melamar Kerja Dengan Aplikasi LinkedIn Yang Efektif

Cara Mudah Melamar Kerja Dengan Aplikasi LinkedIn Yang Efektif

Cara Melamar Kerja di LinkedIn lewat Postingan Pekerjaan

Seperti yang kami sebutkan diatas, Linkedin merupakan salah satu cara yang paling umum untuk melamar pekerjaan di LinkedIn yang bisa dilakukan melalui postingan pekerjaan dimana banyak perusahaan akan memposting lowongan pekerjaan mereka di LinkedIn. Kemudian mereka meminta para pelamar untuk mengirimkan lamaran kerja melalui situs karir perusahaan atau email yang tertera pada postingan tersebut.

Baca juga  8 Wisata Bali Murah dan Gratis Namun Tetap Menarik, Pas Untuk Menghemat Budget Hiburan

Berikut langkah-langkahnya yang bisa anda terapkan dibawah ini.

  • Pertama, silahkan buka akun LinkedIn dan temukan postingan pekerjaan yang ingin anda lamar.
  • Selanjutnya baca deskripsi pekerjaan dan persyaratan dengan saksama.
  • Jika sudah yakin dengan pekerjaan yang dimaksudkan, klik pada tombol “Apply” atau “Apply on Company Website” (jika tersedia).
  • Ikuti instruksi selanjutnya yang tertera pada situs karir perusahaan atau email yang tertera pada postingan tersebut.

Melamar Pekerjaan Melalui Pesan Langsung

Selanjutnya anda juga dapat mengirimkan pesan langsung kepada perekrut atau orang yang bertanggung jawab atas pengisian posisi yang ingin anda lamar. Ini merupakan cara yang lebih langsung dan dapat menarik perhatian perusahaan terhadap profil LinkedIn anda. Simak panduannya sebagai berikut.

  • Buka akun LinkedIn anda, kemudian temukanlah orang yang bertanggung jawab atas pengisian posisi yang ingin anda lamar.
  • Klik pada tombol “Message” pada profil orang tersebut.
  • Kemudian sampaikan minat anda untuk bergabung dengan perusahaan tersebut dan jelaskan mengapa anda merasa cocok dengan posisi yang tersedia.
  • Selain itu, lampirkan CV atau resume anda sebagai pelengkapnya untuk meyakinkan orang tersebut.
  • Tunggu beberapa waktu hingga pesan tersebut direspon sebagai tindak lanjut dari lamaran pekerjaan yang anda kirimkan.

Melamar Pekerjaan Melalui Halaman Karir Perusahaan

Banyak perusahaan memiliki halaman karir mereka di LinkedIn yang menampilkan informasi tentang perusahaan, budaya kerja, termasuk daftar lowongan pekerjaan yang tersedia. anda dapat melamar pekerjaan melalui halaman karir perusahaan di LinkedIn dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  • Buka halaman LinkedIn perusahaan yang ingin anda lamar di halaman pencarian.
  • Carilah tombol “Jobs” atau “Careers” pada halaman perusahaan yang dimaksud.
  • Telusuri daftar lowongan pekerjaan yang tersedia kemudian klik pada pekerjaan yang ingin anda lamar.
  • Baca deskripsi pekerjaan dan persyaratan dengan saksama.
  • Jika sudah yakin, klik pada tombol “Apply” atau “Apply on Company Website” (jika tersedia).
  • Lalu anda bisa mengikuti instruksi yang tertera pada situs karir perusahaan atau email yang tertera pada postingan yang dimaksud.
Baca juga  5 Kafe Instagramable di Ubud dan Tegalalang Untuk Nongkrong

Menggunakan Fitur “Easy Apply”

Terakhir, cara yang tidak kalah efektif dengan cara diatas adalah dimana anda bisa memanfaatkan fitur “Easy Apply” di LinkedIn memungkinkan penggunanya untuk melamar pekerjaan hanya dengan satu kali klik. Fitur ini memungkinkan anda untuk mengirimkan profil LinkedIn sebagai pengganti surat lamaran dan CV secara terpisah. Namun, fitur ini hanya tersedia pada beberapa postingan pekerjaan tertentu saja. Untuk melamar pekerjaan dengan menggunakan fitur “Easy Apply” di LinkedIn.

Adapun langkah-langkahnya bisa anda simak sebagai berikut.

  • Hal pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan membuka akun LinkedIn anda kemudian temukan postingan pekerjaan yang memiliki tombol “Easy Apply”.
  • Klik pada tombol “Easy Apply” untuk membuka formulir aplikasi.
  • Pastikan profil LinkedIn anda sudah lengkap dan terbaru.
  • Lengkapi formulir aplikasi dengan informasi yang diperlukan.
  • Dan terakhir, anda bisa klik pada tombol “Submit” untuk mengirimkan lamaran anda.

Sekian informasi tentang cara melamar kerja dengan menggunakan aplikasi LinkedIn sehingga pencarian kerja anda pun bisa lebih efektif dan cepat mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakat anda. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *